Upaya Guru Mata Pelajaran Aqidah Moral Dalam Peningkatan Prestasi Berguru Akseptor Siswa Kelas X Madrasah Aliyah (Ma) Darul Huda Wonodadi Blitar (Pai-59)


Fokus penelitian: (1) Bagaimana prestasi mencar ilmu peserta didik kelas X di Madrasah Aliyah (MA) Darul Huda Wonodadi Blitar? (2) Bagaimana upaya guru aqidah adat dalam meningkatkan prestasi mencar ilmu peserta didik kelas X di Madrasah Aliyah (MA) Darul Huda Wonodadi Blitar? (3) Apa saja faktor penghambat dan pendukung guru aqidah adat dalam meningkatkan prestasi mencar ilmu peserta didik kelas X di Madrasah Aliyah (MA) Darul Huda Wonodadi Blitar?

Jenis penelitian yang dipakai kualitatif, sedangkan contoh penelitian deskriptif, lokasi penelitian di Madrasah Aliyah Darul Huda Wonodadi Blitar, kehadiran peneliti dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrumen utama, yaitu sebagai pelaksana, pengamat, dan sekaligus sebagai pengumpul data. Sebagai pelaksana, peneliti melaksanakan penelitian ini di Madrasah Aliyah (MA) Darul Huda Wonodadi Blitar. Sumber data dalam penelitian ini adalah subjek darimana data sanggup diperoleh, mekanisme pengumpulan data memakai observasi partisipan, wawancara mendalam, metode dokumentasi,  teknik analisis data memakai reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan, deduksi, komparasi dan induksi, pengecekan keabsahan data memakai ketekunan pengamatan, triangulasi, investigasi sejawat, tahap-tahap penelitian tahap para lapangan dan tahap kerja lapangan.
Kemudian bagaimana upaya guru aqidah adat dalam meningkatkan prestasi mencar ilmu peserta didik kelas X di Madrasah Aliyah (MA) Darul Huda Wonodadi Blitar sebagai berikut: selalu memberi motivasi peserta didik kelas X selalu ulet mencar ilmu setiap hari. Guru selalu melaksanakan penilaian setiap selesai pembelajaran di dalam kelas, dalam pengambilan materi tidak hanya Lembar Kerja Siswa tetapi juga memakai buku paket dan buku lainnya yang menunjang materi tersebut, penugasan kepada siswa untuk menuntaskan soal-soal yang ada pada materi pelajaran, guru aqidah adat menuntut siswa menghafal sebagian materi yang dianggap paling penting. Selanjutnya mengenai faktor penghambat dan pendukung guru aqidah adat dalam upaya meningkatkan prestasi mencar ilmu peserta didik kelas X di Madrasah Aliyah (MA) Darul Huda Wonodadi Blitar sebagai berikut: Yang pertama faktor penghambat, sebagian anak belum proaktif dalam mengikuti proses pembelajaran, penerimaan siswanya tidak melalui pemilihan secara cermat dalam arti mendapatkan murid dengan apa adanya, di dalam proses mencar ilmu mengajar sebagian siswa masih berfokus pada materi bimbing yang minim ibarat Lembar Kerja Siswa, tidak berusaha memakai buku yang menambah materi ajar, sebagian siswa banyak yang malas dalam mengikuti proses pembelajaran. Yang kedua faktor pendukung seorang guru aqidah adat dalam meningkatkan prestasi mencar ilmu peserta didik yaitu sarana media belajarnya memadai untuk dipakai proses mencar ilmu mengajar, suasana lingkungan sekolah di dalam lingkungan pondok pesantren yang kondusif, sehingga sanggup membuat suasana mencar ilmu yang aman pula sehingga guru akan lebih gampang dalam memberikan materi belajar.

0 Response to "Upaya Guru Mata Pelajaran Aqidah Moral Dalam Peningkatan Prestasi Berguru Akseptor Siswa Kelas X Madrasah Aliyah (Ma) Darul Huda Wonodadi Blitar (Pai-59)"