Minat Siswa Terhadap Forum Pendidikan Islam (Studi Perkara Di Mts Negeri Jabung Talun Blitar) (Pai-65)


Latar Belakang Masalah: Guru harus bisa menumbuhkan motivasi pribadi maupun tidak langsung, sebab ke semua itu akan besar lengan berkuasa kepada kemampuan siswa untuk meningkatkan minat serta prestasi dan hasil belajar. Guru merupakan faktor penting yang besar pengaruhnya terhadap keberhasilan implementasi Kurikulum. Kemampuan menggerakkan siswa-siswa untuk berguru belum tentu dimiliki setiap guru. Dengan kata lain dalam dunia pendidikan tidak semua guru bisa menggerakkan siswa-siswinya untuk berguru dengan memperhatikan prinsip-prinsip : penerima didik akan bekerja keras jikalau punya minat dan perhatian terhadap pekerjaannya, menawarkan kiprah yang terang dan sanggup dimengerti,  memberikan penghargaan terhadap hasil kerja dan prestasi penerima didik, memakai hadiah dan eksekusi secara efektif dan efisien.

Rumusan Masalah: 1) Bagaimanakah minat siswa terhadap forum pendidikan Islam MTs Negeri Jabung Talun Blitar, 2) Bagaimana taktik MTs Negeri Jabung Talun Blitar untuk meningkatkan minat siswa untuk berguru di forum pendidikan Islam, 3) Apa factor-faktor yang menghipnotis minat siswa terhadap forum pendidikan Islam MTs Negeri Jabung Talun Blitar.
Tujuan Penelitian 1) Untuk mendeskripsikan minat siswa terhadap forum pendidikan Islam MTs Negeri Jabung Talun Blitar, 2)Untuk mendeskripsikan factor-faktor yang menghipnotis minat siswa terhadap forum pendidikan Islam MTs Negeri Jabung Talun Blitar, 3) Untuk mendeskripsikan taktik MTs Negeri Jabung Talun Blitar untuk meningkatkan minat siswa untuk berguru di forum pendidikan Islam
Metode Penelitian: Pendekatan kualitatif fenomenologik, pengumpulan data dilakukan dengan memakai teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menghindari kesalahan, maka diadakan keabsahan data dengan dependability, transferability, konfirmability data.
Hasil penelitian: 1) Minat siswa terhadap forum pendidikan Islam MTs Negeri Jabung Talun Blitar, siswa menjadi kian minat dikarenakan dalam pendidikan Islam mengajarkan nilai-nilai agama dan nilai-nilai kehidupan yang tentunya hal itu tidak dimiliki atau tidak diajarkan dalam pendidikan lain, 2) Strategi MTs Negeri Jabung Talun Blitar untuk meningkatkan minat siswa untuk berguru di forum pendidikan Islam, penjajagan kebutuhan, perencaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, pemantauan dan penilaian program. Selain itu dengan cara merencanaan agenda madrasah ini harus meliputi indicator atau sasaran mutu apa yang akan dicapai dalam tahun tersebut sebagai proses peningkatan mutu pendidikan, 3) Faktor-faktor yang menghipnotis minat siswa terhadap forum pendidikan Islam MTs Negeri Jabung Talun Blitar; Faktor intern berupa : Kurangnya kemampuan dasar (intelegensi) murid, Kurangnya talenta khusus untuk suatu situasi berguru tertentu, Kurangnnya minat terhadap situasi belajar, Kurangnya motivasi akan dorongan untuk belajar, Situasi pribadi, terutama emosional yang dihadapi murid tertentu, Faktor jasmaniah sebab cacat, Faktor bawaan (hereditas). Faktor lingkungan sekolah yang kurang memadai. Situasi keluarga, broken home, masalahnya ekonomi, kurang perhatian terhadap pendidikan sering pindah kawasan dan sebagainya

0 Response to "Minat Siswa Terhadap Forum Pendidikan Islam (Studi Perkara Di Mts Negeri Jabung Talun Blitar) (Pai-65)"