Penggunaan Metode Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Berguru Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Bahan Energi Panas Pada Penerima Didik Kelas Iv A Sdi Al-Munawwar Tulungagung (Ipa-1)


Pembelajaran IPA di sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah dibutuhkan sanggup menjadi wahana bagi penerima didik-siswi untuk mempelajari dirinya sendiri dan alam sekitarnya. Untuk itu pembelajaran IPA menekankan pada dukungan pengalaman berguru secara langsung. Salah satu metode pembelajaran yang sanggup diterapkan ialah metode discovery dimana guru memberi kebebasan penerima didik supaya mengalami proses inovasi pengetahuan sendiri secara langsung.
 Fokus penelitian ini ialah (1). Bagaimana proses pembelajaran IPA dengan penggunaan  metode discovery pada materi energi panas pada kelas IV A SDI Al-munawwar Tulungagung tahun anutan 2010-2011 ? (2). Bagaimanakah hasil pembelajaran IPA pada materienergi panas  dengan penggunaan metode discovery pada penerima didik kelas IV A SDI Al-Munawwar Tulungagung tahun anutan 2010-2011 ?

Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini ialah (1). Untuk mengetahui  proses pembelajaran IPA dengan penggunaan  metode discovery pada materienergi panas pada kelas IV A SDI Al-munawwar Tulungagung tahun anutan 2010-2011. (2). Untuk mengetahui  hasil pembelajaran IPA pada materienergi panas  dengn penggunaan metode discovery pada penerima didik kelas IV A SDI Al-Munawwar Tulungagung tahun anutan 2010-2011.
Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah pengalaman serta wawasan dalam bidang penulisan maupun penelitian. Bagi SDI Al-Munawwar Tulungagung sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka peningkatan mutu kualitas pengajaran baik bagi guru maupun forum pendidikan. Bagi penerima didik bermanfaat untuk sanggup meningkatkan hasil berguru dan bagi para pembaca sebagai materi masukan atau rujukan yang cukup berarti.
Pendekatan penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian tindakan ini ialah penerima didik kelas IV A SDI Al-Munawwar Tulungagung. Metode pengumpulan data : (1)  Tes, (2)  Observasi, (3)  Wawancara, (4)  Catatan lapangan. Model analisis : Analisis data yang dipakai ialah model alir (1)  Reduksi data, (2)  Menyajikan data, (3)  Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan metode discovery sanggup meningkatkan hasil berguru penerima didik. Hal ini ditunjukkan dengan hasil berguru penerima didik pada tes siklus I nilai rata-rata yang diperoleh penerima didik ialah 75,2 dan lalu pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh 83,4. Berdasarkan hasil penelitian, maka sanggup disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan memakai metode discovery sanggup meningkatkan hasil berguru penerima didik kelas IV A SDI Al-Munawwar Tulungagung pada tahun anutan 2010-2011.

0 Response to "Penggunaan Metode Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Berguru Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Bahan Energi Panas Pada Penerima Didik Kelas Iv A Sdi Al-Munawwar Tulungagung (Ipa-1)"