Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Pada Mata Pelajaran Aqidah Adab Untuk Kelas Viii Di Mts Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung (Pai-78)


Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang menjadi tujuan utama yakni bagaimana nilai-nilai pemikiran Islam yang diajarkan sanggup tertanam dalam diri siswa sehingga terjadi perubahan tingkah lakuyang dilandasi dengan nilai-nilai pemikiran Islam dalam kehidupan pribadinyadan terbentuknya“insan kamil”,  akan tetapi Proses mencar ilmu di sekolah selama ini pada kenyataannyasiswa lebih berperan sebagai obyek dan guru berperansebagai subyek, untuk mencapai tujuan pembelajaran PAI pada dirisiswa perihal nilai-nilai pemikiran Islam yang diajarkan secara gampang sertaadanya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa tidakmerasa jenuh dan bisa mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran yang dimaksud adalah Pembelajaran Kontekstualatau Contextual Teaching and Learning (CTL).

Rumusan duduk masalah dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penerapan setrategi Pembelajaran Contextual Theaching And Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Aqidah AkhlakKelas VIII di MTs Darul Falah BendilJati Kulon Sumbergempol Tulungagung Tahun Pelajaran 2013/2014? (2) Bagaimana dampak Penerapan setrategi Pembelajaran Contextual Theaching And Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII di MTs Darul Falah Bendil Jati Kulon Sumbergempol Tulungagung Tahun Pelajaran 2013/2014?(3)Apakah faktor pendukung dan penghambat Pembelajaran Contextual Theaching And Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII di MTs Darul Falah Bendil Jati Kulon Sumbergempol Tulungagung Tahun Pelajaran 2013/2014? Adapun tujuan penelitian ini yakni Untuk mengetahui Penerapan setrategi Pembelajaran Contextual Theaching And Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII di MTs Darul Falah Bendil Jati Kulon Sumbergempol Tulungagung Tahun Pelajaran 2013/2014, Untuk mengetahui efek Penerapan setrategi Pembelajaran Contextual Theaching And Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII di MTs Darul Falah Bendil Jati Kulon Sumbergempol Tulungagung Tahun Pelajaran 2013/2014,Untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat Pembelajaran Contextual Theaching And Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Aqidah.
Penelitian ini memakai teladan dan jenis kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tiga macam metode yaitu metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Untuk analisa data dipakai analisis deskriptif  dalam upaya untuk menciptakan kesimpulan. Hasil penelitian menyebutkan, Penerapan setrategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII di MTs Darul Falah Bendil Jati Kulon) dilakukan dengan cara memberikan materi yang lebih actual, lebih realistis, lebih menyenangkan. Hal ini memungkinkan siswa untuk menguatkan, memperluas, dan menerapkanpengetahuan dan ketrampilan akademik mereka dalam banyak sekali macam tatanan baik di sekolah maupun di luar sekolah.

0 Response to "Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Pada Mata Pelajaran Aqidah Adab Untuk Kelas Viii Di Mts Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung (Pai-78)"