Karakteristik Loyalitas Pengguna


Karakteristik Loyalitas Pengguna

   Pengguna yang loyal merupakan aset yang penting bagi perpustakaan. Adapun karakteristik dari pengguna yang loyal antara lain berdasarkan Griffin yakni sebagai berikut:
-Melakukan kunjungan secara teratur (visit regularly repeating)
-Membeli diluar lini produk/jasa (purchases across product and service lines)
-Merekomendasikan produk lain (refers other)
-Menunjukan kekebalan terhadap penawaran dari para pesaing (demonstrates an immunity to the full of the competition).

Kotler mengemukakan karakteristik pelanggan yang loyal yakni sebagai berikut.
Akan tetap setia dalam waktu yang lebih lama.
         Membeli lebih banyak ketika perusahaan memperkenalkan produk dan  memperbaharui produk-produk yang sudah ada.
         Membicarakan hal-hal yang baik perihal perusahaan dan produknya.
         Memberi perhatian yang lebih sedikit pada merek dan iklan para pesaing.
         Kurang peka terhadap harga.
         Menawarkan gagasan perihal jasa atau produk kepada perusahaan.

         Membutuhkan biaya pelayanan yang lebih kecil dibandingkan biaya   pelayanan pelanggan gres alasannya yakni transaksinya rutin.

 

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pengguna

Terdapat beberapa aspek yang menghipnotis loyalitas tamu. Menurut Zikmund dalam

Vanessa loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh lima faktor yaitu : 

         Satisfaction (kepuasan)
    Kepuasan pengguna merupakan perbandingan antara keinginan sebelum melaksanakan kunjungan dengan kinerja yang dirasakan.
         Emotional bonding (ikatan emosi)
    Dimana pengguna sanggup terpengaruh oleh sebuah merek yang mempunyai daya tarik tersendiri sehingga pengguna sanggup diidentifikasikan Jenis koleksi, alasannya yakni sebuah koleksi sanggup mencerminkan karakteristik pengguna tersebut. Ikatan yang tercipta dari sebuah koleksi ialah ketika pengguna mencicipi ikatan yang berpengaruh dengan penggunalain yang memakai produk atau jasa yang sama.
         Trust (kepercayaan)
     Kemauan seseorang untuk mempercayakan perpustakaan atau materi bacaan untuk melaksanakan tau menjalankan sebuah fungsi.
         Choice reduction and habit (kemudahan)
    Jika pengguna akan merasa nyaman dengan jenis bacaan ketika situasi mereka melaksanakan transaksi memperlihatkan kemudahan. Bagian dari loyalitas pengguna ibarat mengunjungi secara teratur sanggup didasari pada akumulasi pengalaman setiap saat.
         History with company (pengalaman dengan perpustakaan)
   Sebuah pengalaman seseorang pada perpustakaan sanggup membentuk perilaku. Ketika kita mendapat pelayanan yang baik dari perpustakaan, maka kita akan mengulangi sikap kita pada perpustakaan tersebut.

     Kelima faktor di atas, sanggup membentuk loyalitas pengguna yang didasari perspektif sikap dan perilaku. Loyalitas pengguna yang didasari perspektif sikap dipengaruhi oleh ketiga faktor pertama, sedangkan loyalitas yang didasari perspektif sikap dipengaruhi oleh kedua hal lainnya.


0 Response to "Karakteristik Loyalitas Pengguna"