Menulis surat dalam bahasa Indonesia mungkin jauh lebih praktis bagi kita dibandingkan menulis surat dalam format bahasa Inggris. Benarkah? hehehe. Apalagi surat yang kita tulis yaitu surat resmi. Tentunya kita harus menggunakan kaidah dan format yang sempurna semoga sanggup memberikan maksud/ tujuan surat dengan baik tanpa mengabaikan unsur-unsur formal di dalamnya.
Baiklah untuk pertama-tama kita lihat dulu bagaimana cara menulis surat resmi alias formal dalam bahasa Inggris.
1. Alamat / Address
a) Alamat Anda
Alamat pengirim harus ditulis di sudut kanan atas surat.
b) Alamat orang yang Anda kirimi
Alamat dalam harus ditulis di sebelah kiri, mulai di bawah alamat Anda.
2. Tanggal/ Date
Orang yang berbeda menempatkan tanggal pada sisi yang berbeda halaman. Anda sanggup menulis ini di sebelah kanan atau kiri pada baris sehabis alamat Anda menulis untuk. Menulis bulan sebagai sebuah kata.
3. Salam/ Greeting
1) Dear Sir atau Madam, Jika Anda tidak tahu nama orang yang Anda menulis untuk, menggunakan ini. Itu selalu dianjurkan untuk mencoba untuk mencari tahu nama.
2) Dear Mr Jenkins, Jika Anda tahu nama, gunakan judul (Mr, Mrs, Miss atau Ms, Dr, dll) dan nama keluarga saja. Jika Anda menulis untuk seorang perempuan dan tidak tahu apakah beliau menggunakan Nyonya atau Nona, Anda sanggup menggunakan Ms, yang bagi perempuan yang sudah menikah dan tunggal.
4. Cara Mengakhiri Surat (Ending)
1) Yours faithfully
Jika Anda tidak tahu nama orang tersebut, mengakhiri surat dengan cara ini.
2) Yours sincerely
Jika Anda tahu nama orang tersebut, mengakhiri surat dengan cara ini.
3) Your signature
Menandatangani nama Anda, kemudian mencetaknya di bawah tanda tangan. Jika Anda berpikir orang yang Anda menulis untuk mungkin tidak tahu apakah Anda pria dari perempuan, menempatkan Anda judul dalam tanda kurung sehabis nama Anda.
Lalu, apa sajakah isi surat formal yang harus kita tulis :
1. Paragraf Pertama
Paragraf pertama harus pendek dan negara tujuan dari surat-untuk menciptakan penyelidikan, mengeluh, undangan sesuatu, dll
2. Paragraf Tengah
Surat harus berisi informasi yang relevan di balik penulisan surat. Sebagian besar surat-surat dalam bahasa Inggris yang tidak terlalu panjang, sehingga menjaga informasi yang hingga ke inti dan berkonsentrasi pada mengorganisir itu secara terperinci dan logis daripada memperluas terlalu banyak.
3. Paragraf Terakhir Paragraf terakhir dari surat resmi harus menyatakan tindakan apa yang Anda harapkan peserta untuk mengambil-untuk mengembalikan, mengirimkan informasi, dll.
Untuk Format/Layout Surat Resmi sanggup dilihat pada gambar di bawah ini :
Yap dari hasil klarifikasi di atas, sanggup kita tarik beberapa kesimpulan yang perlu diperhatikan dalam menulis surat formal dalam bahasa Inggris :
1. Selalu menggunakan kalimat pengantar dan salam epilog yang baku.
Untuk kalimat pengantar cukup gunakan: Dear Mr... atau Dear Ms....
2. Kalau anda tidak mengetahui siapa yang akan mendapatkan surat agan tersebut,misal mengirim ke alamat email umum suatu instansi sanggup gunakan Madam, Dear Sir, Untuk salam epilog biasanya memakai
Sincerely Yours,akan tetapi bila surat menyuratnya sudah berlangsung berulang kali dengan orang yang sama,kita sanggup menggunakan Best regards.
3.Jangan lupa untuk berterima kasih.
Kalimat yang biasa digunakan : I am looking forward to hearing from you.Thank you very much. kalimat ini memberitahukan kepada sang peserta surat bila kita menunggu jawabannya atas undangan kita disurat,dan kita mengucapkan banyak terima kasih sebelumnya. Untuk mengucapkan terima kasih secara umum kita juga sanggup menggunakan: Thank you for your kind help
4. Memohonlah dengan sopan
Caranya praktis sekali,cukup dengan menggunakan kalimat berpola: I would be very grateful if you could....(Tinggal anda isi aja titik-titiknya dengan permohonan yang ingin diajukan. Atau teladan lain: If you could....,it would be most appreciated.(isi titik-titiknya dengan permintaan).
5. Jangan pernah menggunakan kependekan (alayy ),simbol pengganti kata,atau kata yang bernuansa non-formal.
Intinya tulislah it is,jangan it's.jangan nulis ala alay ya contohnya pake angka 4 buat kata 'for' atau U buat "you"
Semoga Bermanfaat Sobat. ;)
Baiklah untuk pertama-tama kita lihat dulu bagaimana cara menulis surat resmi alias formal dalam bahasa Inggris.
1. Alamat / Address
a) Alamat Anda
Alamat pengirim harus ditulis di sudut kanan atas surat.
b) Alamat orang yang Anda kirimi
Alamat dalam harus ditulis di sebelah kiri, mulai di bawah alamat Anda.
2. Tanggal/ Date
Orang yang berbeda menempatkan tanggal pada sisi yang berbeda halaman. Anda sanggup menulis ini di sebelah kanan atau kiri pada baris sehabis alamat Anda menulis untuk. Menulis bulan sebagai sebuah kata.
3. Salam/ Greeting
1) Dear Sir atau Madam, Jika Anda tidak tahu nama orang yang Anda menulis untuk, menggunakan ini. Itu selalu dianjurkan untuk mencoba untuk mencari tahu nama.
2) Dear Mr Jenkins, Jika Anda tahu nama, gunakan judul (Mr, Mrs, Miss atau Ms, Dr, dll) dan nama keluarga saja. Jika Anda menulis untuk seorang perempuan dan tidak tahu apakah beliau menggunakan Nyonya atau Nona, Anda sanggup menggunakan Ms, yang bagi perempuan yang sudah menikah dan tunggal.
4. Cara Mengakhiri Surat (Ending)
1) Yours faithfully
Jika Anda tidak tahu nama orang tersebut, mengakhiri surat dengan cara ini.
2) Yours sincerely
Jika Anda tahu nama orang tersebut, mengakhiri surat dengan cara ini.
3) Your signature
Menandatangani nama Anda, kemudian mencetaknya di bawah tanda tangan. Jika Anda berpikir orang yang Anda menulis untuk mungkin tidak tahu apakah Anda pria dari perempuan, menempatkan Anda judul dalam tanda kurung sehabis nama Anda.
Lalu, apa sajakah isi surat formal yang harus kita tulis :
1. Paragraf Pertama
Paragraf pertama harus pendek dan negara tujuan dari surat-untuk menciptakan penyelidikan, mengeluh, undangan sesuatu, dll
2. Paragraf Tengah
Surat harus berisi informasi yang relevan di balik penulisan surat. Sebagian besar surat-surat dalam bahasa Inggris yang tidak terlalu panjang, sehingga menjaga informasi yang hingga ke inti dan berkonsentrasi pada mengorganisir itu secara terperinci dan logis daripada memperluas terlalu banyak.
3. Paragraf Terakhir Paragraf terakhir dari surat resmi harus menyatakan tindakan apa yang Anda harapkan peserta untuk mengambil-untuk mengembalikan, mengirimkan informasi, dll.
Untuk Format/Layout Surat Resmi sanggup dilihat pada gambar di bawah ini :
Yap dari hasil klarifikasi di atas, sanggup kita tarik beberapa kesimpulan yang perlu diperhatikan dalam menulis surat formal dalam bahasa Inggris :
1. Selalu menggunakan kalimat pengantar dan salam epilog yang baku.
Untuk kalimat pengantar cukup gunakan: Dear Mr... atau Dear Ms....
2. Kalau anda tidak mengetahui siapa yang akan mendapatkan surat agan tersebut,misal mengirim ke alamat email umum suatu instansi sanggup gunakan Madam, Dear Sir, Untuk salam epilog biasanya memakai
Sincerely Yours,akan tetapi bila surat menyuratnya sudah berlangsung berulang kali dengan orang yang sama,kita sanggup menggunakan Best regards.
3.Jangan lupa untuk berterima kasih.
Kalimat yang biasa digunakan : I am looking forward to hearing from you.Thank you very much. kalimat ini memberitahukan kepada sang peserta surat bila kita menunggu jawabannya atas undangan kita disurat,dan kita mengucapkan banyak terima kasih sebelumnya. Untuk mengucapkan terima kasih secara umum kita juga sanggup menggunakan: Thank you for your kind help
4. Memohonlah dengan sopan
Caranya praktis sekali,cukup dengan menggunakan kalimat berpola: I would be very grateful if you could....(Tinggal anda isi aja titik-titiknya dengan permohonan yang ingin diajukan. Atau teladan lain: If you could....,it would be most appreciated.(isi titik-titiknya dengan permintaan).
5. Jangan pernah menggunakan kependekan (alayy ),simbol pengganti kata,atau kata yang bernuansa non-formal.
Intinya tulislah it is,jangan it's.jangan nulis ala alay ya contohnya pake angka 4 buat kata 'for' atau U buat "you"
Semoga Bermanfaat Sobat. ;)
0 Response to "Cara Menulis Surat Dalam Bahasa Inggris"