Aplikasi E-Learing Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Sma Muhamadiyah 1 Yogyakarta (Pba-7)


Latar Belakang: dalam abad globalisasi, perkembangan teknologi komunikasi yang sangat cepat menyebabkan jarak bukan suatu kendala untuk mendapat info dari banyak sekali penjuru dunia. Oleh alasannya itu, bahasa gila selain bahasa Inggris, dalam hal ini bahasa Arab, merupakan hal yang sangat mendesak. Banyak info ilmu pengetahuan baik di bidang teknik, ilmu-ilmu murni, ekonomi, psikologi, maupun seni, bersumber dari buku-buku berbahasa Arab.
Melalui pembelajaran bahasa Arab, sanggup dikembangkan keterampilan penerima didik dalam berkomuikasi mulut dan goresan pena untuk memahami dan memberikan informasi, fikiran, dan perasaan. Dengan demikian, maka pelajaran bahasa Arab diharapkan untuk pengembangan diri penerima didik supaya mereka sanggup tumbuh dan berubah menjadi warga negara yang cerdas, terampil, dan berkepribadian Indonesia, sanggup membuatkan ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya serta siap mengambilbagian dalam pembangunan nasional.

Aplikasi e-learing di Sekolah Menengan Atas Muhammadiyah 1 Yogyakarta berlatar belakang mengikuti perkembangan zaman abad digital dengan majunya teknologi pendidikan dan perkembangan internet yang begitu pesat.
Fokus penelitian: 1) Apa model  e-learning dalam pembelajaran Bahasa arab di Sekolah Menengan Atas Muhammadiyah 1 Yogyakarta? 2) Mengapa model e-learning diaplikasikan di Sekolah Menengan Atas Muhammadiyah 1 Yogyakarta? 3) Bagaimana sistem E-Learning  dalam pembelajaran bahasa Arab di Sekolah Menengan Atas Muhammdiyah 1 Yogyakarta?
Tujuan penelitian: 1) Untuk mendeskripsikan dan menjelaskan model e-learning dalam pembelajaran bahasa Arab di Sekolah Menengan Atas Muhammadiyah 1 Yogyakarta. 2) Untuk mendeskripsikan dan menjelaskan model E-Learning di aplikasikan  di Sekolah Menengan Atas Muhammadiyah 1 Yogyakarta. 3) Untuk mendeskripsikan dan menjelaskan sistem e-learning dalam pembelajaran bahasa Arab di Sekolah Menengan Atas Muhammdiyah 1 Yogyakarta.
Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian ini, yaitu: metode wawancara, metode obsevasi, metode dokumentasi, dengan jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang datanya diperoleh dengan melaksanakan survey di lapangan/lokasi penelitian, yakni untuk memperoleh citra yang terperinci dan terperinci ihwal aplikasi e-learning di Sekolah Menengan Atas Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ialah dengan memakai teknis deskripsi analisis, yaitu penyelidikan yang kritis terhadap suatu kelompok insan obyek kondisi suatu sistem pemikiran/suatu kelas untuk menciptakan paparan, gambaran/lukisan secara sistematis, faedah, faktor akurat ihwal fakta sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki menurut lapangan.
Hasil Penelitian
            Model aplikasi e-learning dalam pembelajaran bahasa Arab di Sekolah Menengan Atas Muhammadiyah 1 Yogyakarta menggunnakan model ICT/web facilitied. Model e-learning diaplikasikan di Sekolah Menengan Atas Muhammadiyah I Yogyakarta dikarenakan ada beberapa faktor, antara lain: faktor zaman, faktor penerima didik, faktor perhatian dari pemerintah, faktor lingkungan, faktor pendidik. Sistem e-learning di Sekolah Menengan Atas Muhammadiyah I Yogyakarta yang digunakan adalah: a) Materi (content) berupa CD multimedia dan berupa web, template situs Pba al-dakwah org dan power point, b) learning management system (LMS) dilakukan berupa kustominasi. c) Infrastruktur yang tersedia diantaranya berupa perangkat multimedia, computer dan laptop dengan standarisasi Pentium 4, RAM minimal 256 dan dilengkapi waresess, serta jaringan Network 512 Kbps.

0 Response to "Aplikasi E-Learing Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Sma Muhamadiyah 1 Yogyakarta (Pba-7)"