Pengertian Komunikasi, Tujuan, Fungsi


Pengertian Komunikasi, Tujuan, Fungsi 


Pengertian Komunikasi, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya| Banyak andal menunjukkan pengertian komunikasi, tujuan, fungsi, syarat dan manfaat komunikasi atau dampak komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Pengertian Komunikasi Secara Umum ialah proses pengiriman dan penerimaan pesan atau informasi antara dua individu atau lebih dengan efektif sehingga sanggup dipahami dengan mudah. Istilah komunikasi dalam bahasa inggris disebut communication, yang berasal dari kata communication atau communis yang mempunyai arti sama atau sama yang mempunyai makna pengertian bersama. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian komunikasi ialah pengiriman dan penerimaan pesan atau gosip dari dua orang atau lebih supaya pesan yang dimaksud sanggup dipahami. 

Pengertian Komunikasi berdasarkan definisi James A.F.Stoner ialah proses dimana seseorang berusaha menunjukkan pengertian dengan cara pemindahan pesan. Sedangkan berdasarkan definisi Prof. Drs. H.A.W. Widjaya yang menyampaikan bahwa pengertian komunikasi ialah kekerabatan kontak antar dan antara insan baik individu maupun kelompok. Menurut definisi William F.Glueck yang menjelaskan bahwa komunikasi sanggup dibagi menjadi dengan dua bentuk. yaitu sebagai berikut :


Interpersonal Communications : Interpersonal communications (komunikasi antarpribadi ialah proses pertukaran informasi serta pemindahan pengertian antara dua orang atau lebih di dalam suatu kelompok kecil manusia. 

Organization Communications : Organization communications ialah proses dimana pembicara secara sistematis menunjukkan informasi dan memindahkan pengertian kepada orang yang banyak dalam organisasi dan kepada pribadi-pribadi dan lembaga-lembaga di luar yang ada hubungan.


Tujuan Komunikasi 
Secara umum, tujuan komunikasi ialah sebagai berikut... 

Supaya yang disampaikan komunikator sanggup dimengerti oleh komunikan. Agar sanggup dimengerti oleh komunikan maka komunikator perlu menjelaskan pesan utama dengan sejelas-jelasnya dan sedetail mungkin. 
Agar sanggup memahami orang lain. Dengan melaksanakan komunikasi, setiap individu sanggup memahami individu yang lain dengan kemampuan mendengar apa yang dibicarakan orang lain. 
Agar pendapat kita diterima orang lain. Komunikasi dan pendekatan persuasif merupakan cara supaya gagasan kita diterima oleh orang lain. 
Menggerakkan orang lain untuk melaksanakan sesuatu. Komunikasi dan pendekatan persuasif kita bisa membangun persamaan presepsi dengan orang lalu menggerakkannya sesuai impian kita. 

Fungsi Komunikasi

Dalam manfaat dan dampak yang ditimbulkan komunikasi mempunyai fungsi-fungsi yang sangat berperan dalam kehidupan masyarakat. Secara umum, fungsi komunikasiadalah sebagai berikut:


Sebagai Kendali : Fungsi komunikasi sebagai kendali mempunyai arti bahwa komunikasi bertindak untuk mengendalikan sikap orang lain atau anggota dalam beberapa cara yang harus dipatuhi.
 
Sebagai Motivasi : Komunikasi menunjukkan perkembangan dalam memotivasi dengan menunjukkan klarifikasi dalam hal-hal dalam kehidupan kita. 

Sebagai Pengungkapan Emosional : Komunikasi mempunyai peranan dalam mengungkapkan perasaan-perasaan kepada orang lain, baik itu senang, gembira, kecewa, tidak suka. dan lain-lainnya. 

Sebagai Informasi : Komunikasi menunjukkan informasi yang diharapkan dari setiap individu dan kelompok dalam mengambil keputusan dengan meneruskan data guna mengenai dan menilai pemilihan alternatif. 


Syarat-Syarat Komunikasi

Dalam berkomunikasi diharapkan syarat-syarat tertentu dalam penggunaannya. Syarat-syarat komunikasi ialah sebagai berikut.. 

Source (sumber) : Source ialah dasar dalam penyampaian pesan dalam rangka memperkuat pesan itu sendiri. Sumber komunikasi ialah orang, lembaga, buku dan lain-lain. 

Komunikator : komunikator ialah pelaku penyampain pesan yang berupa individu yang sedang berbicara atau penulis, sanggup juga berupa kelompok orang, organisasi komunikasi menyerupai televisi, radio, film, surat kabar, dan sebagainya. 

Pesan : pesan ialah keseluruhan yang disampaikan oleh komunikator. Pesan mempunyai tema utama sebagai pengarah dalam perjuangan mengubah sikap dan tingkah laris orang lain. 

Saluran (channel) : Saluran ialah komunikator yang dipakai dalam memberikan pesan. Saluran komunkasi berupa susukan formal (resmi) dan susukan informal (tidak resmi). Saluran formal ialah susukan yang mengikuti garis wewenang dari suatu organisasi, menyerupai komunikasi antara pimpinan dan bawahannya, sedangkan susukan informal ialah susukan yang berupa desas-desus, kabar burung dan kabar angin. 

Komunikan : komunikan ialah akseptor pesan dalam komunikasi yang berupa individu, kelompok dan massa

Effect (hasil) : effek ialah hasil simpulan dari suatu komunikasi dengan bentuk terjadinya perubahan sikap dan sikap komunikan. Perubahan itu bisa sesuai impian atau tidak sesuai dengan impian komunikator. 

0 Response to "Pengertian Komunikasi, Tujuan, Fungsi"