Pengaruh Perhatian Orangtua Dan Minat Berguru Dengan Prestasi Berguru Siswa (Bk-4)



Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara perhatian orang bau tanah dengan prestasi berguru siswa, hubungan antara minat berguru dengan prestasi berguru siswa, dan antara perhatian orang bau tanah dan minat belajar  dengan prestasi berguru siswa, dan derma efektif antara perhatian orang bau tanah dan minat berguru dengan prestasi berguru siswa kelas II Sekolah Menengan Atas PGRI 2 Kajen Pekalongan tahun Pelajaran 2004/2005.
Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas II Sekolah Menengan Atas PGRI 2 Kajen Pekalongan tahun Pelajaran 2004/2005 sebanyak 150 siswa dan diambil sebagai sampel sebanyak 38 siswa. Adapun teknik sampling yang dipakai yakni proporsional random sampling dengan sistem undian. Pengumpulan data dalam penelitian ini memakai angket tertutup untuk masing-masing variabel. Dalam pengujian hipotesis pertama dan kedua dipakai analisis regresi ganda. Kriteria penolakan  dan penerimaan uji hipotesis memakai taraf signifikan  5 %.
Berdasarkan hasil penelitian, ternyata hipotesis yang diajukan sanggup diterima. Terdapat hubungan yang positip dan signifikan antara perhatian orang tua, prestasi berguru siswa, ada hubungan yang positip antara minat berguru dengan prestasi berguru siswa. Dan ada hubungan yang positip antara perhatian orang bau tanah dan minat berguru dengan prestasi berguru siswa  kelas II Sekolah Menengan Atas PGRI 2 Kajen Pekalongan tahun Pelajaran 2004/2005. Dengan koefisien determinannya ( R2 ) = 0,381 Perhatian orang bau tanah berada pada kategori sedang dengan prosentase 78,9 %, minat berguru pada kategori tinggi  dengan prosentase 92,1 %, dan prestasi berguru siswa berada pada kategori sedang dengan prosentase 63,1 %. Adapun derma efektif yang diberikan secara keseluruhan, oleh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 102,6%.

0 Response to "Pengaruh Perhatian Orangtua Dan Minat Berguru Dengan Prestasi Berguru Siswa (Bk-4)"