Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Berguru Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas Iv Min Tunggangri Kalidawir Tulungagung (Ips-1)

          Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pembelajaran di MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung, bahwa teknik pembelajaran yang dipakai masih kurang menarik siswa, sehingga motivasi dan prestasi berguru siswa untuk berguru relatif rendah. Mengingat hal tersebut, sebaiknya penyampaian pelajaran dengan model pembelajaran yang menarik sangat diharapkan, alasannya yakni kegiatan berguru pada anak tergantung pada cara guru dalam memberikan pelajaran. Oleh alasannya yakni itu peneliti memakai model pembelajaran kooperatif tipe make a match  dalam meningkatkan hasil berguru IPS pada bahan kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam. Pembelajaran memakai model pembelajaran kooperatif tipe make a match ini dibutuhkan sanggup meningkatkan hasil berguru siswa.
          Rumusan dilema dalam penulisan skripsi ini yakni (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam pada siswa kelas IV MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014? (2) Bagaimana peningkatan hasil berguru IPS bahan kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam dengan memakai model pembelajaran kooperatif tipe make a match  pada siswa kelas IV MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014?
       Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini yakni (1) Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe  make a match pada mata pelajaran IPS bahan kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam siswa kelas IV MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar IPS bahan kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam melalui model pembelajaran kooperatif tipe  make a match pada siswa kelas IV MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung.

   Penelitian ini memakai penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini memakai dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini memakai observasi, catatan lapangan, wawancara, tes, dan dokumentasi. Observasi dipakai untuk mengamati siswa terhadap pembelajaran dengan memakai model kooperatif tipe make a match.  Tes dipakai untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa sehabis memakai model pembelajaran kooperatif tipe  make a match. Wawancara dipakai untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Dokumentasi yang dipakai untuk mengumpulkan data dengan melihat laporan yang sudah tersedia termasuk foto. Analisis data yang dipakai meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan bahan penerima didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimum 75.
Hasil Penelitian menawarkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match  dapat meningkatkan hasil berguru ips. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil tes awal 65,4 pada siklus I menjadi 81,8 dan pada siklus II naik menjadi 91,72. Tingkat ketuntasan berguru juga meningkat dari tes awal yaitu 29,62%,  pada siklus I menjadi 65,51% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 93,10%. Kesimpulan penelitian ini yakni dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match sanggup meningkatkan hasil berguru IPS siswa kelas IV MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014.

0 Response to "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Berguru Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas Iv Min Tunggangri Kalidawir Tulungagung (Ips-1)"