Pengaruh Pendekatan Resource Based Learning Terhadap Minat Dan Hasil Berguru Matematika Siswa Mtsn Kanigoro (Pmt-59)

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena siswa yang masih kurang aktif dan kreatif dalam pembelajaran dan pemanfaatan aneka macam sumber mencar ilmu sehingga kemampuan dalam pengetahuan dan pemahaman masih kurang berkembang. Hal ini mengakibatkan hasil mencar ilmu siswa masih kurang maksimal. Pendekatan Resource Based Learning adalah pembelajaran dimana siswa dituntut untuk aktif dalam mencari aneka macam macam sumber belajar. Pada pendekatan ini, ditegaskan bahwa sumber mencar ilmu siswa tidak hanya pada satu sumber tetapi terdapat aneka macam macam sumber mencar ilmu yang sanggup mendukung proses mencar ilmu mengajar. Melalui pendekatan ini diperlukan siswa sanggup meningkatkan minat mencar ilmu matematika siswa yang pada karenanya akan besar lengan berkuasa pada hasil mencar ilmu yang lebih baik.

Rumusan dilema dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada dampak pendekatan Resource Based Learning terhadap minat belajar matematika siswa MTsN Kanigoro? (2) Apakah ada dampak pendekatan Resource Based Learning terhadap hasil mencar ilmu matematika siswa MTsN Kanigoro?. Sedangkan tujuan penelitiannya ialah (1) Untuk mengetahui apakah ada dampak pendekatan Resource Based Learning terhadap minat matematika siswa MTsN Kanigoro. (2) Untuk mengetahui apakah ada dampak pendekatan Resource Based Learning terhadap hasil mencar ilmu matematika siswa MTsN Kanigoro.
Pola penelitian yang dipakai yaitu penelitian eksperimen dengan desain eksperimen sejati (True Experimental Design) tipe Posttest-Only Control Desiqn. Variabel bebas dalam penelitian ini ialah pendekatan Resource Based Learning (x). Sedangkan variabel terikatnya adalah minat (y) dan hasil belajar matematika siswa, (y). Populasi dalam penelitian ini ialah keseluruhan siswa kelas VIII MTsN Kanigoro tahun pedoman 2011/2012. Pengambilan sampel yang dipakai ialah teknik random Sampling alasannya ialah diasumsikan populasi tersebut sejenis dan sudah mencapai bahan yang sama. Sampel yang dipakai dalam penelitian ini sebanyak 78 siswa. 
Dalam Penelitian ini dipakai metode observasi, metode interview, metode pinjaman tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Untuk analisis data peneliti memakai uji homogenitas, uji normalitas, uji t-test, dan uji Chi-Square. Setelah data dianalisis, karenanya sanggup diambil kesimpulan bahwa (1) Ada dampak pendekatan Resource Based Learning terhadap minat belajar matematika siswa MTsN Kanigoro dengan koefisien = 2,275 > = 2,000 (5%) (2) Ada dampak pendekatan Resource Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa MTsN Kanigoro dengan koefisien = 2,337 > = 2,000 (5%).

0 Response to "Pengaruh Pendekatan Resource Based Learning Terhadap Minat Dan Hasil Berguru Matematika Siswa Mtsn Kanigoro (Pmt-59)"