Rpp Dan Silabus Kurikulum 2013 Pai Smp Kelas 7, 8, 9 Edisi Revisi 2017 Terbaru

RPP dan Silabus Kurikulum 2013 PAI Sekolah Menengah Pertama Kelas 7, 8, 9 Edisi Revisi 2017 Terbaru - Selamat tiba di blog makalah-pedia.blogspot.com. Pada kesempatan kali ini kami akn menyebarkan informasi perihal '' RPP dan Silabus Kurikulum 2013 PAI Sekolah Menengah Pertama Kelas 7, 8, 9 . Berikut informasi selengkanya :







MODEL SILABUS MATA PELAJARAN
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH (SMP/MTs)





MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI





KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN JAKARTA, 2017

i
 
DAFTAR ISI




DAFTAR ISI

I. PENDAHULUAN
A.
B.
Rasional
Kompetensi yang Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Mata Pelajaran
1

Pendidikan  Agama  Islam  dan  Budi  Pekerti  di  Pendidikan  Dasar  dan


Menengah
3
C.
Kompetensi  yng  Diharapkan  Setelah  Siswa  Mempelajari  Pendidikan


Agama Islam dan Budi Pekerti di  Sekolah Menengah Pertama/Madrasah


Tsanawiyah
3
D.
Kerangka Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Budi


Pekerti Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah
6
E.
Pembelajaran dan Penilaian


1.  Pembelajaran
8

2.  Penilaian

F.
Kontekstualisasi  Pembelajaran  Sesuai  dengan  Kondisi  Lingkungan  dan


Siswa
10

KOMPETENSI DASAR, MATERI POKOK, DAN  PEMBELAJARAN
11
A.
Kelas VII

11
B.
Kelas VIII

23
C.
Kelas IX

36

 
II.





MODEL SILABUS SATUAN PENDIDIKAN
49
A.
Kelas VII

49
B.
Kelas VIII

51
C.
Kelas IX

52

 
III.





MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
56
A.
Kelas VII

56
B.
Kelas VIII

64
C.
Kelas IX

73

 
IV.



- 1 -

I.    PENDAHULUAN

A.   Rasional

Pendidikan  Agama  Islam  dan  Budi  Pekerti  merupakan  pendidikan  yang  secara mendasar menumbuhkembangkan akhlak siswa melalui pembiasaan dan pengamalan ajaran Islam secara menyeluruh (kaffah). Oleh karena itu, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sebagai suatu mata pelajaran diberikan pada jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK, baik yang bersifat kokurikuler maupun ekstrakurikuler.

Kompetensi, materi, dan pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dikembangkan melalui pertimbangan kepentingan hidup bersama secara damai dan harmonis (to live together in peace and harmony). Pembelajaran dilaksanakan berbasis aktivitas pada kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Penumbuhan dan pengembangan sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran, pembiasaan, keteladanan, dan pembudayaan untuk mengembangkan karakter siswa lebih lanjut. Sekolah sebagai taman yang menyenangkan untuk tumbuh berkembangnya pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa yang menempatkan pengetahuan sebagai perilaku (behavior), tidak hanya berupa hafalan atau verbal.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berlandaskan pada aqidah Islam yang berisi perihal keesaan Allah Swt. sebagai sumber utama nilai-nilai kehidupan bagi insan dan alam semesta. Sumber lainnya ialah adab yang merupakan manifestasi dari aqidah, yang sekaligus merupakan landasan pengembangan nilai-nilai karakter bangsa Indonesia. Dengan demikian, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti merupakan pendidikan yang ditujukan untuk sanggup menserasikan, menselaraskan dan menyeimbangkan antara iman, Islam, dan ihsan yang diwujudkan dalam:
a.    Membentuk manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Allah Swt. serta berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur (Hubungan insan dengan Allah Swt.)
b.    Menghargai, menghormati dan mengembangkan potensi diri yang berlandaskan pada nilai-nilai keimanan dan ketakwaan (Hubungan manusia dengan diri sendiri).
c.    Menjaga kedamaian dan kerukunan hubungan inter dan antar umat beragama serta menumbuhkembangkan akhlak mulia dan budi pekerti luhur (Hubungan insan dengan sesama).
d.    Penyesua*ian mental keislaman terhadap lingkungan fisik dan sosial (Hubungan manusia dengan lingkungan alam).

Berdasarkan pada prinsip di atas, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dikembangkan dengan memperhatikan nilai-nilai Islam rahmatan lilalamin yang mengedepankan prinsip-prinsip Islam yang humanis, toleran, demokratis, dan multikultural.


Islam yang humanis berarti memandang kesatuan manusia sebagai makhluk ciptaan Allah, memiliki asal-usul yang sama, menghidupkan rasa perikemanusiaan,   dan mencita-citakan pergaulan hidup yang lebih baik.Nilai-nilai Islam humanis yang sanggup diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari bagi siswa SMP/MTs di antaranya adalah: rendah hati, hidup sederhana, beramal salih, jujur, dan menepati janji.

Islam yang toleran mengandung arti bersikap menghargai pendapat, pandangan, kepercayaan, atau kebiasaan yang berbeda dengan pendirian seseorang, juga tidak memaksa, tetap berlaku baik, lemah lembut, dan saling memaafkan. Nilai-nilai Islam toleran yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari bagi siswa SMP/MTs di antaranya adalah: rendah hati dan berbaik sangka.

Demokratis berarti yang mengutamakan persamaan hak dan kewajiban serta perlakuan yang sama bagi sesama dengan mengutamakan kebebasan berekspresi, berkumpul, dan mengemukakan pendapat sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku.Nilai-nilai Islam  demokratis  yang  sanggup  diimplementasikan  dalam  kehidupan  sehari-hari  bagi siswa SMP/MTs di antaranya adalah: berbaik sangka dan jujur.

Multikultural berarti bersikap mengakui, akomodatif, dan menghormati perbedaan dan keragamaan budaya, untuk mencari dan memudahkan hubungan sosial, serta bahu-membahu demi mencapai kebaikan bersama. Nilai-nilai multikultural dalam Islam yang sanggup diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari bagi siswa SMP/MTs di antaranya adalah: berbaik sangka dan gemar menolong.

Silabus ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan biar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi   dan   kompetensinya.   Penyusunan   silabus   ini   dilakukan   dengan   prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh siswa (learnable); terukur pencapainnya (measurable), dan bermakna untuk dipelajari (worth to   learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa.

Silabus ini merupakan contoh bagi guru dalam melakukan pembelajaran agar siswa bisa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan   sehari-hari.   Upaya   peningkatan   keimanana   dan   ketakwaan   tersebut dilakukan   dengan   memperhatikan   nilai-nilai   Islam   rahmatan   lilalamin   yang

mengedepankan prinsip-prinsip Islam yang humanis, toleran, demokratis, dan multikultural.

Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keunggulan-keunggulan lokal.    Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran  yang  terdapat  dalam  silabus  merupakan  alternatif  kegiatan  yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru sanggup mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing  mata  pelajaran.  Dalam  melaksanakan  silabus  ini  guru  diperlukan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan kemampuan siswa.

B.   Kompetensi yag Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Mata Pelajaran Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti di Pendidikan Dasar dan Menengah

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dikembangkan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam hal keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan pendidikan ini kemudian dirumuskan secara khusus dalam Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sebagai berikut:
1. menumbuhkembangkan aqidah melalui pemberian, pembinaan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman siswa perihal Agama Islam sehingga menjadi muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah Swt; dan
2. mewujudkan  manusia  Indonesia  yang  taat  beragama  dan  berakhlak  mulia  yaitu insan yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin,  bertoleransi  (tasamuh),  menjaga  keharmonisan  secara  personal  dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam kehidupan sebagai warga masyarakat, warga negara, dan warga dunia.

C.  Kompetensi yag Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti di  Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah

Kempetensi yang Diharapkan setelah siswa mempelajari Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP/MTs sanggup dilihat pada Tabel Peta Kompetensi yang menawarkan gambaran umum tentang capaian kompetensi mulai SD/MI sampai dengan SMA/MA/SMK/MAK.



DOWNLOAD 

DOWNLOAD 


0 Response to "Rpp Dan Silabus Kurikulum 2013 Pai Smp Kelas 7, 8, 9 Edisi Revisi 2017 Terbaru"