Upaya Meningkatkan Prestasi Berguru Matematika Pada Bahan Keliling Dan Luas Persegi Dan Persegi Panjang Dengan Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan (Paikem) Melalui Metode Outbound Pada Siswa Kelas Iii Sdn (Pmt-65)


Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh realitas, dimana lebih banyak didominasi guru di Indonesia masih memakai pendekatan tradisional dalam aktifitas pembelajaran, dan pendekatan tradisional dirasa tidak bisa menggali potensi terbesar anak didik, kreatifitas anak tidak berkembang, dan siswa menjadi jenuh dan bosan. Dalam hal ini peneliti akan meningkatkan prestasi berguru matematika siswa dengan PAIKEM melalui metode outbound  pada siswa kelas III SDN I Karangwaru Kabupaten Tulungagung.
Adapun fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini ialah (1) Bagaimana PAIKEM dengan metode outbound dapat meningkatkan prestasi berguru matematika pada siswa kelas III SDN 1 Karangwaru Tulungagung? (2) Apakah prestasi berguru matematika siswa meningkat melalui PAIKEM dengan metode outbound pada kelas III SDN 1 Karangwaru Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah (1) untuk mendiskripsikan proses PAIKEM dengan metode outbound dapat meningkatkan prestasi berguru matematika pada siswa kelas III SDN 1 Karangwaru Tulungagung (2) untuk mengetahui peningkatan prestasi berguru matematika siswa kelas III SDN 1 Karangwaru Tulungagung melalui PAIKEM dengan metode outbound.

Dalam penelitian ini dipakai metode tes, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. tes dipakai untuk mengetahui sejauh mana tingkat penguasaan siswa terhadap materi, observasi dilakukan untuk mengamati acara dikelas selama pembelajaran berlangsung, hasil catatan lapangan dipakai untuk mengetahui sejauh mana aktifitas peneliti dan siswa yang tidak terdapat dalam indikator keberhasilan pembelajaran, wawancara memerlukan seni administrasi tertentu biar subyek penelitian bahagia menunjukkan keterangan yang diperlukan.
 
Adapun proses pembelajarannya dilakukan  beberapa tahap pada bahan Keliling dan Luas Persegi dan Persegi Panjang. Masing-masing tahap  terdiri dari acara awal, acara inti dan acara akhir. Kegiatan awal dimaksudkan untuk mempersiapkan siswa secara fisik dan mental untuk menghadapi acara inti dengan mengingat kembali bahan prasyarat. Kegiatan inti dimaksudkan untuk membantu siswa memahami bahan Keliling dan Luas Persegi dan Persegi Panjang dengan memakai alat peraga dan permainan yang terstruktur. Kegiatan simpulan dimaksudkan untuk mengetahui pemahaman siswa tentang  bahan dengan menunjukkan soal-soal tes kepada masing-masing siswa sehingga sanggup diketahui prestasi belajarnya. Serta diharapkan terjadi peningkatan Prestasi

xvi
 
Penerapan PAIKEM melaui metode outbound membantu meningkatkan prestasi berguru matematika siswa kelas III SDN 1 Karangwaru Tulungagung mengalami peningkatan yang signifikan Prestasi berguru matematika siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 17%, pada siklus I persentase ketuntasan prestasi belajarnya 79% dengan kategori cukup dan siklus II 96% dengan kategori baik.

0 Response to "Upaya Meningkatkan Prestasi Berguru Matematika Pada Bahan Keliling Dan Luas Persegi Dan Persegi Panjang Dengan Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan (Paikem) Melalui Metode Outbound Pada Siswa Kelas Iii Sdn (Pmt-65)"