Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Prestasi Berguru Ipa-Biologi Siswa Sd Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar (Pbio-11)

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Pembangunan di bidang pendidikan sebagai salah satu bab dari pembangunan Nasional, perlu diwujudkan guna peningkatan dan kemajuan sektor pendidikan. Merosotnya kualitas pendidikan banyak menerima sorotan dari masyarakat, akseptor lulusan kependidikan, para pendidik dan pemerintah. Oleh alasannya ialah itu pemerintah berupaya semaksimal mungkin mengadakan perbaikan dan penyempurnaan di bidang pendidikan. Sebagai langkah antisipasi, maka pendidikan banyak diarahkan pada penataan proses belajar, penggunaan dan pemilihan media berguru secara tepat. Kesemuanya dimaksudkan untuk pencapaian hasil berguru semaksimal mungkin.

Belajar ialah suatu proses yang kompleks yang terjadi pada semua orang dan berlangsung seumur hidup. Salah satu mengambarkan bahwa seorang telah berguru suatu ialah perubahan tingkah laris dalam dirinya. Perubahan tingkah laris tersebut menyangkut baik perubahan yang bersifat pengetahuan (kognitif) dan keterampilan (psikomotor) maupun yang menyangkut nilai dan perilaku (apektif).



Perubahan tersebut hendaknya terjadi sebagai akhir interaksi dengan lingkungannya melalui proses berguru mengajar. Dimana guru berikan satu-satunya sumber belajar, walaupun tugas, peranan dan fungsinya dalam proses berguru menagajar sangatlah penting.
Melihat sedemikian kompleksnya duduk masalah proses berguru mengajar dan kiprah guru, maka dalam pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam proses belajr mengajar perlu dikembangkan iklim kandusif yang sanggup menumbuhkan perilaku dan prilaku berguru secara wajar. Untuk itu pembelajaran dengan memakai media, khususnya media gambar sanggup dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk hal tersebut.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan dari latar belakang duduk masalah tersebut di atas, maka sanggup dirumuskan duduk masalah “Apakah ada imbas penggunaan media gambar terhadap prestasi berguru IPA-Biologi siswa SD Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar.

C. Tujuan Penelitian
Berdasar dari rumusan duduk masalah di atas, maka penelitian ini diarahkan untuk mengungkap apakah ada imbas penggunaan media gambar terhadap prestasi berguru IPA-Biologi siswa SD Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar.

D. Manfaat Penelitian
Dalam penelitian ini terdapat beberapa manfaat yang diperlukan penulis sehabis penelitian dilaksanakan.
1. Sebagai materi info ihwal imbas penggunaan media gambar terhadap prestasi berguru IPA-Biologi siswa SD Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar.
2. Sebagai materi masukan untuk guru; untuk dipertimbangkan dalam pemilihan media sebelum pelaksanaan proses berguru mengajar. Oleh alasannya ialah hasil penelitian ini merupakan bukti secara ilmiah.
3. Hasil penelitian ini sedapat mungkin menjadi alasan rekomendasi untuk memakai media gambar dalam proses berguru mengajar.

0 Response to "Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Prestasi Berguru Ipa-Biologi Siswa Sd Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar (Pbio-11)"