Membaca Cepat Untuk Menemukan Inspirasi Pokok Bacaan


Hal yang dituntut dalam membaca cepat yaitu kita dihentikan mengabaikan pemahaman atas teks yang kita baca. Kecepatan dalam membaca hampir selalu dikaitkan dengan apa tujuan kita membaca, apa keperluan kita membaca, dan materi apa yang kita baca. Pengukuran kecepatan membaca dilakukan dengan menghitung seberapa banyak kata yang bisa kita baca setiap menitnya.

Seberapa cepatkah kemampuan kau membaca ?

Berikut ini hal-hal yang mesti kau perhatikan untuk bisa menguasai teknik membaca cepat yang sempurna :

1.       Minat atau dengan kata lain : Motivasi
Motivasi kita bisa dimunculkan dengan mempunyai perilaku ilmiah yaitu adanya rasa ingin tau atau ingin tahu akan sesuatu. Maka dengan adanya rasa ingin tahu kau yang tinggi, kau harus semakin banyak melaksanakan aktivitas membaca.

2.       Penguasaan kosakata
Dengan mempunyai banyak pembendaharaan kata yang kau miliki, maka akan semakin baik juga kau memahami bacaan yang kau baca.

3.       Kemampuan dalam menemukan wangsit pokok suatu bacaan
Kemampuan kau di dalam menemukan wangsit pokok menciptakan kau bisa dengan cepat dan sempurna menemui bab yang mana yang tidak perlu atau bisa dilewatkan dari bacaan.

Saat melaksanakan aktivitas membaca, kau harus mengusahakan untuk selalu konsentrasi pada materi yang sedang kau baca. Cobalah untuk mengingat isi bacaan yang kau baca dengan baik.

5.       Gerakan mata
Saat kau membaca, cukup hanya perlu melaksanakan gerakan mata, gerakan kepala tidak perlu dilakukan. Dengan hanya melaksanakan gerakan mata saja, maka kau akan bisa membaca lebih efektif dan efisien. Kaprikornus jikalau kau ingin mempunyai kemampuan cepat dalam membaca, kau harus melatih kecepatan gerakan mata kamu.

Ini beberapa langkah yang harus kau lakukan untuk mengukur kecepatan kau dalam membaca :

a.       Persiapkan jam tangan, atau bisa diganti dengan stopwatch
b.      Baca teks yang kau inginkan dalam satu menit (60 detik)
c.    Tandai teks pertama dikala kau mulai membaca (hal ini akan lebih praktis dilakukan jikalau diawali mulai dari judul bacaan)
d.      Baca teks bacaan kau dengan kecepatan yang kira-kira menurutmu memadai
e.      Saat waktu satu menit berakhir, tandai selesai kata yang berhasil kau baca
f.        Hitunglah total semua kata dalam teks yang kau baca (tanda baca juga ikut serta dihitung)

0 Response to "Membaca Cepat Untuk Menemukan Inspirasi Pokok Bacaan"