Penerapan Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Pemahaman Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas Iv Di Mi Miftahul Huda Tawangrejo (Pba-8)


Latar belakang problem dalam penelitian ini adalah: bahwa siswa merasa bosan terhadap materi pelajaran, disebabkan guru sering memakai metode ceramah dan santunan tugas. Guru kurang menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi, sehingga pemahaman siswa terhadap kosa kata Bahasa Arab relatif rendah.
Rumusan problem dalam penulisan penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah proses penerapan metode make a match dalam pembelajaran kosa kata Bahasa Arab siswa kelas IV di MI Miftahul Huda Tawangrejo Wonodadi Blitar ? 2)Apakah penerapan metode make a match sanggup meningkatkan pemahaman kosa kata Bahasa Arab siswa kelas IV di MI Miftahul Huda Tawangrejo Wonodadi Blitar ?


Adapun yang menjadi tujuan penelitian  ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode make a match dalam pembelajaran kosa kata Bahasa Arab siswa kelas IV di MI Miftahul Huda Tawangrejo Wonodadi Blitar. 2) Untuk mendeskripsikan penerapan metode make a match dalam meningkatkan pemahaman kosa kata Bahasa Arab siswa kelas IV di MI Miftahul Huda Tawangrejo Wonodadi Blitar .

Manfaat penelitian ini adalah: 1) Bagi kepala sekolah, sanggup dijadikan masukan untuk kebijakan dalam upaya meningkatkan proses mencar ilmu mengajar dan meningkatkan pemahaman siswa serta perlunya kerjasama yang baik antar guru antar guru dengan kepala sekolah. 2) Bagi guru, sebagai materi masukan guru dalam meningkatkan proses pembelajaran didalam kelas. 3) Bagi siswa, sebagai materi masukan bagi siswa untuk meningkatkan pemahaman terhadap suatu materi pelajaran. 4) bagi peneliti lain,  hasil penelitian ini sanggup dipakai materi pola untuk mengadakan penelitian serupa yang lebih lanjut dan lebih mendalam.
 Penelitian ini memakai penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Untuk mengetahui peningkatan pada waktu tindakan, dan sehabis tindakan dilakukan. Dalam penelitian ini memakai dua siklus tindakan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Observasi dipakai untuk mengamati proses pembelajaran. Tes dipakai untuk mengetahui  tingkat pemahaman  siswa sehabis memakai metode make a match. Wawancara dipakai untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan metode make a match. Dokumentasi dipakai untuk mengumpulkan data dengan melihat laporan yang sudah tersedia termasuk foto.
Hasil penelitian mengatakan bahwa pembelajaran Bahasa Arab dengan memakai metode make a match sanggup meningkatkan pemahaman kosa kata Bahasa Arab siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis hasil belajar  siswa mengalami peningkatan, pada tes awal (pretest) mencapai nilai rata-rata 63 dengan persentase 40% , sehabis melaksanakan tindakan meningkat menjadi 63,33% dengan nilai rata-rata 75 pada siklus I, pada siklus II mencapai 86,66% dengan nilai rata-rata 82,66. Berdasarkan hasil penelitian, maka sanggup disimpulkan bahwa penerapan metode make a match sanggup meningkatkan pemahaman kosa kata Bahasa Arab siswa kelas IV Di MI Miftahul Huda Tawangrejo Wonodadi Blitar.

0 Response to "Penerapan Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Pemahaman Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas Iv Di Mi Miftahul Huda Tawangrejo (Pba-8)"