Angin Darat Dan Angin Laut

Pengertian Angin Darat dan Angin Laut 
Angin darat dan angin maritim merupakan jenis angin lokal yang terjadi di wilayah pantai dan sekitarnya. Massa daratan memiliki sifat fisik cepat mendapatkan panas dan cepat pula melepaskan, massa lautan lambat dalam menyerap panas dan lambat pula melepaskannya.  

Sifat ini mengakibatkan perbedaan tekanan udara pada kedua daerah tersebut dalam waktu yang bersamaan. Pada siang hari daratan lebih cepat mendapatkan panas, sehingga udara menjadi panas kemudian memuai dan bertekanan lebih rendah dari lautan. Perbedaan tekanan ini mengakibatkan bertiupnya angin dari maritim ke darat. Angin dari maritim ke darat ini disebut angin laut.  

Pada malam hari, daratan lebih cepat melepaskan panas dan lautan lebih lambat. Hal ini mengakibatkan temperatur udara di atas maritim lebih hangat dibandingkan di daratan. Sebagai akibatnya, tekanan udara di daratan lebih tinggi dibandingkan di laut. Perbedaan tekanan udara ini mengakibatkan udara bergerak dari darat ke maritim menjadi angin darat. Pergerakan angin darat dan angin maritim ini dipergunakan oleh nelayan yang masih mengandalkan layar untuk pulang dan pergi mencari ikan di laut.

0 Response to "Angin Darat Dan Angin Laut"