Implementasi Model Pembelajaran Kooeratif Tipe Teams Games Tournaments (Tgt) Dengan Teknik Quiz Untuk Meningkatkan Prestasi Berguru Matematika Bahan Limas Dan Prisma Tegak Pada Siswa Kelas Viii-C Sunan Ampel Ringinrejo Kediri (Pmt-12)



Beberapa penyebab kurangnya prestasi mencar ilmu matematika siswa kelas VIII-C MTs Sunan Ampel adalah 1) Siswa kurang memperhatikan bahan yang disampaikan sebab munculnya rasa bosan dengan model pembelajaran yang monoton yaitu dominan oleh guru dan siswa pandai saja sedangkan siswa yang ndeso cenderung bersifat pasif, 2) Siswa tidak menyukai matematika sebab menganggap bahwa matematika yaitu mata pelajaran yang sulit dimengerti. Dalam penelitian ini peneliti menentukan bahan sifat-sifat, jaring-jaring, luas permukaan dan volume bangkit ruang Limas dan Prisma Tegak dengan  mengunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan teknik Quiz sebagai upaya dalam meningkatkan prestasi mencar ilmu matematika siswa. Pembelajaran memakai metode kooperatif tipe TGT dengan tekhnik Quiz ini dibutuhkan sanggup memotivasi siswa  dan menyebabkan kegiatan mencar ilmu mengajar menjadi menyenangkan, sehingga prestasi siswa bisa meningkat.
Fokus  penelitian ini adalah: 1). Bagaimana pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dengan Teknik Quiz yang sanggup meningkatkan prestasi siswa kelas VIII-C Sunan Ampel Ringinrejo Kediri pada pelajaran matematika bahan limas dan prisma tegak ? 2). Bagaiamana respon siswa kelas VIII-C Sunan Ampel Ringinrejo Kediri terhadap metode pembelajaran kooperatif  tipe Teams Games Tournaments (TGT) dengan Teknik Quiz ?
 Adapun tujuan penelitian dalam hal ini yaitu : 1). Untuk mendeskripsikan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dengan Teknik Quiz yang sanggup meningkatkan prestasi siswa kelas VIII-C Sunan Ampel Ringinrejo Kediri pada pelajaran matematika bahan limas dan prisma tegak. 2). Untuk mengetahui respon siswa kelas VIII-C Sunan Ampel Ringinrejo Kediri terhadap metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dengan Teknik Quiz.
Penelitian ini mengunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun tekhnik pengumpulan datanya mengunakan tes, dan observasi.  Tes dipakai untuk memperoleh data ihwal prestasi mencar ilmu matematika siswa kelas VIII-C MTs Sunan Ampel. Sedangkan metode observasi dipakai untuk menggali data ihwal proses pembelajaran matematika, dan respon siswa.

Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan memakai metode kooperatif tipe TGT dengan teknik Quiz risikonya sanggup disimpulkan bahwa pembelajaran dengan memakai meode kooperatif tipe TGT dengan tekhnik Quiz dapat meningkatkan prestasi mencar ilmu matematika siswa. Adapun penerapan pembelajran meliputi: Tahap awal 1) Guru membagi 20 siswa kelas VIII-C dalam 5 kelompok mencar ilmu kooperatif yang masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang siswa, 2) Guru menjelaskan bahan secara garis besar saja. Tahap inti 1) Presentasi kelompok, 2) Pemberian soal Quiz. Tahap akhir 1) Pemberian post tes (soal tes evaluasi). Sedangkan untuk prestasi mencar ilmu siswa meningkat sanggup dilihat dari proses mencar ilmu mengajar dan nilai tes akhir. Untuk hasil observasi pada siklus I pengamatan acara peneliti 85 % , acara siswa 78,18 %  masuk dalam kategori baik dan cukup, pada siklus II pengamatan acara peneliti 91,67 %, acara siswa 92,72% masuk dalam kategori sangat baik. Begitu juga dengan hasil evaluasi yang menawarkan bahwa pada siklus I ketuntasan mencar ilmu siswa belum tercapai yaitu sebesar 75%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 92,72% yang ada diatas standar ketuntasan yang ditetapkan yaitu 85%, pada siklus II menawarkan peningkatan sebesar 17,72%. Dengan demikian pada siklus II telah mencapai sasaran awal bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan teknik Quiz mampu meningkatkan prestasi mencar ilmu matematika. Dalam penelitian ini siswa menawarkan respon yang nyata terhadap pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan teknik Quiz, hal tersebut sanggup diketahui dari hasil tes akhir.

0 Response to "Implementasi Model Pembelajaran Kooeratif Tipe Teams Games Tournaments (Tgt) Dengan Teknik Quiz Untuk Meningkatkan Prestasi Berguru Matematika Bahan Limas Dan Prisma Tegak Pada Siswa Kelas Viii-C Sunan Ampel Ringinrejo Kediri (Pmt-12)"