Efektivitas Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pengajaran Ipa Terhadap Prestasi Berguru Siswa Sd Inpres Pajjai Makassar (Pbio-13)

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Masalah pendidikan merupakan problem yang cukup kompleks, alasannya ialah terkait dengan problem kuantitas, problem kualitas, problem relevansi dan problem efektivitas. Masalah kuantitas timbulsebagai akhir korelasi antara pertumbuhan sistem pendidikan dan pertumbuhan penduduk.

Masalah kualitas ialah problem bagaimana meningkatkan kemampuan sumber daya manusia. Masalah kualitas pendidikan merupakan problem yang cukup serius di dalam rangka kelangsungan hidup brbangsa dan bernegara, dakam konteks korelasi bangsa dengan beradapan dunia. Penanganan problem aspek kualitas bekerjasama erat dengan penanganan aspek kuantitas, oleh karenannya perlu ada keseimbangan antara keduanya.



Masalah relevansi timbul dari korelasi antara sistem pendidikan dan pembangunan nasional, dan cita-cita masyarakat wacana peningkatan output pendidikan. Masalah efektivitas merupakan problem kemampuan pelaksanaan pendidikan. Sedangkan problem efisiensi pada hakekatnya juga merupakan problem pengelolaan pendidikan.

Sehubungan dengan aspek permasalahan aspek di atas pemerintah telah banyak melaksanakan serangkaian kegiatan secara terus menerus melalui tahapan pembangunan di bidang pendidikan. Kesemunya diarahkan pada pencapaian peningkatan mutu pendidikan atau menyangkut aspek kualitas pendidikan.

Berdasarkan uraian di atas, maka pembangunan pendidikan kini harus mengalami perubahan. Misalnya penyampaian pelajaran tidaklah cukup dengan mengutarakan secara goresan pena saja. Ini berarti bahwa sistem intruksional menghendaki para pengajar berusaha menimbulkan keterlibatan mental maupun fisik siswa dalam proses pengajaran. Sehingga pengajaran yang efektif dan berhasil guna sanggup tercapai untuk menunjang pencapaian tujuan. Hal ini menuntut pihak pengajar sedapat mungkin mencari pola organisasi pengajaran yang sempurna sebagai alternatif yang sesuai dengan karakteristik materi yang diajarkan. Salah satu acuannya ialah analisis materi atau strukturisasi konsep.
Untuk mewujudkan cita-cita tersebut di atas, perlu dilakukan pembaharuan pendidikan yang dituangkan dalam banyak sekali kegiatan pembaharuan pendidikan. Misalnya perubahan kurikulum, pemberdayaan guru-guru bidang studi melalui penataran, pengadaan buku-buku paket serta pemilihan metode dan pendekatan pengajaran yang tepat.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan dari latar belakang tersebut di atas, maka sanggup dirumuskan problem penelitian yaitu “Apakah penggunaan pendekatan keterampilan proses dalam pengajaran IPA besar lengan berkuasa atau efektif terhadap prestasi berguru siswa SD Inpres Pajjai Makassar khususnya mata pelajaran IPA ”.
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
1. Tujuan penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan penelitian yakni untuk mengetahui apakah penggunaan pendekatan keterampilan proses dalam pengajaran IPA besar lengan berkuasa atau efektif terhadap prestasi berguru siswa SD Inpres Pajjai Makassar khususnya mata pelajaran IPA.
2. Manfaat Penelitian
Secara umum dibutuhkan penelitian ini sanggup bermanfaat bagi penerima didik, pendidik, forum pendidikan dalam meningktakan kualitas pendidikan. Secara khusus penelitian ini dibutuhkan memperlihatkan gosip wacana bagaimana imbas pendekatan keterampilan proses dalam pengajaran IPA yang selanjutnya sanggup dijadikan sebagai materi pertimbangan melaksanakan pengajaran IPA di Sekolah Dasar.

0 Response to "Efektivitas Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pengajaran Ipa Terhadap Prestasi Berguru Siswa Sd Inpres Pajjai Makassar (Pbio-13)"