Aplikasi Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas Viii Mtsn Tunggangri (Pai-51)


Latar Belakang Masalah: Perkembangan dunia pendidikan yang begitu pesat harus diimbnagi dengan sumber daya insan yang cerdas untuk menghadapinya, dunia pendidikan sebagai salah satu jalur pematangan jiwa dan fisik insan haruslah memiliki suatu pendekatan yang sempurna dalam proses pembelajaran. Dulu pendidikan disekolah hanya memperlihatkan aneka macam fakta-fakta dan teori-teori yang harus dihafal dan dikala siswa menjawab pertanyaan guru dianggap menguasai materi. Tetapi pendidikan sekolah kini bukanlah menyerupai itu, pendidikan sekolah kini haruslah memperlihatkan ilmu-ilmu pengetahuan yang berisi teori-teori dan juga penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut sangatlah cocok di terapkan di dalam pelajaran fiqih yang mana berisi syarat-syarat tetapi juga melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari.
Fokus Penelitian: (1)Bagaimana aplikasi pembelajaran kontekstual kelas VIII di MTsN Tunggangri? (2) Bagaimana pembelajaran kontekstual sanggup meningkatkan pemahaman Fiqih akseptor didik kelas VIII di MTsN Tunggangri? (3) Bagaimana teknik pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan pemahaman Fiqih akseptor didik kelas VIII di MTsN Tunggangri?
Metode Penelitian: (1) Pola dan jenis penelitian : Kualitatif, (2) Kehadiran peneliti: peneliti hadir di MTsN Tunggangri Kalidawir, (3) Sumber data: Informan terdiri dari kepala sekolah, tenaga pengajar khususnya guru Fiqih kelas VIII, (4) Metode pengumpulan data: Observasi, wawancara dan dokumentasi, (5) Analisis data: Data dianalisis dengan pendekatan kualitatif, (6) Pengecekan keabsahan temuan: Trianggulasi, Pembahasan sejawat, memperpanjang waktu penelitian, meningkatkan ketekunan.
Hasil-hasil Penelitian: (1)  Dalam melakukan proses pembelajaran MTsN Tunggangri Kalidawir memakai pendekatan kontekstual, (2)  Dengan pendekatan kontekstual yang dilaksanakan guru fiqih siswa-siswa menyambut baik dan lebih memperlihatkan motifasi siswa dalam mencar ilmu dan melakukan bahan fiqih yang diajarkan disekolah dalam kehidupan sehari-hari, (3) Teknik dan pendekatan pembelajaran yang dipakai ialah Kontruktivisme, Questioning, Inquery, Learning Community, Modelling Authetic assessment.

0 Response to "Aplikasi Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas Viii Mtsn Tunggangri (Pai-51)"