Pengaruh Pembelajaran Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Berguru Matematika Penerima Didik Kelas Vii Pada Bahan Segi Tiga Di Smp Negeri 1 Boyolangu (Pmt-19)



Untuk mengatasi ketidaksenangan penerima didik terhadap matematika diharapkan adanya pembenahan baik di tenaga pendidikan maupun penerima didik itu sendiri. Apabila pendidik bisa meningkatkan minat mencar ilmu penerima didik terhadap matematika, diharapkan kesulitan bisa diatasi. Untuk itu sangat diharapkan seorang tenaga pendidikan yang kreatif dan profesional yang bisa memakai pengetahuan dan kecakapannya dalam memakai pengetahuan dan sanggup membawa perubahan dalam tingkah laris anak didiknya.
Banyak pendekatan pengajaran yang merangsang penerima didik untuk mencar ilmu mandiri, kreatif, dan lebih aktif dalam mengikuti acara pembelajaran. Salah satu pendekatan pengajaran yang bisa dipakai dalam taktik pembelajaran matematika yang memberi kesempatan kepada penerima didik untuk mencar ilmu mandiri, lebih aktif, dan kreatif yakni dengan pendekatan Reciprocal Teahing. Reciprocal Teaching merupakan suatu pendekatan terhadap pengajaran penerima didik akan strategi-strategi belajar, yang menerapkan empat taktik yaitu: menyimpulkan materi ajar, menyusun pertanyaan dan menyelesaikan, menjelaskan kembali pengetahuan yang telah diperoleh, kemudian memprediksikan pertanyaan apa yang selanjutnya dari duduk masalah yang disodorkan kepada siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni 1) Adakah Pengaruh Pembelajaran Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika penerima didik kelas VII Pada Materi Segi Tiga Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Boyolangu Tahun Pelajaran 2010/2011?. 2) Seberapa besar Pengaruh Pembelajaran Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika penerima didik kelas VII Pada Materi Segi Tiga Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Boyolangu Tahun Pelajaran 2010/2011?
Tujuan dari penelitian ini yakni 1) untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika penerima didik kelas VII Pada Materi Segi Tiga Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Boyolangu Tahun Pelajaran 2010/2011. 2) untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Pembelajaran Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika penerima didik  kelas VII Pada Materi Segi Tiga Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Boyolangu Tahun Pelajaran 2010/2011.

Pola penelitian yang dipakai yaitu eksperimen, variabel bebas (X) dalam penelitian ini yakni efek pendekatan reciprocal teaching. Sedangkan variabel terikatnya (Y) yakni hasil mencar ilmu matematika peserta didik  kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Boyolangu. populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Boyolangu yang berjumlah 321 peserta didik. Dalam pengambilan sampel dipakai teknik purposive sampling yaitu diambil dengan tujuan. Sampel yang dipakai dalam penelitian ini sebanyak 74 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Boyolangu mulai tanggal 09-31 Mei 2011. Teknik yang dipakai untuk pengambilan data yaitu observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan teknik analisis t-test.
Dari hasil penelitian (1) Ada efek yang signifikan pendekatan reciprocal teaching terhadap hasil mencar ilmu matematika peserta didik kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Boyolangu pada materi segitiga dengan nilai thitung (= 4,747) > ttabel (5% = 2,000), yang berarti bahwa nilai thitung lebih dari nilai ttabel pada taraf 5%  (2). Sedangkan besar efek pendekatan reciprocal teaching terhadap hasil mencar ilmu matematika peserta didik kelas VII pada materi segi tiga di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Boyolangu yakni 19,94%.
Mengacu dari hasil penelitian tersebut sanggup diajukan beberapa saran, yaitu: (1) Bagi Kepala Agar tujuan Pendidikan Nasional sanggup tercapai secara maksimal sebagai kepala sekolah seharusnya selalu megupayakan dan meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan, guna mengembangkan mutu pendidikan khususnya matematika. (2) Bagi guru, Agar para peserta didik semangat untuk selalu mencar ilmu dengan ulet maka guru seharusnya berusaha untuk  meningkatkan keilmuannya untuk meningkatkan hasil mencar ilmu peserta didik. (3 ) Hendaknya peserta didik sanggup meningkatkan belajarnya dengan semangat yang tinggi demi tercapainya hasil mencar ilmu yang maksimal. (4) Diharapkan sanggup menyebarkan pengetahuannya yang berkaitan dengan mencar ilmu  peserta didik. Sehingga peserta didik menjadi lebih aktif dalam pembelajaran.

0 Response to "Pengaruh Pembelajaran Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Berguru Matematika Penerima Didik Kelas Vii Pada Bahan Segi Tiga Di Smp Negeri 1 Boyolangu (Pmt-19)"