Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Berdiri Ruang Sisi Datar (Prisma Dan Limas) Siswa Kelas Viii Di Smp Islam Durenan (Pmt-20)



Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh Kurang maksimalnya proses aktivitas berguru mengajar siswa di sekolah Itu disebabkan, metode pembelajaran dan modul pembelajaran yang dipakai masih bersifat konvensional, sehingga iswa cepat bosan dan pada akibatnya bsebagian siswa belum memahami konsep yang sudah diajarkan. Salah satu solusi untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa terhadap pelajaran matematika yaitu menerapkan model  pembelajaran Inquiry. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII A Sekolah Menengah Pertama Islam Durenan, Trenggalek.
Permasalahan (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran inquiry terhadap pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan bangkit ruang sisi datar (prisma dan limas) siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Islam Durenan? (2) Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran inquiry terhadap pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan bangkit ruang sisi datar (prisma dan limas) siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Islam Durenan?
Pola penelitian dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental. Sumber data dalam penelitian eksperimen ini yaitu siswa kelas VIII A Sekolah Menengah Pertama Islam Durenan yang diambil menurut teknik purposive sampling. Metode dan Instrumen pengumpulan data (1). Tes, (2) Wawancara, (3) Observasi, (4) Dokumentasi. Teknik analisis data data yang diambil dari hasil pretest dan posttest yang dianalisis dengan metode statistic memakai uji-t.
Tujuan Penelitian (1) Untuk mengetahui efek penerapan model pembelajaran Inquiry terhadap pemahaman  konsep matematika pada pokok bahasan bangkit ruang sisi datar (prisma dan limas) siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Islam Durenan. (2). Untuk mengetahui seberapa besar efek penerapan model pembelajaran Inquiry terhadap pemahaman  konsep matematika pada pokok bahasan bangkit ruang sisi datar (prisma dan limas) siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Islam Durenan.
Hasil Penelitian Penerapan model pembelajaran Inquiry kelas VIII A di Sekolah Menengah Pertama Islam Durenan sangat membantu siswa dalam pembelajaran matematika. Karena dengan adanya penerapan model model pembelajaran Inquiry ini, siswa sanggup lebih gampang  memahami konsep yang abnormal dalam pembelajaran matematika. Sehingga model pembelajaran inquiry ini bisa menciptakan mata pelajaran matematika yang dianggab sulit dan menyeramkan menjadi lebih menarik dan menyenangkan serta bisa dengan gampang diterima siswa. Jadi sanggup disimpulkan bahwa ada efek penerapan efek penerapan model pembelajaran Inquiry terhadap pemahaman  konsep matematika pada pokok bahasan bangkit ruang sisi datar (prisma dan limas) siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Islam Durenan

Saran-saran : (1) Hasil Penelitian ini mengatakan bahwa model pembelajaran inquiry sanggup meningkatkan pemahaman konsep matematika. Oleh lantaran itu dibutuhkan guru bidnag study matematika untuk memakai model pembelajaran inquiry sebagai alternative pembelajaran matematika. (2) Mengingat banyak hal faktual yang sanggup diperoleh ibarat meningkatkan pemahaman konsep matematika, maka harus diperhatikan cara penyampaian materi, metode yang digunakan, pengolahan kelas yang baik dan pengaturan waktu  pembelajaran seefisien mungkin sehingga tidak mengganggu proses berguru mengajar.

0 Response to "Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Berdiri Ruang Sisi Datar (Prisma Dan Limas) Siswa Kelas Viii Di Smp Islam Durenan (Pmt-20)"