Makalah Komunikasi Bisnis

BAB I
PENDAHULUAN


A.   Latar Belakang
Seperti yang kita ketahui bersama jikalau komunikasi merupakan elemen terpenting yang diberikan tuhan kepada manusia, sebab dengan komunikasi kita menjadi mahluk hidup bukan benda lagi, komunikasi bisa menghidupkan nyawa sosial yang menjadi impian kita untuk tetap berperan sebagai manusia
Selain komunikasi ada juga faktor penting yang harus kita lakukan, yaitu bisnis, yah bisnis, sebab dengan bisnis kita bisa menghasilkan simbiosis mutualisme untuk memenuhi kebutuhan dan hasrat hidup kita sebagai manusia.Jika komunikasi yaitu elemen yang membedakan kita sebagai makhluk hidup dengan benda, bisnis juga merupakan elemen penting yang tidak hanya membedakan kita dengan benda, tetapi juga membedakan kita sebagai insan dengan hewan.
Nah, jikalau kita gabungkan dua kekuatan elemen ini, Komunikasi dengan Bisnis, niscaya akan menjadi sesuatu yang luar biasa, terlebih jikalau kita berhasil menguasai penyatuan keduanya ini.
Komunikasi Bisnis yaitu komunikasi yang dipakai dalam dunia bisnis yang meliputi banyak sekali macam jenis dan bentuk komunikasi untuk mencapai tujuan bisnis.
Karena Komunikasi bisnis ini merupakan komunikasi yang terjadi di dunia bisnis, kita dihentikan melanggar norma-norma yang ditetapkan oleh dunia bisnis ketika melaksanakan komunikasi. Biasanya komunikasi bisnis mempunyai hukum yang ketat, keras, formal, terstatndar dan tanpa toleransi.
Dengan timbulnya situasi ” Ekonomic Of Relatife Plenty ” sampaumur ini pengusaha harus berusaha untuk menutup jurang yang terbentang antara produsen dengan masyarakat konsumen selaku pembeli atau pemakai barang dan jasa yang dihasilkan. Menjadi kiprah dan tanggung jawabnya selaku seorang pengusaha untuk selalu sanggup mensugesti besarnya seruan akan barang produksi perusahaannya, selalu berusaha untuk mencari pembeli yang dihasilkannya. Sebagai pengusaha beliau harus memberitakan penyempurnaan- penyempurnaan produksi yang telah dicapinya, dimana barang yang di hasilkan sanggup di peroleh masyarakat konsumen..
Penyelenggaran komunikasi dengan pasar, merupakan suatu syarat mutlak bagi setiap produsen yang menghasilkan produk secara besar-basaran yang ditunjukan kepada para konsumen yang tidak dikenalnya. Penyelenggaraan komunikasi dengan pasar juga sanggup disebut suatu syarat mutlak bagi pengusaha yang ingin menjamin kelangsungan hidup perusahaannya dan terus maju berkembang.
Dalam lingkungan bisnis ada aneka sarana komunikasi perdagangan yang sanggup dipergunakan para pengusaha untuk berkomunikasi dengan konsumen. Sarana-sarana komunikasi perdagangan yang tersedia antara lain dalam wujud pengirimin surat, pengiriman kawat, percakapan telepon, kunjungan pribadi dll.
Jenis-jenis sarana komunikasi perdagangan yang disebut tadi hanya sesuai bilamana dipergunakan dalam tempat pemasaran baranga dan jasa yang ruang lingkuupnya terbatas.

B.   Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang diatas, sanggup dirumuskan bahwa :
1.      Apa pengertian dari komunikasi bisnis ?
2.      Bagaimana Komunikasi bentuk-bentuk komunikasi itu?
3.      Bagaimana pengukuran dalam produktifitas tenaga kerja ?

C.   Tujuan
Berdasarkan uarian diatas sanggup disimpulkan bahwa tujuannya yaitu :
1. Agar lebih memahami pengertian dari komunikasi bisnis
2. Untuk lebih memahami secara mendalam dalam evaluasi kinerja
3. Mengetahi bentuk komunikasi beserta adat dalam berkomunikasi  dalam bisnis.


BAB II
PEMBAHASAN


A.   Pengertian komunikasi Bisnis
Komunikasi yaitu suatu proses penyampaian dan penerimaan pesan atau informasi diantara dua orang atau lebih dengan impian terjadinya efek yang aktual atau menjadikan imbas tertentu yang diharapkan.  Dalam ilmu ekonomi, bisnis yaitu suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan acara dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Komunikasi bisnis yaitu pertukaran gagasan, pendapat, informasi, arahan yang mempunyai tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol - simbolatau sinyal. Ada lima komponen penting untuk diperhatikan dalam proses komunikasi, yaitu :
a.       Pengirim pesan (sender atau komunikator).
b.      Pesan yang dikirimkan (message).
c.       Bagaimana pesan tersebut disampaikan (delivery channel atau media).
d.      Penerima pesan (receiver atau komunikan).
e.       Umpan balik (feedback) atau effect.

Untuk sanggup berbagi kemampuan dalam berkomunikasi secara efektif, baik secara personal maupun professional paling tidak kita harus menguasai empat jenis keterampilan dasar dalam berkomunikasi, yaitu :
a.       menulis,
b.      membaca,
c.       berbicara; dan
d.      mendengar.
Disadari ataupun tidak, setiap hari kita melakukan, paling tidak, satu dari keempat hal tersebut diatas dengan lingkungan kita. Seperti juga pernafasan, komunikasi sering dianggap sebagai suatu insiden otomatis dan terjadi begitu saja, sehingga seringkali kita tidak mempunyai kesadaran untuk melakukannya secara efektif.
Dalam komunikasi bisnis terdapat enam unsur pokok, yaitu:
1.      Memiliki tujuan, artinya komunikasi bisnis harus mempunyai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan tujuan organisasi.
2.      Pertukaran, dalam hal ini melibatkan paling tidak dua orang atau lebih yakni komunikator dan komunikan.
3.      Gagasan, opini, informasi, arahan merupakan isi dari pesan yang bentuknya bermacam-macam tergantung tujuan, situasi, dan kondisinya.
4.      Menggunakan jalan masuk personal atau impersonal yang mungkin bersifat tatap muka, memakai media tertentu atau melalui media yang menjangkau jutaan orang secara bersamaan.
5.      Meggunakan simbol atau sinyal yang merupakan alat atau metode yang sanggup dimengerti atau dipahami oleh peserta untuk memberikan pesan.
6.      Pencapaian tujuan organisasi: salah satu karakteristik yang membedakan organisasi atau forum formal dari informasi yaitu adanya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.

B.   Bentuk Komunikasi  Bisnis
1.      Komunikasi Tertulis
Pesan-pesan tertulis mempunyai banyak sekali bentuk ibarat surat, memo, proposal, laporan. Salah satu keuntungan komunikasi ini yaitu :
·      Catatan permanen
·      Pesan yang terencana
·      Ekonomis
·      Distribusi lebih mudah
Penulis mempunyai kesempatan untuk merencanakan dan mengendalikan pesan-pesan mereka. Format goresan pena diharapkan jikalau informasi yang disampaikan bersifat kompleks, dibutuhkan catatan permanen untuk rujukan di masa yang akan datang
2.      Komunikasi  Lisan
Salah satu kebaikan dari komunikasi verbal (oral communication) adalah
·         Bisa menangkap nonverbal
·         Mudah
·         Feedback langsung
Kemampuan dalam memperlihatkan umpan balik dengan segera dipakai bila pesan yang disampaikan yaitu sederhana, tidak perlu catatan yang permanen. Komunikasi verbal meliputi percakapan,  telepin, wawancara, rapat konfrensi dan lain-lain

C.   Saluran Komunikasi
1)      Komunikasi Formal
Komunikasi formal yaitu suatu proses komunikasi yang bersifat resmi dan biasanya dilakukan di dalam forum formal melalui garis perintah atau sifatnya instruktif atau mengikuti garis hirarki atau jabatan, Suatu komunikasi juga sanggup dikatakan formal ketika komunikasi antara dua orang atau lebih yang ada pada suatu organisasi dilakukan menurut prinsip - prinsip dan struktur organisasi. Tiga arah komunikasi formal
Ø  Downward  yaitu pengambilan keputusan ke karyawan, pola kebijakan, rencana, strategi, arahan dan prosedur
Ø  Upward adalah  dari pekerja ke pemimpin, pola laporan kerja, usulan perbaikan.
Ø  Horizontal yaitu sesama/level yang sama, contoh: meeting, e-mail, dan memo
2)      Komunikasi Informal
Komunikasi informal yaitu komunikasi antara orang yang ada dalam suatu organisasi, akan tetapi tidak direncanakan atau tidak ditentukan dalam struktur organisasi. Fungsi komunikasi informal yaitu untuk memelihara korelasi sosial persahabatan kelompok informal, penyebaran informasi yang bersifat pribadi dan privat ibarat isu, gossip, atau rumor. Bila banyak informasi yang beredar melalui informal artinya komunikasi formal tidak efektif. Keuntungannya yaitu informasi lebih cepat dan efektif dan bias mengekspresikan pendapat tanpa ragu-ragu.

D.   Komunikasi  Internal Dan  Eksternal
Fungsi internal dan eksternal komunikasi bisnis secara umum yaitu sebagai berikut :
Ø  Menginformasikan (tin inform)
Ø  Membujuk (to persuade)
Ø  Mempromosikan (to promote goodwill)
Ø  Komunikasi Bisnis Internal
1)      Komunikasi Bisnis internal
Komunikasi internal meliputi pada komunikasi kepada atasan, bawahan dan rekan kerja. Komunikasi bisnis internal mempunyai fungi sebagai berikut :
Ø  Mengeluarkan dan menjelaskan peraturan dan mekanisme
Ø  Menginformasikan progres perusahaan
Ø  Mendorong pegawai melaksanakan perbaikan
Ø  Evaluasi, member penghargaan dan menegur pegawai
2)      Komunikasi Bisnis Eksternal
Komunikasi eksternal ini meliputi konsumen, supplier, pemerintah dan public. Fungsi komunikasi bisnis eksternal sebagai berikut :
Ø  Membujuk konsumen pembeli produk
Ø  Menjelaskan produk atau layanan
Ø  Mengklarifikasikan spesifikasi yang dibutuhkan
Ø  Mempromosikan omage aktual perusahaan
Ø  Memberikan kredit dan penagihan piutang

E.   Hambatan Komunikasi Bisnis
Komunikasi seringkali terganggu atau bahkan sanggup menjadi buntu sama sekali. Faktor kendala yang biasanya terjadi dalam proses komunikasi, sanggup dibagi dalam 3 jenis sebagai berikut :

1.      Hambatan Teknis.
Hambatan jenis ini timbul sebab lingkungan yang memperlihatkan dampak pencegahan terhadap kelancaran pengiriman dan penerimaan pesan. Dari sisi teknologi, keterbatasan kemudahan dan peralatan komunikasi, akan semakin berkurang dengan adanya temuan gres di bidang teknologi komunikasi dan sistim informasi, sehingga jalan masuk komunikasi dalam media komunikasi sanggup dipercaya serta lebih efisien.

2.      Hambatan Semantik.
Gangguan semantik menjadi kendala dalam proses penyampaian pengertian atau idea secara efektif. Definisi semantik yaitu studi atas pengertian, yang diungkapkan lewat bahasa. Suatu pesan yang kurang jelas, akan tetap menjadi tidak terang bagaimanapun baiknya transmisi. Untuk menghindari mis komunikasi semacam ini, seorang komunikator harus menentukan kata-kata yang sempurna dan sesuai dengan karakteristik komunikannya, serta melihat dan mempertimbangkan kemungkinan penafsiran yang berbeda terhadap kata-kata yang digunakannya.

3.      Hambatan Manusiawi.
Hambatan jenis ini muncul dari masalah-masalah pribadi yang dihadapi oleh orang-orang yang terlibat dalam komunikasi, baik komunikator maupun komunikan.
Menurut Cruden dan Sherman, kendala ini meliputi :
Hambatan yang berasal dari perbedaan individual manusia, ibarat perbedaan persepsi, umur, keadaan emosi, status, keterampilan mendengarkan, pencarian informasi, penyaringan informasi. Hambatan yang ditimbulkan oleh iklim psikologis dalam organisasi atau lingkungan sosial dan budaya, ibarat suasana dan iklim kerja serta tata nilai yang dianut .
Beberapa hal yang menghambat komunikasi bisnis:
Ø  Iklim komunikasi tertutup, karyawan sedikit mengetahui perihal perusahaan, informasi dikuasasi oleh pemimpin.
Ø  Struktur organisasi yang besar dan berjenjang, distorsi, penyampaian tertunda, persepsi berbeda.
Ø  Filtering, pesan dirubah, diperpendek atau diperpanjang.
Ø  Tidak percaya, merasa diperdaya, dimanipulasi  atau diperlakukan dengan tidak adil.
Ø  Rivalitas antar karyawan, saling merahasiakan informasi yang bisa menguntungkan orang lain.
Ø  Status dan power

Beberapa hal untuk mengatasi kendala komunikasi bisnis:
Ø  Mendorong iklim komunikasi terbuka, mendorong masukan dan feedback dari karyawan
Ø  Menyederhanakan struktur organisasi, mengurangi layer, informasi lebih cepat
Ø  Mempromosikan komunikasi horisontal, meningkatkan moral, menambah ide-ide.
Ø  Membuat sentra isu, karyawan bisa mengkonfirmasi isu yang berkembang
Ø  Membuat jalan masuk formal ibarat newsletter untuk memuat berita/informasi perusahaan


BAB III
PENUTUP

A.   KESIMPULAN
Komunikasi bisnis yaitu proses pertukaran pesan atau informasi untuk mencapai efektivitas dan efisiensi produk kerja di dalam struktur dan sistem organisasi. Dalam kegiatan komunikasi bisnis, pesan hendaknya tidak hanya sekedar informatif tetapi juga haruslah Persuasif, supaya pihak lain bersedia mendapatkan suatu paham atau keyakinan atau melaksanakan suatu perbuatan atau kegiatan.
Di masa globalisasi ini, tantangan seorang manajer di masa depan relatif akan semakin sulit, sebab dunia bisnis menghadapi lingkungan persaingan yang cenderung semakin turbulen. Para manajer perlu membekali diri dengan keterampilan lintas budaya, berupa kemampuan berinteraksi dengan banyak sekali ragam budaya, gaya administrasi / bisnis bangsa lain, maupun kerjasama tim, baik intern maupun dalam suatu aliansi strategis dengan kawan bisnis. Disini kiprah komunikasi bisnis menjadi semakin sangat penting, yaitu kemampuan membaca, menafsirkan laporan dan informasi dari lingkungan. Disamping memberikan gagasan, baik verbal maupun tertulis secara sistematik.
Di masa e-bisnis, Komunikasi menjelma suatu bisnis tersendiri. Perkembangan sistim informasi dan teknologi mempercepat proses Globalisasi dan memperlihatkan peluang bagi dunia perjuangan di Indonesia untuk berbagi usahanya, melalui banyak sekali kesempatan menjalin kekerabatan bisnis, pemasaran produk ataupun lainnya. Melalui e-bisnis, transaksi bisnis telah dilakukan melintasi batas demi batas dan zona waktu yang hampir pada dikala yang bersamaan.
Aktivitas e-bisnis di Indonesia, merupakan tantangan tersendiri bagi para manajer untuk mengkomunikasikan bisnisnya kepada masyarakat yang lebih banyak didominasi skeptis terhadap sistem penjualan on line melalui perbaikan sistem, pemupukan tingkat kepercayaan masyarakat serta dukungan edukasi yang berkesinambungan.

B.   Kritik dan Saran
Makalah ini masih banyak kekurangan maka demi terciptanya sebuah karya tulis yang bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan yang terus temenerus mengalami perkembangan yang sangat cepat maka penulis dengan bahagia hati mendapatkan kritik dan saran para pembaca, supaya bisa terciptanya sebuah ilmu yang selalu mengikuti perkembangan ilmu pendidikan maupun dunia komunikasi.


DAFTAR PUSTAKA

http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_bisnis
http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis
http//aurajogja.files.wordpress.com
google.com
Modul Komunikasi Bisnis, 2013. STIE “AMA” Salatiga.

0 Response to "Makalah Komunikasi Bisnis"