Macam Sistem Kekebalan Badan Manusia

Apakah itu sistem kekebalan tubuh? Sistem kekebalan tubuh yang baik sanggup menciptakan tubuh terhindar dari banyak penyakit, tentunya menciptakan kita menjadi insan yang lebih sehat jasmani dan rohani.

Sistem kekebalan atau imunitas yaitu suatu sistem pertahanan yang dipakai untuk melindungi tubuh dari nanah penyakit atau kuman. Penyakit atau kuman ini berupa protein absurd yang berbeda dari protein tubuh kita, dan sering disebut antigen. Karena dianggap sesuatu yang asing, maka antigen ini harus disingkirkan, dinetralisir, atau dihancurkan. Yang bertugas melaksanakan ini salah satunya yaitu sistem pertahanan tubuh yang dikenal dengan antibodi.

Macam-macam Sistem Kekebalan


1. Sistem Kekebalan Alami 
Jika tubuh terjangkit suatu penyakit, contohnya campak, tubuh akan membentuk antibodi untuk melawan campak. Dibentuknya antibodi ini menjadikan tubuh menjadi kebal (imun) terhadap campak. Kekebalan (imunitas) terhadap suatu penyakit yang dimiliki tubuh tanpa perlakuan tertentu ini dinamakan kekebalan alami/kekebalan perolehan (aquired immune). Contoh kekebalan alami yang lain yaitu kebalnya bayi terhadap beberapa penyakit sehabis menyusu pada hari pertama. Di dalam air susu ibu tersebut terkandung kolostrum yang kaya antibodi dan mineral. Kekebalan bayi ini bertahan beberapa hari hingga beberapa minggu.
Bagaimana tubuh sanggup mengingat dan mengenali antigen yang pernah menyerang sebelumnya? Ternyata ada sel-sel khusus yang bertugas untuk mengingat dan mengenal antigen yang disebut sel-sel memori.  Inilah ciri khas sistem kekebalan tubuh: pengingatan/pengenalan dan pengkhususan. Pengenalan artinya sel-sel memori bisa mengingat dan mengenal antigen yang pernah menyerang tubuh. Sedangkan kekhususan berarti satu antibodi hanya cocok untuk satu antigen tertentu. Sebagai pola antibodi cacar hanya cocok untuk antigen cacar dan tidak cocok untuk antigen lainnya.

2. Sistem Kekebalan Buatan
Kekebalan buatan yaitu suatu bentuk kekebalan tubuh yang sengaja dibentuk atau ditumbuhkan melalui dukungan vaksin. Vaksin yaitu bibit penyakit (kuman/antigen) yang telah dilemahkan. Proses dukungan vaksin dalam tubuh disebut vaksinasi. Contohnya bila menginginkan tubuh memproduksi antibodi tetanus, maka seseorang disuntik basil tetanus yang telah dilemahkan. Vaksin tetanus yang masuk tersebut akan dianggap tubuh sebagai antigen sehingga tubuh akan memproduksi antibodi. Akibatnya tubuh menjadi kebal terhadap tetanus bila suatu ketika penyakit tersebut menyerang. Kekebalan yang dibentuk oleh tubuh dengan dukungan vaksin ini dinamakan kekebalan buatan dan termasuk kekebalan aktif karena tubuh membentuk antibodi sendiri.

Cara lain untuk menumbuhkan kekebalan pada tubuh yaitu dengan menyuntikkan serum. Serum yaitu plasma darah yang telah mengandung antibodi untuk melawan antigen tertentu. Pembuatan serum dilakukan dengan menyuntik kuda atau kelinci dengan vaksin tertentu. Setelah tubuh kelinci atau kuda membentuk antibodi, kemudian plasma darah yang mengandung antibodi diisolasi. Umumnya dukungan serum dilakukan untuk pengobatan dan bukan pencegahan. Misalnya seseorang yang digigit ular berbisa ditolong dengan menyuntikkan serum anti bisa ular. Pemberian serum menyerupai ini disebut dengan kekebalan pasif sebab tubuh tidak membentuk antibodi sendiri.

Semua langkah untuk menciptakan tubuh menjadi kebal (imun) baik dengan vaksinasi maupun dukungan serum menyerupai di atas disebut dengan imunisasi. Dengan memahami sistem kekebalan di atas, kita tahu ada 2 jenis imunisasi, yaitu imunisasi alamiah dan imunisasi buatan. Seseorang yang pernah terinfeksi suatu penyakit dan kesannya memperoleh kekebalan disebut memperoleh imunisasi alamiah. Sebaliknya bila memperoleh kekebalan sebab dukungan vaksin atau serum disebut imunisasi buatan (artifisial).

So, bagaimanakah sistem kekebalan tubuh anda sekarang? Sudah cukup ampuhkah?

0 Response to "Macam Sistem Kekebalan Badan Manusia"