Sejarah Olahraga Renang Di Dunia

Sejarah olahraga renang di dunia 
Renang sudah dilakukan semenjak adanya insan itu sendiri. Sejarah renang sanggup di temukan di aneka macam kepingan dunia. Di Yunani renang merupakan salah satu pokok terpenting dalam pendidikan keseluruhan. Bangsa romawi menganggap bahwa renang merupakan suatu faktor penting dalam pendidikan keprajuritan.  

Sejarah kolam renang pertama di dunia
Pada tahun 1800 di Jerman dan Australia dibentuk kolam renang yang pertama kalinya sebagai daerah latihan renang para prajurit dan mulai ketika itu renang dimasukan sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah-sekolah ketentaraan.  

Sejarah adanya gaya renang di dunia
Gaya renang yang pertama kali di temukan yakni daya menggandakan anjing yang menyeberang sungai maka gaya tersebut di namakan "dog style" atau gaya anjing, sedangkan gaya berikutnya yakni gaya yang memakai kaki ibarat menggunting dan gerakan tangan keluar dari permukaan air gaya tersebut dikenal dengan nama gaya bebas yang pertama kali memperkenalkan yakni seorang perenang Inggris berjulukan Trudgeon

Inggris merupakan negara pertama yang memiliki banyak kolam renang dan ada sekitar 300 perkumpulan renang sehingga olahraga renang sanggup dikatakan berasal dari negara Inggris dan perenang yang populer pada waktu itu yaitu Frederik Cavell, yang juga penemu gaya dengan gerakan ibarat harimau merangkak kemudian gaya tersebut dikenal dengan nama gaya Crawl yang berarti gaya merangkak. 

Pada tahun 1908 ketika berlangsungnya olimpiade di London terbentuklah tubuh perserikatan renang international yang diberi nama Federation Internationale de Nation Amateur disingkat FINA. Mulai ketika itulah olahraga renang berkembang sangat pesat dan selalu dilombakan pada Olimpiade-olimpiade dunia.

0 Response to "Sejarah Olahraga Renang Di Dunia"