Rumus Kimia Etanol

Rumus Kimia Etanol
 yaitu bab yang memilih sifat  alkohol Rumus Kimia Etanol, etanol tanpa air  itu direaksikan dengan logam natrium, Na membentuk natrium etanolat dan gas hidrogen.  

Mengapa etanol dibebaskan lebih dahulu dari air? Karena air bereaksi dengan Na dan sangat eksoterm. Energi atau mungkin api yang terbentuk sanggup memperabukan etanol sehingga kemungkinan akan terjadi ledakan.
CH3-CH2-OH + Na → CH3-CH2-ONa + H2
Reaksi etanol dengan asam etanoat dinamakan reaksi esterifikasi. Pada reaksi ini diharapkan asam sulfat pekat sebagai dehidrator, yaitu menarik air yang dihasilkan. Reaksi ini tergolong reaksi reversible (kesetimbangan), maka dengan adanya asam sulfat, letak kesetimbangan akan bergeser sehingga ester yang dihasilkan cukup banyak.
CH3-CH2-OH + CH3-COOH ↔ CH3COOCH2CH3 + H2O
Etanol sanggup dipakai sebagai materi bakar. Spiritus merupakan etanol yang telah dicampur dengan metanol supaya tidak disalah-gunakan. Warna ungu itu yaitu zat warna untuk membedakan etanol sebagai materi bakar dengan etanol untuk keperluan lain. Metanol yaitu racun, sanggup menjadikan mata menjadi buta. Reaksi pembakaran etanol secara tepat membentuk gas CO2 dan uap air.
CH3CH2OH + O2 → CO2 + H2O

0 Response to "Rumus Kimia Etanol"