Efektifitas Pembelajaran Mata Pelajaran Aqidah Tabiat Pada Siswa Kelas Viii Di Mtsn Aryojeding (Pai-55)


Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi bahwa efektifitas pembelajaran mata pelajaran aqidah adat di MTs masih terjadi kesenjangan antara yang tuntutan dengan yang terjadi. Rumusan masalahnya yaitu Apakah terdapat efektifitas pembelajaran mata pelajaran aqidah adat mengenai adat karimah terhadap pemahaman siswa  kelas VIII  di MTsN Aryojeding? Apakah terdapat efektifitas pembelajaran mata pelajaran aqidah adat mengenai adat karimah terhadap penyikapan siswa  kelas VIII  di MTsN Aryojeding? Apakah terdapat efektifitas pembelajaran mata pelajaran aqidah adat mengenai adat karimah terhadap pengimplementasian siswa  kelas VIII  di MTsN Aryojeding? Apakah terdapat efektifitas pembelajaran mata pelajaran aqidah adat terhadap pemahaman, penyikapan dan pengimplementasian pada siswa  kelas VIII  di MTsN Aryojeding?.

Tujuan penelitian: Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran mata pelajaran aqidah adat mengenai adat karimah terhadap pemahaman siswa  kelas VIII  di MTsN Aryojeding. Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran mata pelajaran aqidah adat mengenai adat karimah terhadap penyikapan siswa  kelas VIII  di MTsN Aryojeding. Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran mata pelajaran aqidah adat mengenai adat karimah terhadap pengimplementasian siswa  kelas VIII  di MTsN Aryojeding. Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran mata pelajaran aqidah adat terhadap pemahaman, penyikapan dan pengimplementasian pada siswa  kelas VIII  di MTsN Aryojeding. Metode penelitian, penelitian ini berpola kuantitatif pendidikan, populasinya yaitu seluruh siswa kelas VIII MTs Aryojeding, sampelnya yaitu 61 siswa dan samplingnya yaitu proportional random sampling. Metode pengumpulan data dengan memakai test, observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data dengan memakai SPSS.
Hasil penelitian: secara teoritik Efektifitas pembelajaran mata pelajaran aqidah adat terhadap pemahaman siswa dalam adat karimah, yaitu siswa bisa memahami dan menguasai bahan aqidah adat sehingga siswa bisa untuk mengintegrasikan bahan aqidah adat tersebut khususnya dalam bahan adat karimah. Efektifitas pembelajaran mata pelajaran aqidah adat terhadap penyikapan siswa dalam adat karimah sanggup dicapai kalau siswa bisa mencapai aspek yang pertama, dan meresapinya sehingga siswa bisa menunjukkannya dalam perilaku aktual pada kehidupan sehari-hari. Efektifitas pembelajaran mata pelajaran aqidah adat terhadap pengimplementasian siswa dalam adat karimah sanggup dicapai, kalau siswa bisa mengamalkan adat karimah dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, guru harus bisa memaksimalkan proses pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak. Empirik Terdapat efektifitas yang positif pada pembelajaran mata pelajaran aqidah adat mengenai adat karimah terhadap pemahaman siswa  kelas VIII  di MTsN Aryojeding, Terdapat efektifitas yang positif pada pembelajaran mata pelajaran aqidah adat mengenai adat karimah terhadap penyikapan siswa  kelas VIII  di MTsN Aryojeding. Terdapat efektifitas yang positif pembelajaran mata pelajaran aqidah adat mengenai adat karimah terhadap pengimplementasian siswa  kelas VIII  di MTsN Aryojeding. Terdapat efektifitas yang positif pada pembelajaran mata pelajaran aqidah adat terhadap pemahaman, penyikapan dan pengimplementasian pada siswa  kelas VIII  di MTsN Aryojeding.

0 Response to "Efektifitas Pembelajaran Mata Pelajaran Aqidah Tabiat Pada Siswa Kelas Viii Di Mtsn Aryojeding (Pai-55)"