Pengaruh Prestasi Berguru Mata Pelajaran Fiqih Terhadap Pengamalan Ibadah Siswa Kelas Viii Di Smp Islam Durenan Trenggalek (Pai-67)

Latar belakang: Mata pelajaran fiqih sebagai bab integral dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam mempunyai peranan yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan di Indonesia pada aspek spiritual siswa. Pengajaran agama akan kurang nilainya jikalau tidak besar lengan berkuasa atau membekas dalam kehidupan siswa ataupun dalam amal perbuatannya, sebaliknya pengajaran agama akan tinggi nilainya jikalau sanggup melahirkan siswa yang mau menunaikan kewajiban secara baik kepada Allah SWT. Idealnya yakni siswa yang mempunyai nilai baik dalam mata pelajaran Fiqih seharusnya juga aktif dalam pengamalan ibadahnya. Dalam konteks pembelajaran mata pelajaran fiqih sanggup diasumsikan bahwa semakin tinggi prestasi berguru siswa maka akan semakin baik pula pemahaman dan pengetahuan siswa perihal pengamalan ibadah yang baik dan benar sesuai tuntunan agama Islam.

Rumusan masalah: 1. Adakah dampak prestasi berguru mata pelajaran fiqih terhadap pengamalan ibadah bidang thaharah siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Islam Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2013/ 2014?. 2. Adakah dampak prestasi berguru mata pelajaran fiqih terhadap pengamalan ibadah bidang shalat lima waktu siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Islam Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2013/ 2014?. 3. Adakah dampak prestasi berguru mata pelajaran fiqih terhadap pengamalan ibadah bidang shalat jama’ah siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Islam Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2013/ 2014?. 4. Adakah dampak prestasi berguru mata pelajaran fiqih terhadap pengamalan ibadah siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Islam Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2013/ 2014?.
Tujuan Penelitian: 1. Untuk mengetahui  dampak prestasi berguru mata pelajaran fiqih terhadap pengamalan ibadah bidang thaharah siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Islam Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2013/ 2014. 2. Untuk mengetahui  dampak prestasi berguru mata pelajaran fiqih terhadap pengamalan ibadah bidang shalat lima waktu siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Islam Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2013/ 2014. 3. Untuk mengetahui  dampak prestasi berguru mata pelajaran fiqih terhadap pengamalan ibadah bidang shalat jama’ah siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Islam Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2013/ 2014. 4. Untuk mengetahui  dampak prestasi berguru mata pelajaran fiqih terhadap pengamalan ibadah siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Islam Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2013/ 2014.

Rancangan penelitian: Kuantitatif dengan analisis rancangan korelasional. Populasi: Siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Islam Durenan Trenggalek semester genap tahun pelajaran 2013/ 2014 yang berjumlah 147 siswa. Sampling: Stratified Proportional Random Sampling. Sampel: 44 siswa. Variabel bebas: Prestasi berguru mata pelajaran fiqih, variabel terikat: pengamalan ibadah, subvariabel terikat: thaharah, shalat lima waktu, shalat berjama’ah. Sumber data: responden, dokumentasi. Teknik pengumpulan data: angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data: 1. Teoritis: Metode deduktif 2. Empiris: Metode induktif melalui rumus hubungan product moment dengan pertolongan kegiatan Statistical Product and Service Solution (SPSS) 16.0 for windows.
Hasil penelitian: 1. Ada dampak nyata yang signifikan prestasi berguru fiqih terhadap pengamalan ibadah bidang thaharah siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Islam Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2013/ 2014. 2. Ada dampak nyata yang signifikan prestasi berguru fiqih terhadap pengamalan ibadah bidang shalat lima waktu siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Islam Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2013/ 2014. 3. Ada dampak nyata prestasi berguru fiqih terhadap pengamalan ibadah bidang shalat berjama’ah siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Islam Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2013/ 2014. 4. Ada dampak nyata yang signifikan prestasi berguru fiqih terhadap pengamalan ibadah siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Islam Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2013/ 2014.

0 Response to "Pengaruh Prestasi Berguru Mata Pelajaran Fiqih Terhadap Pengamalan Ibadah Siswa Kelas Viii Di Smp Islam Durenan Trenggalek (Pai-67)"