Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Luas Bangkit Datar Dengan Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas Vii Mts Psm Jeli Karangrejo Tulungagung Tahun Aliran 2009/2010 (Pmt-20)

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran di sekolah, dimana siswa kurang mengusai bahan bangkit datar segi empat. Salah satu penyebabnya yaitu penggunaan metode pembelajaran. Dari pengalaman selama ini, cara guru mengajar menekankan pada penguasan konsep belaka. Konsep merupakan hal yang sangat penting, namun bukan terletak pada konsep itu sendiri tetapi terletak pada bagaimana sikap, keputusan dan cara-cara memecahkan masalah. Untuk itu peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut  dengan mengubah taktik dan metode yang dipakai dalam proses mencar ilmu mengajar di dalam kelas yaitu dengan pendekatan pembelajaran berbasis kontekstual. Dengan pendekatan pembelajaran berbasis kontekstual ini, siswa diajak untuk berpikir kritis dan terampil memecahkan dilema serta bisa memahami konsep dan cara mengaitkannya dalam kehidupan nyata.
Yang menjadi fokus dalam  penelitian ini yaitu 1. Bagaimana upaya meningkatkan penguasaan konsep luas bangkit datar segi empat dengan memakai pembelajaran berbasis kontekstual siswa kelas VIIIA MTs PSM Jeli Karangrejo tahun anutan 2009/2010 2. Bagaimana tingkat penguasaan penerima didik terhadap konsep luas bangkit datar segi empat dengan memakai pembelajaran berbasis kontekstual siswa kelas VIIIA MTs PSM Jeli Karangrejo tahun anutan 2009/2010
Adapun yang menjadi menjadi tujuan penelitian ini yaitu 1)  Untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam meningkatkan penguasaan konsep luas bangkit datar segi empat dengan pendekatan pembelajaran kontekstual siswa kelas VIII MTs PSM Jeli, Karangrejo, Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010, 2) Untuk mengetahui tingkat penguasan penerima didik terhadap konsep luas bangkit datar segi empat dengan pendekatan pembelajaran kontekstual siswa kelas VIII MTs PSM Jeli, Karangrejo, Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010
Pendekatan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian tindakan kelas. Data yang dikumpulkan ada dua jenis yaitu data kuantitaf  yang tediri dari hasil tes yang dinilai dengan skor  dan data kualitatif yang terdiri dari hasil wawancara, catatan lapangan dan hasil obervasi.Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas VIIIA MTs PSM Jeli, Karangrejo, Tulungagung. Untuk pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dipakai triangulasi, ketekunan pengamatan, diskusi dengan teman sejawat dan guru matematika serta konsultasi dengan pembimbimg.
Untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan penguasaan konsep luas bangkit datar segi empat dengan pendekatan pembelajaran kontekstual siswa kelas VIII MTs PSM Jeli, Karangrejo, Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010, dalam penelitian ini dilakukan dua siklus, yang sebelumnya diadakan observasi awal. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Kemudian perencanaan kembali sama menyerupai pelaksanaan siklus pertama.

Dengan diterapkan pendekatan kontekstual sanggup disimpulakan bahawa penguasaan siswa pada konsep luas bangkit datar dengan pendekatan kontekstual adalah sangat baik. Hal ini ditunjukkan pada hasil yang dicapai siswa pada tes awal nilai rata-rata 57,69 mengalami peningkatan sesudah dilaksanakan tindakan. Pada siklus I dengan nilai rata-rata 83,75% dan pada siklus II penguasaan siswa mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan hasil nilai rata-rata 88,57%.

0 Response to "Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Luas Bangkit Datar Dengan Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas Vii Mts Psm Jeli Karangrejo Tulungagung Tahun Aliran 2009/2010 (Pmt-20)"