Penggunaan Metode Hadiah Dan Eksekusi Dalam Meningkatkan Motivasi Berguru Penerima Didik Di Man Kota Blitar (Pai-39)


Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh prestasi berguru yang anjlok dan belum adanya perubahan yang mendukung dalam proses pembelajaran di kelas sehingga diperlukan adanya peningkatan mutu dan kualitas pembelajaran. Salah satunya yaitu perubahan strategi  pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa sehingga tumbuh motivasi berguru siswa dan menyukai proses pembelajaran dengan memakai metode hadiah dan hukuman.
Rumusan problem dalam penulisan skripsi ini,  1) Bagaimana perencanaan guru dalam memakai metode hadiah dan eksekusi untuk meningkatkan motivasi berguru akseptor didik di MAN Kota Blitar? 2) Bagaimana kendala dan peluang penggunaan metode hadiah dan eksekusi meningkatkan motivasi berguru akseptor didik di MAN Kota Blitar? 3) Bagaimana hasil penggunakan metode hadiah dan eksekusi dalam meningkatkan motivasi berguru akseptor didik di MAN Kota Blitar?
Penelitian ini menurut lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, menurut pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan memakai pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data memakai observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi, pembahasan sobat sejawat dan penjelasan dengan informan.

Hasil penelitian: 1) Perencanaan guru dalam penggunaan metode hadiah dan eksekusi untuk meningkatkan motivasi berguru akseptor didik di MAN Kota Blitar adalah: a) peserta didik diberi  hadiah dan eksekusi sesuai dengan sikap yang dilakukan. b) Peserta didik yang berprestasi diberikan hadiah bebas biaya pendidikan 1 semester. c) Peserta didik yang melanggar peraturan madrasah yang tidak sanggup ditoleransi oleh  madrasah akan dikembalikan kepada orang tua. 2) Peluang dan kendala guru dengan penggunaan metode hadiah dan eksekusi meningkatkan motivasi berguru akseptor didik di MAN Kota Blitar. Peluang dan kendala guru dengan penggunaan metode hadiah dan eksekusi untuk meningkatkan motivasi berguru akseptor didik di MAN Kota Blitar mempunyai faktor-faktor pendukung dalam pemanfaatannya diantaranya yaitu: a) Membantu pendidik untuk lebih menguasai kelas, b) Memberikan pengalaman lebih nyata, c) Menarik perhatian dan minat siswa dalam belajar. Sedangkan hal-hal yang menghambat, di antaranya: a) Kurangya kewibawaan guru. b) Faktor perbedaan siswa, c) Kurang maksimalnya anak dalam menangkap materi. 3) Hasil penggunaan metode hadiah dan eksekusi dalam meningkatkan motivasi berguru akseptor didik di MAN Kota Blitar sanggup dilihat pada peningkatan motivasi berguru akseptor didik sanggup diketahui melalui: 1) hasil prestasi berguru akseptor didik meningkat, 2) semangat berguru berkembang dan 3) siswa lebih gampang dikendalikan di dalam kelas.

0 Response to "Penggunaan Metode Hadiah Dan Eksekusi Dalam Meningkatkan Motivasi Berguru Penerima Didik Di Man Kota Blitar (Pai-39)"