Aplikasi Pendekatan Masalah Solving Dalam Meningkatkan Prestasi Berguru Matematika Siswa Pada Bahan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas Viiib Mts Assyafi’Iyah Gondang Tulungagung (Pmt-14)

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kompleksitas permasalahan pendidikan matematika di MTs Assafi’iyah Gondang Tulungagung, yaitu pada menurunnya prestasi mencar ilmu matematika siswa, dan bagaimana meningkatkan prestasi mencar ilmu matematika siswa
Prestasi mencar ilmu matematika yang dialami siswa kelas VIIIB MTs Assafi’yah Gondang Tulungagung, selain dipengaruhi oleh faktor siswa juga dari faktor guru. Maka peneliti menghubungkan antara pendekatan mengajar dengan minat mencar ilmu matematika siswa kelas VIIIB MTs Assafi’iyah Gondang Tulungagung, fokus penelitian  ini yakni (1) Bagaimana  aplikasi pendekatan problem solving dalam meningkatkan prestasi mencar ilmu matematika siswa kelas VIIIB pada bahan sistem persamaan linear dua variabel di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun Pelajaran 2011/2012 ? (2) Bagaimana hasil pendekatan problem solving dalam meningkatkan prestasi mencar ilmu matematika siswa kelas VIIIB pada bahan sistem persamaan linear dua variabel di MTs Assafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun Pelajaran 2011/2012.
Pola penelitian ini yakni penelitian tindakan kelas yaitu dengan meneliti  siswa kelas VIIIB MTs Assafi’iyah Gondang Tulungagung. Metode pengumpulan data skripsi ini yaitu (1) Tes (2) Tugas (3) Wawancara (4) Observasi (5) Catatan Lapangan. Model analisa data yang dipakai yaitu model air (flow model) yang mencakup (1) Reduksi data (2) Menyajikan data (3) Menarik kesimpulan.
Adapun tujuan penelitian yaitu (1) untuk mengetahui  aplikasi pendekatan problem solving dalam meiningkatkan prestasi mencar ilmu matematika. Siswa kelas VIIIB pada bahan sistem persamaan linear dua variabel di MTs Assafi’iyah Gondang Tulungagung. (2) untuk mengetahui hasil pendekatan problem solving dalam meningkatkan prestasi mencar ilmu matematika siswa kelas VIIIB pada bahan sistem persamaan linear dua variabel di MTs Assafi’iyah Gondang Tulungagung.


Hasil penelitian setara empiris mengambarkan pembelajaran dengan pendekatan problem solving membantu meningkatkan prestasi mencar ilmu siswa pada bahan sistem persamaan linear dua variabel. Pembelajaran ini dilakukan dengan setting belajar kelompok dan individu. Dalam hal ini, siswa diminta memecahkan permasalahan yang diberikan dengan caranya sendiri. Dari hasil penelitian juga ditemukan bahwa pemahaman siswa terhadap bahan sistem persamaan linear dua variabel yakni baik dan siswa juga aktif dalam kerja serta diskusi kelompok.
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan pada guru semoga melakukan pembelajaran bahan sistem persamaan linear dua variabel dengan pendekatan problem solving sehingga lebih memperdalam pemahamannya terhadap bahan sistem persamaan linier dua variabel sebagai upaya meningkatkan prestasi  belajar matematika siswa.

0 Response to "Aplikasi Pendekatan Masalah Solving Dalam Meningkatkan Prestasi Berguru Matematika Siswa Pada Bahan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas Viiib Mts Assyafi’Iyah Gondang Tulungagung (Pmt-14)"