Pengaruh Atribut Produk, Kepuasan Nasabah Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Di Bmt Sahara (Bank-46)

Perkembangan ekonomi syariah di Indonesia mengatakan perkembangan yang pesat. Kemunculan Lembaga Keuangan Syariah (LKS) semakin menguat tatkala dalam kondisi krisis ekonomi forum keuangan konvensional mengalami keterpurukan sementara perbankan syariah tetap bertahan. Persaingan yang begitu ketat ketika ini  menciptakan loyalitas nasabah memiliki peranan yang sangat besar lengan berkuasa dalam pengembangan perusahaan jasa perbankan alasannya yaitu nasabah yang loyal merupakan aset dan kunci sukses untuk meningkatkan laba
Adapun rumusan duduk kasus dalam penelitian ini ada empat yaitu: (1) Apakah ada efek dari faktor atribut produk pada BMT Sahara Tulungagung terhadap loyalitas nasabahnya? (2) Apakah ada efek dari faktor kualitas pelayanan pada BMT Sahara Tulungagung terhadap loyalitas nasabahnya? (3) Apakah ada efek dari faktor kepuasan nasabah pada BMT Sahara Tulungagung terhadap loyalitas nasabahnya? (4) Faktor manakah yang paling mayoritas besar lengan berkuasa terhadap loyalitas nasabah pada BMT Sahara Tulungagung?

Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif. Sampelnya diambil secara stratified random sampling atau teknik acak terlapis sebanyak 97 orang nasabah. Metode pengumpulan data yang dipakai yaitu metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data memakai SPSS 16.0 dengan tahapannya yaitu (1) uji validitas dan reliabilitas (2) uji normalitas data (3) uji anlisis regresi berganda dan (4)  uji hipotesis.
Hasil penelitian mengatakan bahwa terdapat efek yang signifikan antara faktor atribut produk terhadap loyalitas nasabah, sedangkan faktor kepuasan nasabah dan kualitas pelayanan tidak besar lengan berkuasa signifikan terhadap loyalitas nasabah. Terbukti di dalam tabel coefficients pada variabel atribut produk (X1) diperoleh nilai sig. sebesar 0,000 dibandingkan dengan taraf sig. < α = 0,000 < 0,05. Untuk variabel kepuasan nasabah diperoleh nilai sig. sebesar 0,371 dibandingkan dengan taraf sig. > α = 0,371 > 0,05. Dan untuk variabel kualitas pelayanan diperoleh nilai sig. sebesar 0,860 dibandingkan dengan taraf sig. > α = 0,860 > 0,05.
Diantara faktor atribut produk, kepuasan nasabah dan kualitas pelayanan, faktor yang paling mayoritas besar lengan berkuasa terhadap loyalitas nasabah BMT Sahara Tulungagung yaitu faktor atribut produk, ini berarti hipotesis ditolak karena faktor atribut produk memiliki nilai Fhitung  lebih besar dari faktor kepuasan nasabah dan faktor kualitas pelayanan, yaitu sebesar 6,958  sedangkan faktor kepuasan nasabah mempunyai Fhitung sebesar 898 dan kualitas pelayanan mempunyai Fhitung sebesar 176.

 

0 Response to "Pengaruh Atribut Produk, Kepuasan Nasabah Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Di Bmt Sahara (Bank-46)"