Contoh Nota Pembimbing Persetujuan Skripsi Lengkap

Contoh Nota Pembimbing Persetujuan Skripsi Lengkap Contoh Nota Pembimbing Persetujuan Skripsi Lengkap

                                

KEMENTRIAN AGAMA

                        SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
                        ..........

Kepada
Yth. Ketua STAIN Kudus
Cq Ketua Jurusan Tarbiyah
di-
               Kudus
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Diberitahukan dengan hormat, bahwa skripsi saudari : Khusni Latifah,  NIM: 110136 dengan judul “ Pengaruh Media Pembelajaran Fiqih Berbasis Macromedia Flash 8 Terhadap Peningkatan Kemampuan Psikomotor Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama NU Al Ma’ruf Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015 ” pada Jurusan Tarbiyah Program Study Pendidikan Agama Islam sehabis dikoreksi dan diteliti sesuai hukum proses pembimbingan, maka skripsi dimaksud sanggup disetujui untuk dimunaqosahkan.
Oleh alasannya yaitu itu mohon dengan hormat biar naskah skripsi tersebut diterima dan diajukan dalam aktivitas munaqosah sesuai jadwal yang direncanakan. Demikian kami sampaikan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb
                                                                        Kudus, 5 November 201,....
                                                                        Hormat Kami,
                                                               Dosen Pembimbing

                                                               .............................................
                                                               NIP. 1979032120090121
PERNYATAAN
Bismillahirrohmanirrahim
Dengan nama Allah Yang Maha Kuasa, saya menyatakan dengan sesungguhnya, bahwa segala sesuatu yang tertulis di dalam karya ilmiah skripsi ini benar-benar hasil karya sendiri, bukan dibuatkan oleh orang lain. Dan menyatakan juga dengan penuh tanggung jawab karya ini bukan hasil jiplakan atau plagiasi terhadap karya tulis orang lain baik sebagian atau seluruhnya. Pendapat atau temuan ilmiah yang sudah paten berstandar milik orang lain yang terdapat dalam skripsi ini dikutip dan diambil inti substansinya atau dirujuk menurut kode etik ilmiah.
                                                                                    Kudus,  5 November 2014
                                                                                    Yang menciptakan pernyataan
                                                                                                     Saya,
                                                                               Khusni .........
                                                                                               NIM. .........









MOTTO
Ÿwur (#qãZÎgs? Ÿwur (#qçRtøtrB ãNçFRr&ur tböqn=ôãF{$# bÎ) OçGYä. tûüÏZÏB÷sB ÇÊÌÒÈ  
Artinya:” Janganlah kau bersikap lemah, dan janganlah (pula) kau bersedih hati, Padahal kamulah orang-orang yang paling Tinggi (derajatnya), kalau kau orang-orang yang beriman”. (Q.S. Al Imran ayat:139)[1]





PERSEMBAHAN
Kupersembahkan Karya Terbaikku Kepada:
         Ibuku yang hadir memperlihatkan cinta dan Bapakku selalu ada untuk mendukung cita-cita. Keduanya yang tak pernah lelah mencurahkan seluruh tenaganya untuk pendidikanku, yang tak pernah berhenti untuk mendoakan kesuksesanku, dan tak pernah henti- hentinya bersimpuh mendoakan yang terbaik untukku. Sebagai tanda bakti, hormat dan rasa terima kasih yang tiada terhingga kupersembahkan karya ini. semoga Allah SWT selalu menjaga kalian berdua dan selalu memperlihatkan barokahnya.
         Kakakku Himmatul dan adik-adiku Chabib, Maulida, Amalia  yang selalu memberi motivasi dan dorongan biar saya selalu bersemangat dalam menuntut ilmu, dan memperlihatkan bantuannya sehingga karya tulis ini dapat selesai dengan baik.
         Segenap guru dan dosenku ,terimakasih banyak untuk semua ilmu, didikan dan pengalaman yang sangat berarti yang diberikan kepadaku. Semoga amal para dia diterima Allah SWT amin.
Ya Allah, kupersembahkan rasa syukur kepadaMu atas semua nikmat berupa orang-orang disekelilingku yang menyayangiku. Dan hanya padaMu tempatku mengadu dan mengucap syukur.


Bismillahir Rohmanir Rohim
Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufiq, hidayah dan kemudahanNya, sehingga pada kesempatan ini peneliti sanggup menuntaskan skripsi ini. Sholawat serta salam senantiasa tercurahkan ke hadirat dia Nabi Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat dan para pengikutnya dengan harapan semoga mendapat syafaatnya di hari final nanti.
Skripsi yang berjudul “ Pengaruh media pembelajaran fiqih berbasis Macromedia Flash 8 Terhadap Kemampuan Psikomotor Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama NU Al Ma’ruf Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015” ini disusun untuk memenuhi aktivitas SI pada Fakultas Tarbiyah STAIN Kudus. Dalam penulisan skripsi ini, peneliti banyak mendapat bimbingan dan aba-aba serta saran-saran dari banyak sekali pihak, sehingga penyusunan skripsi ini sanggup diselesaikan.  Pada kesempatan ini penulis hendak memberikan terima kasih kepada:
1.      Bapak Dr. H. Fathul Mufid, M.S.I selaku ketua STAIN Kudus
2.      Bapak Kisbiyanto, S.Ag, M.Pd., selaku Ketua Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus
3.      Ibu Rini Dwi Susanti, M.Ag selaku Ketua Program Studi Pendidikan agama Islam/PAI STAIN Kudus
4.      Ibu Ida Vera Sophya, M.Pd selaku Dosen Pembimbing yang telah sabar dalam membimbing dan mengarahkan penulisan skripsi ini.
5.      Bapak Drs. Zumrodi, M.Ag, selaku dosen wali yang memberi nasehat dan aba-aba selama kuliah.
6.      Kepala perpustakaan STAIN Kudus yang telah memperlihatkan izin dan layanan perpustakaan yang diharapkan dalam penyusunan skripsi ini.
7.      Dosen-Dosen jurusan Tarbiyah, Pendidikan Agama Islam yang telah membaktikan ilmunya
8.      Segenap Guru dan karyawan Sekolah Menengah Pertama NU Al Ma’ruf Kudus yang telah membantu berkaitan dengan data-data yang diharapkan dalam penyusunan skripsi ini.
9.      Kedua orang tua, abang dan adik-adikku tersayang yang selalu memperlihatkan motivasi dan kasih sayangnya
10.    Sahabat-sahabatku yang selalu buatku tersenyum Ayu’,Ulin, Hella, Nia, Patiya, Faizah, Upid dan semua sahabat yang mungkin tak cukup bila tertuang dalam coretan ini yang selalu menjadi sobat diskusi .
11.    Seluruh teman-temanku  D class  angkatan 2010, teman-teman PPL MTs Nu Darul Hikam Undaan Kudus, dan  teman-teman KKN_33 desa Kenanthi yang telah memotivasi dan memperlihatkan warna  yang indah dalam perjalan final masa perkuliahan.
12.  Terima kasih untuk semua alasannya yaitu do’a kalian peneliti bisa menuntaskan skripsi ini, dan mungkin masih banyak lagi yang tidak bisa peneliti sebutkan, jasa kalian sungguh besar dan sangat berharga dan mungkin peneliti tidak tahu bagaimana harus membalasnya hanya do’a yang akan selalu menemani kalian semua. Ya Allah semoga engkau selalu memberi yang terbaik untuk mereka semua, ya Allah ya Rabb sayangi mereka semua, dan berikanlah selalu barokahmu kepada mereka.
Akhirnya, peneliti menyadari bahwa penyusunan skripsi ini masih jauh mencapai kesempurnaan dalam arti sebenarnya. Karena itu, kritik konstruktif dari siapapun diharapkan menjadi semacam bunyi yang sanggup menyapa goresan pena ini sebagai materi pertimbangan dalam proses kreatif berikutnya. Namun demikian, sekecil apa pun makna yang terjelma dalam goresan pena ini, semoga sanggup bermanfaat.
                                                                 Kudus, 5 November 2014
                                                                        Peneliti

                                                                        Khusni Latifah
                                                                        NIM: 110136


ABSTRAK
Khusni Latifah,   (NIM: 110136).  Pengaruh Media Pembelajaran Fiqih Berbasis Macromedia Flash 8  Terhadap Peningkatan Kemampuan Psikomor  Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama NU Al Ma’ruf Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Kudus: Jurusan Tarbiyah, Pogram Studi Pendidikan Agama Islam  (PAI). STAIN Kudus. 2014.
            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada dampak antara media pembelajaran fiqih berbasis Macromedia Flash 8 terhadap peningkatan kemampuan psikomotor akseptor didik Sekolah Menengah Pertama NU Al Maruf Kudus tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini yaitu field research yaitu peneliti secara eksklusif terjun ke lapangan untuk mengadakan pengamatan dan memperoleh informasi yang diharapkan dalam penyusunan laporan. Penelitian memakai pendekatan kuantitatif dengan penyebaran angket untuk Macromedia Flas 8 dan melaksanakan evaluasi kemampuan psikomotor. Sampel berjumlah 155 akseptor didik diambil dari  kelas VIII  secara acak dari 8 rombel. Dalam analisis ini penulis memakai analisis statistik yaitu mengadakan perhitungan nilai angka ihwal dampak media pembelajaran fiqih berbasis Macromedia Flash 8 dan kemampuan psikomotor  akseptor didiik di Sekolah Menengah Pertama NU Al Ma’ruf Kudus dengan memakai rumus hubungan product moment serta regresi linier sederhana.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa 1) Media pembelajaran fiqih berbasis Macromedia Flash 8 di Sekolah Menengah Pertama NU Al Ma’ruf Kudus tahum pelajaran 2014/2015  tergolong baik, dengan hasil mean 80,19 termasuk dalam interval kategori baik. 2)Kemampuan psikomotor akseptor didik di Sekolah Menengah Pertama NU Al Ma’ruf Kudus tahun pelajaran 2014/2015 tergolong baik, dengan hasil mean 81,01 termasuk dalam interval kategori baik. 3) Terdapat dampak yang  signifikan antara media pembelajaran fiqih berbasis Macromedia Flash 8 terhadap peningkatan kemampuan psikomotor akseptor didik di Sekolah Menengah Pertama NU Al Ma’ruf Kudus tahun pelajaran 2014/2015 sebesar 0,960 termasuk dalam kategori sangat kuat.

Kata Kunci:  Media Pembelajaran Fiqih Berbasis Macromedia Flash 8, Kemampuan Psikomotor


DAFTAR ISI
                                                                                                                           HALAMAN
HALAMAN JUDUL…………………………………………………………
i
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING……………………………
ii
HALAMAN PERNYATAAN………………………………………….........
iii
HALAMAN MOTTO……………………………………………………......
iv
HALAMAN PERSEMBAHAN.………………………………………….....
v
KATA PENGANTAR………………………………………………….…….
vi
ABSTRAK……………………………………………………………..….....
viii
DAFTAR ISI…….…………………………………………………………...
ix
DAFTAR GAMBAR……………………………………………………….
xiii
DAFTAR TABEL……………………………………………………………
xiv
BAB I
PENDAHULUAN


A.
Latar Belakang Masalah…………………………….......
1

B
Pembatasan Masalah…………………………………….
4

B.
Perumusan Masalah……………………………………..
5

C.
Tujuan Penelitian………………………………………..
5

D.
Manfaat Penelitian………………………………………
6
BAB II
LANDASAN TEORI


A.
Deskripsi Teori………………………..........................
8


1.      Media Pembelajaran.............................................
9


a)      Pengertian dan Pentingnya Media Pembelajaran.................................................

8


b)      Dalil Tentang Media Pembelajaran................
10


c)      Macam-macam Media Pembelajaran.............
11


d)     Pemilihan Media Pembelajaran......................
12


e)      Kegunaan Media Pembelajaran......................
14


2. Mata Pelajaran Fiqih………………………………….
15


a)      Pengertian Fiqih……………………………
15


b)      Macam-macam Ilmu Fiqih…………………
15


c)      Tujuan Mempelajari Fiqih………………….
17


3.   Macromedia Flash 8….…………..............................
18


4.  Kemampuan Psikomotor…………………………….
20


a)      Pengertian Psikomotor………………………
20


b)      Hasil Belajar Psikomotor……………………
21


c)      Peningkatan Psikomotor……………………
22


d)     Bentuk Tes dan Perangkat Penilaian Psikomotor…………………………………
22

B.
Hasil Penelitian Terdahulu...............................................
23

E.
Kerangka Berpikir............................................................
25

F.
Hipotesis Penelitian..........................................................
26
BAB III
METODE PENELITIAN


A.
Jenis dan Pendekatan Penelitian.....................................
27

B.
Populasi dan Sampel Penelitian.......................................
28

C.
Tata Variabel Penelitian………………………………...
30

D.
Definisi Operasional…………………………………….
30

E.
Teknik Pengumpulan Data……………………………...
31

F.
Instrumen Penelitian…………………………………….
33

G.
Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen………………..
35


1.      Uji Validitas Instrumen………………….…….
35


2.      Uji Reliabilitas Instrumen……………………….
40

H.
Uji Asumsi Klasik………………………………………
41


1.      Uji Normalitas Data……………………………
42


2.      Uji Linearitas Data……………………………..
46

I.
Tekhnik Analisis Data…………………………………
46


1.      Analisis Pendahuluan………………………….
46


2.      Analisis Uji Hipotesi……………………………
47


3.      Analisis Lanjut………………………………….
50
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN


A.
Penggunaan Media Pembelajaran Fiqih Berbasis Macromedia Flash 8 di Sekolah Menengah Pertama NU Al Ma’ruf Kudus………….………………………………………..
52

B.
Analisis Data.....................................................................
53


1. Analisis Pendahuluan...................................................
53


2. Analisis Uji Hipotesis...................................................
63


a.       Analisis Uji Hipotesis Deskriptif.........................
63


b.      Analisis Uji Hipotesis Asosiatif...........................
66


3. Analisis Lanjut..............................................................
75

C.
Pembahasan......................................................................
79
BAB V
PENUTUP


A.
Kesimpulan…………………………………………......
81

B.
Saran-saran……………………………………………...
81

C.
Penutup………………………………………………….
82
Daftar Pustaka
-
Lampiran-lampiran
-
Daftar Riwayat Pendidikan
-




DAFTAR GAMBAR                                                                                      HALAMAN
-          Gambar 2.1 Teori Kerucut Pengalaman Edgar Dale………………
9
-          Gambar 3.1 Hasil Uji Normalitas Data………………………………
44
-          Gambar 3.2 Hasil Uji Lenearitas Data …………….……………...
45

DAFTAR TABEL                                                                               HALAMAN
-          Tabel 3.1Jumlah Data Populasi…..………………………………….
28
-          Tabel 3.2 Perhitungan Sampel……………………………………….
29
-          Tabel 3.3Instrumen Penelitian……………………………………….
34
-          Tabel 3.4 Validitas Instrumen Variabel  Macromedia Flash 8 (X)….
36
-          Tabel 3.5 Validitas Instrumen Variabel Kemampuan Psikomotor (Y)…………………………………………………………………....
38
-          Tabel 3.6 Hasil Uji Reliabilitas Macromedia Flash 8 ….………….
41
-          Tabel 3.7 Hasil Uji Reliabilitas  Kemampuan Psikomotor…………
41
-          Tabel 3.8Tes of Normality…………….…………………………….
43
-          Tabel 4.1Distribusi Frekuensi Media Pembelajaran fiqih  berbasis Macromedia Flash 8 di Sekolah Menengah Pertama NU Al Ma’ruf Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015………………………………………..………………….
55
-          Tabel 4.2  Nilai Interval Media Pembelajaran fiqih  berbasis Macromedia Flash 8 ...…………………..…………………….
57
-          Tabel 4.3 Distribusi Frekuensi Kemampuan Psikomotor Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama NU Al Ma’ruf Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015 ….
59
-          Tabel 4.4 Nillai Interval Kemampuan Psikomotor Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama NU Al Ma’ruf Kudus ……………………………………….
62
-          Tabel 4.5Tabel Penolong Menghitung Regresi dan Korelasi Sederhana……………………………………………..…………….
66
-          Tabel 4.6Kriteria Koefisiensi Korelasi……………......…………….
74




[1] Al-Qur'an, Surat An Nahl Ayat 125, Yayasan Penyelenggara Penerjemah dan Penafsir Al-Qur'an, Al-Qur'an dan Terjemahnya, Departeman Agama RI, Jakarta, 1994, hlm. 98


0 Response to "Contoh Nota Pembimbing Persetujuan Skripsi Lengkap"