Strategi Pemasaran Pada Meubel “Surya Mandiri” Desa Ketanon Tulungagung Dalam Meningkatkan Hasil Penjualan Ditinjau Dari Akhlak Bisnis Islam (Sy-12)


Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh banyaknya persaingan yang terjadi pada perusahaan meubel di Kabupaten Tulungagung dan salah satunya terjadi pada Meubel Surya Mandiri Kabupaten Tulungagung. Bentuk persaingan yang terjadi berafiliasi erat dengan seni administrasi pemasaran yang diterapkan pada masing-masing perusahaan. Maka dari itu, peneliti akan meneliti terkait dengan srategi pemasaran yang ada di Meubel Surya Mandiri di Kabupaten Tulungagung.
Fokus dalam penelitian ini ialah 1. Bagaimana upaya untuk meningkatkan hasil penjualan pada Meubel Surya Mandiri di Desa Ketanon Tulungagung? 2. Bagaimana pelaksanaan seni administrasi pemasaran pada Meubel Surya Mandiri di Desa Ketanon Tulungagung? 3. Bagaimana seni administrasi pemasaran secara Islam dalam meningkatkan penjualan pada Meubel Surya Mandiri di desa Ketanon Tulungagung? 4.Bagaimana seni administrasi pemasaran pada Meubel Surya Mandiri di Desa Ketanon Tulungagung ditinjau dari Etika Bisnis Islam?

Dalam penelitian ini dipakai pendekatan penelitian kualitatif. Berdasarkan tingkat penjelasannya penelitian ini disebut penelitian deskriptif. Adapun jenis penelitian yang dipakai ditinjau dari sudut bidang yang diteliti ialah termasuk penelitian lapangan. Data dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dipakai ialah analisis data sebelum di lapangan, analisis data selama di lapangan, analisis data selama di lapangan yang mencakup analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, dan analisis tema kultural.
Hasil dari penelitian ini ialah sebagai berikut Pertama Untuk meningkatkan hasil penjualan meubel Surya Mandiri Tulungagung ialah dengan cara mengambil  barang dari meubel lain di luar kota dan melaksanakan promo kepada masyarakat. Kedua Pelaksanaan seni administrasi pemasaran dengan cara promo yaitu a. Promo melalui radio,b. Promo melalui surat kabar c. Promo melalui selebaran. Strategi diterapkan dalam jangka waktu satu tahun sekali. Pada tahun 2009 menerapkan seni administrasi promo melalui radio dan mendapat pendapatan sebesar Rp 207.698.000,00 dan berhasil menjual barang sebanyak 207 buah. Tahun 2010 menerapkan promo melalui surat kabar dan mendapat pendapatan sebesar Rp 803.370.000,00 serta  berhasil menjual barang sebanyak 2.771 buah. Pada tahun 2011 menerapkan promo melalui selebaran dan berhasil medapatkan pendapatan sebesar Rp 976.591.000,00 serta berhasil menjual barang sebanyak 3.697 buah. Dan pada tahun 2012 tetap menerapkan promo melalui selebaran dan mendapat pendapatan sementara sebanyak Rp 327.796.000,00 dan berhasil menjual barang sebanyak 1.171 buah. Ketiga Dalam berbisnis Meubel Surya Mandiri melaksanakan strateginya sesuai dengan etika, berusaha untuk melayani konsumen sebaik mungkin salah satunya dengan cara memberi tahu  jika terdapat barang yang cacat serta menetapkan harga tidak terlalu tinggi. Keempat Dalam penelitian ini seni administrasi yang diterapkan berbeda-beda dan dilakukan secara sungguh-sungguh. Dari beberapa seni administrasi yang diterapkan mengalami perbedaan pendapatan di setiap tahunnya. Bahkan selisih pendapatan dari tahun ke tahun  cukup banyak. Akan tetapi dari hal ini seni administrasi yang diterapkan tidak ada yang bertentangan dengan aliran Islam.

0 Response to "Strategi Pemasaran Pada Meubel “Surya Mandiri” Desa Ketanon Tulungagung Dalam Meningkatkan Hasil Penjualan Ditinjau Dari Akhlak Bisnis Islam (Sy-12)"