Penerapan Pemasaran Dalam Merintis Perjuangan Gres Produk Air Minum Dalam Kemasan ”Aquaky” Cv. Jaya Hikmah Tulungagung Ditinjau Dari Ekonomi Islam (Hes-13)


Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi lantaran di Desa besuki ada Pondok Pesantren yang mempunyai perjuangan air minum dalam kemasan AQUAKY CV. Jaya Hikmah. Usaha yang dijalankannya masih gres belum ada satu tahun, yang berarti produk tersebut masih gres dikenal masarakat. Penerapan pemasaran  dalam merintis perjuangan gres untuk mengenalkan produknya kepada masyarakat mempunyai taktik tertentu. Penerapan pemasaran sangat penting khususnya pada perusahaan yang masih mencari jati diri, sebab disamping sebagai alat untuk memahami dan menguasai pasar dalam proses pejualan produk. Pemasaran akan berhasil apabila memahami segmentasi pasar atau seruan pasar. Perusahaan AQUAKY merupakan perusahaan air minum dalam kemasan yang ada di Desa/kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung. Dalam tetapkan harga eceran produk AQUAKY lebih mahal dari produk lain yang sudah terkenal. Hal ini menjadi keunikan tersendiri pada pemasaran yang diterapkan perusahaan AQUAKY tersebut. Dengan adanya kondisi ibarat itu peneliti ingin mengetahui pemasaran yang diterapkan perusahaan AQUAKY apabila ditinjau dari perspektif ekonomi Islam. Segala bentuk pemasaran yang diterapkan perusahaan AQUAKY sudah sesuai dengan ekonomi Islam.

Atas dasar itu, penelitian ini difokuskan pada dua rumusan masalah, yaitu: (1) Bagaimana pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan air minum dalam kemasan AQUAKY CV. Jaya Hikmah Tulungagung dalam merintis perjuangan gres ? (2) Bagaimana penerapan pemasaran perusahaan air minum dalam kemasan AQUAKY CV. Jaya Hikmah Tulungagung dalam merintis perjuangan gres ditinjau dari ekonomi Islam ?
Penelitian yang peneliti lakukan yaitu termasuk dalam penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti memakai metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti memakai teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa uraian dan citra data-data yang telah terkumpul secara menyeluruh perihal keadaan yang sebenarnya.
Hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti sanggup disampaikan disini bahwa: Pertama, pemasaran yang diterapkan AQUAKY yaitu memaksimalkan distributor dan biro sebagai ujung tombak biar konsumen dengan gampang mendapatkannya produk tersebut, memakai civitas dan alumni pondok pesantren lantaran tugas pondok pesantren sangat efektif dalam memasarkan produk, dan promosi yaitu mengenalkan produk kepada masyarakat biar masyarakat tertarik pada produk tersebut. Kedua, penerapan pemasaran perusahaan air minum dalam kemasan AQUAKY sesuai dengan  ekonomi Islam yaitu tidak memaksakan konsumen untuk tertarik pada produk AQUAKY tetapi memberi wawasan terhadap konsumen, tidak memanfaatkan kelemahan produk lain untuk menjelekkan biar produknya sanggup diterima masyarakat.

0 Response to "Penerapan Pemasaran Dalam Merintis Perjuangan Gres Produk Air Minum Dalam Kemasan ”Aquaky” Cv. Jaya Hikmah Tulungagung Ditinjau Dari Ekonomi Islam (Hes-13)"