Implementasi Metode Drill Mata Pelajaran Al-Qur’An Hadits Pada Siswa Kelas Viii Semester Ii Mtsn Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung (Pai-53)


Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kenyataan masih ditemukan banyak dari siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri Pulosari yang belum sanggup membaca atau melafalkan aksara Arab apalagi menghafal dan menulis aksara Arab dengan baik dan benar padahal itu semua berada dalam materi pelajaran al-Qur’an Hadits. Penulis sanggup menyimpulkan demikian, alasannya penulis melakukan kegiatan PPL di Madrasah Tsanawiyah Negeri Pulosari dan menjumpai banyak siswa-siswi yang belum sanggup membaca dan melafalkan aksara Arab.
Rumusan duduk masalah dalam penulisam skripsi ini yaitu (1) Bagaimana persiapan implementasi Metode Drill mata pelajaran al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung ? (2) Bagaimana pelaksanaan implementasi Metode Drill mata pelajaran al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung? (3) Bagaimana penilaian implementasi Metode Drill mata pelajaran al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung ?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini yaitu (1) Untuk mengetahui bagaimana persiapan implementasi Metode Drill mata pelajaran al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. (2) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan implementasi Metode Drill mata pelajaran al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung g. (3) Untuk mengetahui bagaimana penilaian implementasi Metode Drill mata pelajaran al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung.

Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk membuatkan ilmu teoritis yang diterima di kursi kuliah, dengan diterapkan di lokasi penelitian, sehingga peneliti sanggup menganalisa, dan mengumpulkan hasil data yang ada, sehingga mengetahui implementasi metode drill mata pelajaran al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung.
Dalam penelitian ini digunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dipakai untuk memperoleh data perihal persiapan, pelaksanaan dan penilaian implementasi metode drill pada mata pelajaran Al Qur’an Hadist di MTsN Pulosari yang dipakai sebagai hasil penelitian. Sedangkan teknik dokumentasi dan observasi dipakai untuk menggali data perihal sejarah berdirinya forum pendidikan, letak geografis forum pendidikan, keadaan tenaga pengajar, struktur organisasi, dan keadaan murid.
Setelah penulis mengadakan penelitian dengan memakai beberapa teknik diatas, maka hasil dari penelitian sanggup disimpulkan (1) persiapan dalam pengajaran Al Qur’an Hadits sangat penting khususnya penguasaan terhadap metode pembelajarannya. Salah satu metode yang dipergunakan yaitu metode drill (latihan siap). Metode drill (latihan siap) yaitu suatu cara menyajikan materi pelajaran dengan jalan melatih siswa biar menguasai pelajaran dan terampil. Adapun persiapan dalam penggunaan metode drill ini yaitu penyajian materi harus terpola dalam bentuk aktivitas persiapan, merumuskan tujuan khusus yang hendak dicapai, mempersiapkan alat-alat yang diperlukan, mengatur tempat, mengadakan percobaan terlebih dahulu sebelum metode ini dilaksanakan. (2) Pelaksanaan metode drill secara terang kegiatan pembelajaran dengan memakai metode ini dilakukan melalui langkah-langkah sebagai berikut : (a) Siswa diberikan penjelesan perihal materi, (b) Guru merangkumkan materi, (c) Guru menawarkan pertanyaan kepada siswa, (d) Guru bersama siswa mengulangi materi yang gres dibahas. (d) Untuk pertemuan selanjutnya siswa diberi kiprah untuk menghafalkan. (3) Penilaian metode drill menekankan pada pemahaman materi serta penghafalannya. Misalkan : siswa memahami suatu teks bacaan al Qur’an beserta artinya, pembacaan teks dengan benar, dan penghafalannya. Guru juga menawarkan penilaian ulang serta membimbing siswa yang belum bisa melakukan kiprah yang diberikan.

0 Response to "Implementasi Metode Drill Mata Pelajaran Al-Qur’An Hadits Pada Siswa Kelas Viii Semester Ii Mtsn Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung (Pai-53)"