Efektivitas Penggunaan Metode Ekspositori Dan Model Pembelajaran Individual Berbantuan Modul Terhadap Prestasi Berguru Matematika Siswa Kelas Viii Smpn 1 Sumbergempol (Pmt-11)

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh, dalam aktivitas mencar ilmu mengajar tidak semua anak didik bisa berkonsentrasi dalam waktu yang relatif lama. Daya serap anak didik terhadap materi yang diberikan juga bermacam, ada yang cepat, ada yang sedang, dan ada yang lambat. Terhadap perbedaan daya serap anak didik sebagaimana tersebut di atas, memerlukan taktik pengajaran yang tepat. Model pembelajaran individual berbantuan modul memperlihatkan solusi terhadap dilema siswa yang beraneka ragam tersebut. Sehingga dengan pengajaran modul tersebut diharapkan sanggup meningkatkan prestasi mencar ilmu siswa alasannya yaitu modul merupakan unit pengajaran terkecil dan lengkap, berisi rangkaian aktivitas mencar ilmu yang dirancang secara sistematis, berisi tujuan mencar ilmu yang dirumuskan secara terperinci dan khusus, memungkinkan siswa mencar ilmu mandiri, dan merupakan realisasi perbedaan individual serta perwujudan model pembelajaran individual.
Rumusan dilema dalam penulisan skripsi ini yaitu (1) Bagaimanakah efektivitas metode ekspositori terhadap prestasi mencar ilmu siswa? (2) Bagaimanakah efektivitas model pembelajaran individual berbantuan modul terhadap prestasi mencar ilmu siswa? (3) Bagaimanakah perbedaan prestasi mencar ilmu matematika antara siswa yang diajar memakai metode ekspositori dan siswa yang diajar memakai model pembelajaran konvensional? (4) Bagaimanakah perbedaan prestasi mencar ilmu matematika antara siswa yang diajar memakai model pembelajaran individual berbantuan modul dan siswa yang diajar memakai model pembelajaran konvensional? (5) Bagaimanakah perbedaan prestasi mencar ilmu matematika antara siswa yang diajar memakai metode ekspositori dan siswa yang diajar memakai model pembelajaran individual berbantuan modul?

Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini yaitu (1) Untuk mengetahui efektivitas metode ekspositori terhadap prestasi mencar ilmu siswa (2) Untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran individual berbantuan modul terhadap prestasi mencar ilmu siswa (3) Untuk mengetahui perbedaan prestasi mencar ilmu matematika antara siswa yang diajar memakai metode ekspositori dan siswa yang diajar memakai model pembelajaran konvensional (4) Untuk mengetahui perbedaan prestasi mencar ilmu matematika antara siswa yang diajar memakai model pembelajaran individual berbantuan modul dan siswa yang diajar memakai model pembelajaran konvensional (5) Untuk mengetahui perbedaan prestasi mencar ilmu matematika antara siswa yang diajar memakai metode ekspositori dan siswa yang diajar memakai model pembelajaran individual berbantuan modul.
Skripsi ini bermanfaat bagi kepala sekolah sebagai masukan untuk memilih haluan kebijakan dalam membantu meningkatkan prestasi mencar ilmu matematika siswa. Bagi guru, hasil penelitian ini diharapkan sanggup dijadikan materi masukan untuk memperbaiki aktivitas pembelajaran, khususnya wacana penggunaan metode pembelajaran ekspositori dan model pembelajaran individual berbantuan modul. Bagi siswa, hasil penelitian ini diharapkan akan sanggup meningkatkan prestasi mencar ilmu matematika siswa. Bagi peneliti, hasil penelitian ini sanggup dijadikan pijakan untuk membuatkan penelitian lainnya khususnya di bidang pendidikan.
Dalam penelitian ini dipakai metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Metode observasi dipakai untuk mengumpulkan data-data yang diharapkan dalam suatu penelitian. Seperti keadaan sekolah, sarana prasarana, dan sebagainya. Tes ini dipakai untuk mengungkap wacana penguasaan siswa terhadap bahan-bahan atau materi yang telah diajarkan. Metode wawancara dipakai untuk memperoleh info dari terwawancara yaitu wacana letak geografis dan keadaan sarana prasarana SMPN I Sumbergempol. Sedangkan metode dokumentasi dipakai sebagai jalan untuk melaksanakan penelitian (pengumpulan data) wacana sejarah berdirinya SMPN I Sumbergempol, dan data-data wacana struktur organisasi, keadaan guru, pegawai, dan siswa SMPN I Sumbergempol.
Setelah penulis mengadakan penelitian dengan memakai beberapa metode di atas, penulis memakai rumus prosentase untuk mengetahui efektivitas suatu metode pembelajaran. Sedangkan untuk mengetahui perbedaannya penulis  menggunakan anava (analisis variansi) dan uji komparasi ganda. Setelah data dianalisis, kesudahannya sanggup disimpulkan bahwa (1) Penggunaan metode ekspositori cukup efektif jikalau dipakai untuk meningkatkan prestasi mencar ilmu matematika siswa. (2) Penggunaan model pembelajaran individual berbantuan modul sangat efektif jikalau dipakai untuk meningkatkan prestasi mencar ilmu matematika siswa. (3) Terdapat perbedaan prestasi mencar ilmu matematika antara siswa yang diajar memakai metode ekspositori dan model pembelajaran konvensional. (4) Tidak terdapat perbedaan prestasi mencar ilmu matematika antara siswa yang diajar memakai model pembelajaran individual berbantuan modul dan siswa yang diajar dengan memakai model pembelajaran konvensional. (5) Terdapat perbedaan prestasi mencar ilmu matematika antara siswa yang diajar memakai metode ekspositori dan model pembelajaran individual berbantuan modul.

0 Response to "Efektivitas Penggunaan Metode Ekspositori Dan Model Pembelajaran Individual Berbantuan Modul Terhadap Prestasi Berguru Matematika Siswa Kelas Viii Smpn 1 Sumbergempol (Pmt-11)"