Biologi Kelas 7 : Sistem Dan Cara Pembagian Terstruktur Mengenai Makhluk Hidup

Bagaimana para ilmuwan mengelompokkan makhluk hidup yang begitu banyak jenis dan macam nya ke dalam kelompok- kelompok yang lebih gampang diingat?
Kira - kira beginilah dongeng yang terjadi yang dimulai dari zaman Aristoteles di Yunani. Silahkan disimak :

1. Sistem artifisial / buatan  
Sistem yang mengelompokkan makhluk hidup menurut persamaan ciri yang ditetapkan oleh peneliti sendiri, misalnya, ukuran, bentuk, dan habitat makhluk hidup. Penganut sistem ini di antaranya Aristoteles dan Theophratus (370 SM). 

2. Sistem natural / alami  
Sistem yang mengelompokkan makhluk hidup menurut persamaan ciri struktur badan eksternal (morfologi) dan struktur badan internal (anatomi) secara alamiah. Penganut sistem ini, di antaranya, Carolus Linnaeus (abad ke-18). Linnaeus beropini bahwa setiap tipe makhluk hidup mempunyai bentuk yang berbeda. Oleh alasannya itu, kalau sejumlah makhluk hidup mempunyai sejumlah ciri yang sama, berarti makhluk hidup tersebut sama spesiesnya. Dengan cara ini, Linnaeus sanggup mengenal 10.000 jenis tanaman dan 4.000 jenis hewan. 

3. Sistem modern (filogenetik)  
Sistem pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup menurut pada hubungan kekerabatan secara evolusioner. Beberapa parameter yang dipakai dalam pembagian terstruktur mengenai ini ialah sebagai berikut:     
Persamaan struktur badan sanggup diketahui secara eksternal dan internal    
Menggunakan biokimia perbandingan.
Misalnya, binatang Limulus polyphemus, dahulu dimasukkan ke dalam golongan rajungan (Crab) alasannya bentuknya menyerupai rajungan, tetapi sesudah dianalisis darahnya secara biokimia, terbukti bahwa binatang ini lebih akrab dengan laba-laba (Spider). Berdasarkan bukti ini, Limulus dimasukkan ke dalam golongan laba-laba.   Berdasarkan genetika modern, gen dipergunakan juga untuk melaksanakan pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup.
Adanya persamaan gen mengatakan adanya kekerabatan.

Urutan pembagian terstruktur mengenai dari tingkatan yang terbesar sampai terkecil ialah sebagai berikut : 
1. Kingdom (kerajaan) 
2. Divisio atau filum 
3. Kelas (classis) 
4. Ordo (bangsa) 
5. Famili (suku) 
6. Genus (marga) 
7. Spesies (jenis)

0 Response to "Biologi Kelas 7 : Sistem Dan Cara Pembagian Terstruktur Mengenai Makhluk Hidup"