RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester : I / I
Materi Pokok : Aku Cinta Al Quran
Alokasi Waktu : 2 x 4 jam ( 2 x Pertemuan )
A. Kompetensi Inti :
KI 1 : Menerima dan menjalankan fatwa agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terperinci dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar | Indkator Pencapaian Kompetensi |
1.1 Terbiasa membaca basmalah setiap memulai berguru Al-Qur’an | 1.1.1 Memahami bacaan basmalah dengan benar 1.1.2 Mendemonstrasikan bacaan basmalah dengan benar 1.1.3 Membiasakan membaca basmalah setiap memulai belajar Al-Qur’an 1.1.4 Siswa menyimpulkan pentingnya bacaan basmalah |
2.1 Menunjukkan sikap percaya diri dalam melafalkan huruf-huruf hijaiyah dan harakatnya | 2.1.1 Menampilkan sikap percaya diri dalam melafalkan huruf-huruf hijaiyah dan harakatnya |
3.1 Mengetahui huruf-huruf hijaiyah dan harakatnya secara lengkap | 3.1.1 Menyebutkan huruf-huruf hijaiyah beserta harakatnya secara lengkap |
4.1 Melafalkan huruf-huruf hijaiyah dan harakatnya secara lengkap | 4.1.1 Mengelompokkan huruf-huruf hijaiyah yang berharakat fathah berbunyi “o” dan berbunyi “a” |
C. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui pola yang diberikan guru, siswa sanggup melafalkan basmalah dengan benar;
2. Melalui instruksi guru, siswa bisa mendemonstrasikan bacaan basmalah dengan benar.
3. Melalui motivasi dari guru, siswa bisa membiasakan membaca basmalah pada setiap kegiatan
4. Melalui klarifikasi guru siswa bisa menyimpulkan pentingnya bacaan basmlah.
5. Dengan instruksi guru, siswa bisa menampilkan sikap percaya diri dalam melafalkan huruf-huruf hijaiyah beserta harakatnya
6. Dengan sumbangan guru, siswa bisa menghafalkan huruf-huruf hijaiyah beserta harakatnya
7. Melalui diskusi dan arahan guru, siswa bisa mendemonstrasikan pelafalan huruf-huruf hijaiyah beserta harakatnya
D. Materi Pembelajaran
Melafalkan bacaan basmalah dengan benar
Menghafalkan bacaan basmalah dengan benar
Melafalkan huruf-huruf hijaiyah beserta harakatnya dengan benar
Menghafalkan huruf-huruf hijaiyah beserta harakatnya dengan benar
Contoh acara yang diawali dengan basmalah
0 Response to "Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( Rpp ) Pai Kurikulum 2013 Kelas 1 Sd Tema 1 Basmalah"