Makalah Administrasi Taktik - Pt. Aqua Golden Mississippi.Tbk

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Tujuan utama yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan dalam kegiatan usahanya yakni mencapai keuntungan atau nilai yang optimal dengan memakai sumberdaya secara efektif dan efisien untuk kelangsungan hidup perusahaan. Dalam perjuangan pencapaian tujuan perusahaan, pihak-pihak yang terlibat paling secara umum dikuasai yakni pihak administrasi dan para pemegang saham. Guna mencapai tujuan perusahaan tersebut, pihak administrasi mempunyai tujuan untuk mempertahankan keberhasilan yang akan dicapai dengan melihat kelemahan dan kekuatan yang terdapat dalam perusahaan serta menjalankan kebijaksanaan perusahaan dengan baik dan tepat. Kebijaksanaan tersebut mencakup bidang Pemasaran, Keuangan, Sumberdaya Manusia, Produksi dan sebagainya sehingga memerlukan tinjauan manajmen seni administrasi tertentu.

Mengingat PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk merupakan perusahaan yang cukup besar, yaitu sebagai perusahaan yang mempelopori perjuangan air minum dalam kemasan di Indonesia semenjak tahun 1973. Maka dari itu, pengelolaan modal kerja dalam perusahaan sangat memerlukan perhatian khusus. Perusahaan juga berkepentingan untuk menjaga profitabilitasnya dengan baik biar kondisi krisis yang dialami Indonesia tidak berimbas pada perusahaan sehingga perusahaan akan bisa memperoleh keuntungan di dalam menjalankan usahanya.

Berdasarkan uraian di atas, penulis tertarik untuk menganalisis mengenai modal kerja serta kekuatan dan kelemahan PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk dalam memperoleh keuntungan atas penggunaan modalnya, terutama dalam hal ini PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk sebagai perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) berusaha untuk tetap menjaga merk, kemasan, dan produknya sebagai kepuasan pelanggan.


BAB II
PEMBAHASAN
PT.AQUA GOLDEN MISSISSIPPI.TBK

A.    Sejarah Perusahaan

PT AQUA Golden Mississippi didirikan pada tahun 1973 oleh Bapak Tirto Utomo, sebagai produsen pencetus air minum dalam kemasan di Indonesia. Ide mendirikan perusahaan AMDK timbul ketika Tirto bekerja sebagai pegawai Pertamina pada awal tahun 1970-an dan pegawai Petronas pada awal dekade 1980-an. Ketika itu Tirto bertugas menjamu delegasi sebuah perusahaan Amerika Serikat. Namun jamuan itu terganggu ketika istri ketua delegasi mengalami diare yang disebabkan lantaran mengonsumsi air yang tidak bersih. Tirto kemudian mengetahui bahwa tamu-tamunya yang berasal dari negara Barat tidak terbiasa meminum air minum yang direbus, tetapi air yang telah disterilkan. Ia dan saudara-saudaranya mulai mempelajari cara memproses air minum dalam kemasan di Bangkok, Thailand, Ia meminta adiknya, Slamet Utomo untuk magang di Polaris, sebuah perusahaan AMDK yang ketika itu telah beroperasi 16 tahun di Thailand. Tidak mengherankan jika pada awalnya produk Aqua mirip Polaris mulai dari bentuk botol kaca, merek mesin pengolahan air, hingga mesin pencuci botol serta pengisi air, lantaran di Indonesia sama sekali tidak ada. Atasan Tirto, Ibnu Sutowo juga menyampaikan : “Aneh Tirto iki, banyu banjir kok diobokke dalam botol”.
Tirto mendirikan Pabrik pertamanya di Pondok Ungu, Bekasi, dan menamai pabrik itu PT Golden Mississippi dengan kapasitas produksi enam juta liter per tahun.Tirto sempat ragu dengan nama PT Golden Mississippi yang meskipun cocok dengan sasaran pasarnya, ekspatriat, namun terdengar absurd di pendengaran orang Indonesia. Sebelum berjulukan Aqua, dahulu berjulukan Puritas (nama lain dari Pure Artesian Water), yang berlogo daun semanggi. Tetapi, Eulindra Lim, mengusulkan untuk memakai nama Aqua lantaran cocok terhadap imej air minum dalam botol serta tidak sulit untuk diucapkan. Ia oke dan mengubah merek produknya dari Puritas menjadi Aqua, lantaran kata Puritas sulit diucapkan. Dua tahun kemudian, produksi pertama Aqua diluncurkan dalam bentuk kemasan botol beling ukuran 950 ml dengan harga jual Rp.75, hampir dua kali lipat harga bensin yang ketika itu bernilai Rp.46/liter.
Setelah beroperasi selama 30 tahun, sekarang AQUA mempunyai 14 pabrik di seluruh Indonesia. Pada tahun 1998, AQUA (yang berada di bawah naungan PT Tirta Investama) melaksanakan langkah strategis untuk bergabung dengan Group DANONE, yang merupakan salah satu kelompok perusahaan air minum dalam kemasan terbesar di dunia dan hebat dalam nutrisi. Langkah ini berdampak pada peningkatan kualitas produk, market share, dan penerapan teknologi pengemasan air terkini. Di bawah bendera DANONE-AQUA, sekarang AQUA mempunyai lebih dari 1.000.000 titik distribusi yang sanggup diakses oleh pelanggannya di seluruh Indonesia.
Aqua untuk ketika ini merupakan market leader dalam medan persaingan aneka macam produk air mineral di Indonesia. Posisinya yang besar lengan berkuasa disebabkan oleh faktor Aqua sebagai produk air mineral yang pertama kali hadir di Indonesia serta seni administrasi promosi dan pemasaran yang gencar. Metode promosi yang digunakan yakni terutama melalui iklan di media elektronik dan cetak, mensponsori aneka macam acara, serta instalasi iklan billboard secara luas.

B.     Strategi Perusahaan PT AQUA Golden Mississippi Tbk
AQUA memegang saham lebih dari 62% dari pasar botol di Indonesia, negara berpenduduk terbanyak kelima didunia. Memegang tampuk pimpinan menjadi sulit. Ada beberapa rintangan yang effektif untuk masuk dalam industry air dalam botol. Teknologi air dlam botol tidak terlalu sulit dan kebutuhan modal tidak terlalu berlebihan. Pemasaran menyediakan keunggulan bersaing yang utama diantara pembuat air dalam botol. Penyaluran yang efisien dan pengiklananan untuk membedakan dan memproduksi satu kesetiaan pada merek yakni kunci sukses.
Pembedaan telah menjadi tujuan pertama Tirto. Dalam satu penggelaran pemasaran yang cemerlang, ia telah memberi nama produknya dengan AQUA (Nama Latin untuk “Air”. Orang absurd di Indonesia, sasaran orisinil pemasaran , sanggup mengerti apa arti kata itu. Lebih dari 300 bahasa digunakan di Indonesia dan kepekaan suku sangat penting. Pemilihan bentuk nama Latin dalah netral , dan tidak ada kepentingannya dengan kelompok suku tertentu. Sebaga bonus AQUA yakni kata yang gampang untuk diucapkan untuk pembicara setiap bahasa.
Strategi pemasaran yang orisinil tidak ditujukan di Indonesia . Tirto bermaksud untuk memapankan ceruk pasar kecil memasok air kondusif dan es pada orang absurd di Indonesia. Satu hal yang mengejutkan, uji pemasaran di Terminal besar di Jakarta dan sepanjang jalan Pantura menandakan bahwa orang-orang Indonesia ada kemauan untuk membeli air dalam botol. Berita wacana AQUA menyebar dari kota besar ke desa-desa kecil diseluruh pelosok tanah air. Tetapi asumsi konsumen harus dipikirkan. Sementara asumsi tersebut AQUA mengandung mineral sehat, bekerjsama tidak ada apa-apanya selain air dalam botol.Tidak dikarbonasi dan tidak pula dibumbui. Sejak semula, bagaimanapun, AQUA secara umum mengacu pada “Air Mineral AQUA” orang Indonesia tidak tahu bagaiman memperkirakan. Pada awalnya pola promosi penjualan AQUA dilaksanakan pada pengunjung bioskop.
Untuk memoles gambaran AQUA Tirto mencoba slogan bersih, bening, bebas bakteriuntuk empat tahun yang pertama. Penjualan tetap tertahan dibawah dua juta liter per tahun – tidak cukup apabila perusahaan telah menjadi distributor utama. Dalam tahun 1979 Tirto merubah slogan secara permanen menjadi air sehat setiap saat, sedikit penedekatan klinis. Berhasil, Slogan yang gres berpasangan dengan perkenalan dengan kemasan plastik yang baru, mendorong penjualan AQUA hingga lebih 13 juta liter di tahun 1983.
AQUA memakai seluruh media untuk iklannya. Bis, taxi, TV, radio, koran, dan majalah membawakan logo dan slogan biru AQUA yang berbeda. Dalam menjaga kesehatannya, mengangkat citra, AQUA secara aktif mendukung penyelenggaraan atletik internasional mirip pada jalur dan lapangan, mendaki gunung, angkat berat. Pada maraton yang terkenal dan balapan 10.000 meter truk-truk AQUA menyediakan pelari yang kelelahan dengan pancuran air segar. Sebagai kepingan dari relasi masyarakat, AQUA juga membuka pabriknya untuk dikunjungi masyarakat untuk meyakinkan masyarakat pelanggan bahwa AQUA diproduksi dengan cara yang bersih dengan fasilitas, personel, dan administrasi yang utama.
Sementara pengiklanan dan humas “menarik” AQUA melalui saluran-saluran distribusi, promosi eceran lokal dan potongan harga “mendorong” produksi pada pelanggan. Pelayanan yakni krusial dalam bisnis air. Ada pusat-pusat distribusi AQUA di Indonesia, dijalankan oleh PT. Wirabuana Intrent, distributor tunggal produk-produk AQUA. Truk-truk AQUA yang selalu siap sedia dimana saja kapan saja memastikan pengiriman yang handal pada outlet eceran dan perusahaan-perusahaan yang menyediakan pendingin air AQUA untuk karyawannya. Penerbangan besar mirip Garuda Indonesia, Penerbangan Nasional Indonesia, menunjukkan AQUA pada penumpangnya. Pelanggan-pelanggan ini membutuhkan pelayanan yang segera dan handal. Pendingin air kantoran yang kosong atau rusak membuat gambaran yang jelek dan penerbangan membutuhkan pengiriman sempurna waktu.
AQUA melanjutkan untuk menyebarkan upaya pemasarannya ke pulau yang lain di Indonesia. Untuk memotong biaya transportasi, kemudahan produksi dioperasikan dengan lisensi yang memproduksi air dalam persyaratan AQUA telah dibuka di Manado, Sulawesi Utara, dan Medan, Sumatera Utara. Satu instalasi kecil mulai berproduksi airl SEHAT dalam botol di Brunei Darrussalam, satu negara minyak yang merdeka di pantai utara Borneo. Bukan suatu hal yang kecil, hampir dua per tiga penjualan AQUA tetap berada di kawasan Jakarta, dipasok oleh lima lima kemudahan produksi terletak di Jawa Barat mewakili 65% total kapasitas AQUA (Peraga 1). Proyek-proyek gres sedang berlangsung dibeberapa kepingan di Indonesia sebaik diluar Indonesia, di Philippina dan Vietnam.

C.    Organisasi Internal Dan Personil
AQUA diorganisasikan secara pengendalian terpusat dari operasi yang desentralisasi. Kebanyakan produksi dan distribusi ditangani anak perusahaan atau pemegang lisensi. Perusahaan keluarga relatif kecil dengan tiga lapis administrasi : pelaksana (delapan pimpinan), manajerial (23 manajer) dan pengawasan (80 pengawas dan petugas lapangan). Total Quality Control (TQC) telah ditrapkan pada seluruh organisasi. Setiap unitada satu Satu Komite Kelompok Pengawasan Mutu tidak resmi (GQC) untuk menyempurnakan operasi. Institut Manajemen Asia telah menentukan AQUA mendapatkan penghargaan administrasi 1991 untuk administrasi umum. Perusahaan juga mendapatkan Penghargaan Sahwali 1991 untuk upaya proteksi lingkungan.
PT AQUA Golden Mississippi yakni anggota Aqua Group , koleksi perusahaan dengan kepemilikan silang dimana Tirto yang paling berkepentingan. Kelompok memusatkan pada produksi dan distribusi air dalam botol. Fasilitas produksi ada dalam daftar memprodksi AQUA dibawah lisensi, merek dagang yang lain air dalam botol mirip VIT (Perusahaan Perancis Vittel), atau label merekdagang pribadi untuk distributor Indonesia yang lain. Perusahaan kemasan mempruduksi kemasan plastik untuk kemudahan kelompok AQUA. Pabrik di Jawa Barat telah dioperasikan oleh AQUA memasok pasar Jakarta (65% penjualan) dan pasar eksport (10% penjualan). Pabrik-pabrik menerima lisensi dari AQUA diluar Jawa Barat memproduksi sekitar 25% dari penjualan. Dibawah administrasi lisensi, AQUA mendapatkan penghasilan non-air dari lisensi yang membayar upah sumbangan administrasi dan bunga pada pendapatan.

D.    Penerapan seni administrasi dalam tata kelola perusahaan
AQUA memegang saham lebih dari 62% dari pasar botol di Indonesia, negara berpenduduk terbanyak kelima didunia. Memegang tampuk pimpinan menjadi sulit. Ada beberapa rintangan yang effektif untuk masuk dalam industry air dalam botol. Teknologi air dlam botol tidak terlalu sulit dan kebutuhan modal tidak terlalu berlebihan. Pemasaran menyediakan keunggulan bersaing yang utama diantara pembuat air dalam botol. Penyaluran yang efisien dan pengiklananan untuk membedakan dan memproduksi satu kesetiaan pada merek yakni kunci sukses.
Pembedaan telah menjadi tujuan pertama Tirto. Dalam satu penggelaran pemasaran yang cemerlang, ia telah memberi nama produknya dengan AQUA (Nama Latin untuk “Air”. Orang absurd di Indonesia, sasaran orisinil pemasaran , sanggup mengerti apa arti kata itu. Lebih dari 300 bahasa digunakan di Indonesia dan kepekaan suku sangat penting. Pemilihan bentuk nama Latin dalah netral , dan tidak ada kepentingannya dengan kelompok suku tertentu. Sebaga bonus AQUA yakni kata yang gampang untuk diucapkan untuk pembicara setiap bahasa.
Strategi pemasaran yang orisinil tidak ditujukan di Indonesia . Tirto bermaksud untuk memapankan ceruk pasar kecil memasok air kondusif dan es pada orang absurd di Indonesia. Satu hal yang mengejutkan, uji pemasaran di Terminal besar di Jakarta dan sepanjang jalan Pantura menandakan bahwa orang-orang Indonesia ada kemauan untuk membeli air dalam botol. Berita wacana AQUA menyebar dari kota besar ke desa-desa kecil diseluruh pelosok tanah air. Tetapi asumsi konsumen harus dipikirkan. Sementara asumsi tersebut AQUA mengandung mineral sehat, bekerjsama tidak ada apa-apanya selain air dalam botol.Tidak dikarbonasi dan tidak pula dibumbui. Sejak semula, bagaimanapun, AQUA secara umum mengacu pada “Air Mineral AQUA” orang Indonesia tidak tahu bagaiman memperkirakan. Pada awalnya pola promosi penjualan AQUA dilaksanakan pada pengunjung bioskop.

E.     Alternatif Strategi Perusahaan Dalam Menghadapi Persaingan
AQUA memakai seluruh media untuk iklannya. Bis, taxi, TV, radio, koran, dan majalah membawakan logo dan slogan biru AQUA yang berbeda. Dalam menjaga kesehatannya, mengangkat citra, AQUA secara aktif mendukung penyelenggaraan atletik internasional mirip pada jalur dan lapangan, mendaki gunung, angkat berat. Pada maraton yang terkenal dan balapan 10.000 meter truk-truk AQUA menyediakan pelari yang kelelahan dengan pancuran air segar. Sebagai kepingan dari relasi masyarakat, AQUA juga membuka pabriknya untuk dikunjungi masyarakat untuk meyakinkan masyarakat pelanggan bahwa AQUA diproduksi dengan cara yang bersih dengan fasilitas, personel, dan administrasi yang utama.

F.     Visi dan Misi PT.AQUA Golden Mississippi.Tbk
Visi :
AQUA telah menjadi kepingan dari keluarga sehat Indonesia lebih selama lebih dari 30 tahun. Sebagai pencetus air minum dalam kemasan semenjak didirikan tahun 1973, sekarang AQUA menjadi kepingan yang tidak terpisahkan dari hidup sehat masyarakat Indonesia. Dulu dan kini, AQUA tetap dan selalu menjadi yang terbesar dan terdepan di Indonesia. Volume penjualan AQUA merupakan volume penjualan terbesar di dunia untuk kategori air mineral
Misi :
AQUA selalu ingin melaksanakan jadwal untuk menyehatkan konsumen Indonesia, diantaranya jadwal AKSI (AQUA untuk Keluarga Sehat Indonesia) dan AuAI (AQUA untuk Anak Indonesia

G.    Pruduk Unggulan PT.AQUA Golden Mississippi.Tbk
a.      Persaingan

AQUA yakni pemimpin pasar yang tidak dipertanyakan dalam industri air dalam botol. Sistem penyaluran, seni administrasi pemasaran, dan kemasan yang istimewa membuat keunggulan bersaing.Memungkinkan harga premium sekitar 10% hingga 25% diatas harga-harga yang dipatok merek-merek pesaing. AQUA bersaing disegala segmen pasar, memproduksi Vit dibawah lisensi dari Vittel Perancis dan pemegang merekuntuk beberapa rantai supermarket Indonesia. Franchise Mc. Donalds di Jakarta menjual AQUA yang menampakkan busur emas Mc. Donalds bersama logo AQUA . Selama lima tahun terakhir sukses AQUA telah menarik persaingan dari sekitar 50 perusahaan air dalam botol di Indonesia, yang menjual lebih dari 70 merek dagang. Sementara sebagian besar yakni pabrik regional kecil, beberapa pesaing mempunyai pangsa pasar fundamental sejalan dengan sumber-sumber keuangan, memasarkan pengetahuan, dan sistem-sistem distribusi yang sanggup menjadi bahaya serius akankah AQUA goyah.
Peraga 5 merupakan daftar pesaing utama AQUA. Ades, Oasis, Air Sosro secara agrsif menantang tampuk pimpinan AQUA dalam pasar air dispenser yang sangat menguntungkan di Jakarta. Prusahaan keluarga Air Sosro mengendalikan pasar teh dalam botol di Indonesia denga menjual satu juta botol perhari dengan bendera merek Teh Botol Sosro. Air sosro menhargai airnya sekitar 20% dibawah AQUA, Bonaqua, satu produk Coca Cola dihargai sama dengan AQUA, yakni nama dagang internasional dengan sistem distribusi yang besar lengan berkuasa di Indonesia. ABC Pure diproduksi oleh PT ABC Central Food, distributor besar konsentrat minuman lunak tradisional di Indonesia.
Keberhasilan merek dagang AQUA telah menarik paling tidak 10 peniru untuk memakai kata “aqua”. Tirto secara aktif mempertahankan merekdagangnya, memenangkan pertarungan aturan melawan perusahaan yang memakai nama Club AQUA dan Aquaria. Dalam keputusannya pada bulan Mei 1992, Kejaksaan Agung di Indonesia memaklumkan bahwa kata “aqua”, bilamana digunakan pada air dalam botol bukan nama latin yang umum, namun merek dagang yang dilindungi.Pengacara AQUAmembantah bahwa kata itu telah didaftarkan sebagai merek dagang semenjak 1973, diperbaharui di tahun 1986, bahwa AQUA telah membelanjakan jutaan dolar mengiklankan merekdagang tersebut, dan akhir dari pengiklanan ini, dibenak pelanggan Indonesia kata AQUA sambung dengan air dalam botol yang diproduksi PT. AQUA Golden Mississippi. Oleh alasannya yakni itu perusahaan air dalam botol yang lain tidak sanggup memakai kata “aqua” pada namanya atau logo kecuali dibawah perjanjian lisensi. Pengadilan telah menyetujui.


BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
1.      PT Aqua Golden Mississippi Tbk, sebagai perusahaan pencetus air minum mineral pertama kali di Indonesia yang menerapkan go publik yang tujuannya yakni memperbaiki struktur modal menjadi lebih sehat (Widoatmodjo, 2004: 32).
2.      AQUA diorganisasikan secara pengendalian terpusat dari operasi yang desentralisasi. PT AQUA Golden Mississippi yakni anggota Aqua Group , koleksi perusahaan dengan kepemilikan silang dimana Tirto yang paling berkepentingan. Kelompok memusatkan pada produksi dan distribusi air dalam botol.
3.      Pemilihan bentuk nama Latin yakni netral , dan tidak ada kepentingannya dengan kelompok suku tertentu. Sebaga bonus AQUA yakni kata yang gampang untuk diucapkan untuk pembicara setiap bahasa. Pemasaran menyediakan keunggulan bersaing yang utama diantara pembuat air dalam botol. Penyaluran yang efisien dan pengiklananan untuk membedakan dan memproduksi satu kesetiaan pada merek yakni kunci sukses.
4.      AQUA memakai seluruh media untuk iklannya. Bis, taxi, TV, radio, koran, dan majalah membawakan logo dan slogan biru AQUA yang berbeda. Sementara pengiklanan dan humas “menarik” AQUA melalui saluran-saluran distribusi, promosi eceran lokal dan potongan harga “mendorong” produksi pada pelanggan. Keberhasilan merek dagang AQUA telah menarik paling tidak 10 peniru untuk memakai kata “aqua”. Dengan demikian penerapan nama “aqua” merupakan alternatif seni administrasi perusahaan dalam rangka menjaga kesetiaan pelanggan

B.     Saran
1.      Penerapan sistem go publik yang bisa memperbaiki struktur permodalan menjadi lebih sehat, hendaknya dilakukan peninjauan lebih lanjut sehingga sanggup menjadi pola bagi perusahaan lain untuk berkembang lebih maju.
2.      Penataan perusahaan khususnya dalam organisasional perlu adanya tinjauan kelemahan dan kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan tersebut untuk mengetahui seberapa jauh perusahaan tersebut berkembang.
3.      Dengan memakai media komunikasi sebagai sarana promosi, merupakan salah satu alternatif seni administrasi yang sanggup meningkatkan gambaran perusahaan tersebut.

Selengkapnya Klik: DOWNLOAD

0 Response to "Makalah Administrasi Taktik - Pt. Aqua Golden Mississippi.Tbk"