RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KURIKULUM 2013 REVISI 2017
TEMA 6. CITA-CITAKU
SUBTEMA 1. AKU DAN CITA-CITAKU
Nama Sekolah : SD Negeri ...................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 2 (Dua)
Nama Guru : ..........................................
NIP : .......................................................
UPT. PENDIDIKAN KECAMATAN CIPATAT
DINAS PENDIDIKAN
PEMERINTAH KABUPATEN BANDUNG BARAT
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 4 /2
Tema : 6. Cita-citaku
Sub Tema : 1. Aku dan Cita-citaku
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 hari
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan pemikiran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
Muatan : Bahasa Indonesia
No Kompetensi Dasar
3.6 Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara verbal dan tulis dengan
tujuan untuk kesenangan.
4.6 Melisankan puisi hasil karya langsung dengan lafal, intonasi, dan ekspresi
yang sempurna sebagai bentuk ungkapan diri.
Muatan : IPA
No Kompetensi Dasar
3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta
mengaitkan dengan upaya pelestariannya.
4.2 Membuat denah siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di
lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya.
C. TUJUAN
1. Melalui acara mengamati dan berdiskusi, siswa bisa mengidentifikasikan ciri-
ciri puisi dengan benar.
2. Melalui acara menciptakan kesimpulan, siswa sanggup menyajikan hasil pengamatan
wacana ciri-ciri puisi secara terperinci.
3. Melalui acara melaksanakan pengamatan, siswa bisa mengidentifikasi siklus
makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan baik.
4. Melalui acara menyusun gambar tahapan pertumbuhan binatang dan tumbuhan,
siswa bisa menciptakan denah siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan
benar.
D. MATERI
1. Ciri-ciri puisi
2. Siklus makhluk hidup
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi
Waktu
Pembukaan 1. Guru menawarkan salam
2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh
salah seorang siswa. Siswa yang diminta
membaca do’a yakni siswa siswa yang hari ini
tiba paling awal. (Menghargai kedisiplikan
siswa/PPK).
3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan
sikap disiplin setiap dikala dan menfaatnya bagi
tercapainya sita-cita.
4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu
nasional lainnya. Guru menawarkan penguatan
wacana pentingnya menanamkan semangat
Nasionalisme.
5. Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan
guru menceritakan wacana kisah masa kecil
salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan,
makanan/minuman sehat , dongeng ilham dan
10 menit
motivasi . Sebelum membacakan buku guru
menjelaskan tujuan acara literasi dan
mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-
pertanyaan berikut:
Apa yang tergambar pada sampul buku.
Apa judul buku
Kira-kira ini menceritakan wacana apa
Pernahkan kau membaca judul buku
ibarat ini
0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Sd, Tema 6 Sub Tema 1 Saya Dan Cita-Citaku"