Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Mencar Ilmu Ipa Pokok Bahasan Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas V Mi Darussalam 02 Ariyojeding Rejotangan Tahun Pemikiran 2010/2011 (Tp-9)

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran IPA di sekolah, dimana aktivitas pembelajaran masih berlangsung secara konvensional yaitu didominasi oleh guru sehingga menciptakan siswa kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran IPA dan rendahnya hasil berguru IPA pokok bahasan sifat-sifat cahaya. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan memakai metode eksperimen pada proses pembelajaran IPA di kelas.
            Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses pembelajaran dengan penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil berguru IPA pokok bahasan sifat-sifat cahaya siswa kelas V MI Darussalam 02 Ariyojeding Rejotangan Tulungagung tahun pedoman 2010/2011?, 2)Bagaimana hasil berguru IPA pokok bahasan sifat-sifat cahaya dengan penerapan metode eksperimen siswa kelas V MI Darussalam 02 Ariyojeding Rejotangan Tulungagung tahun pedoman 2010/2011?
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pembelajaran dengan penerapan metode eksperimen dan mengetahui hasil berguru IPA pada pokok bahasan sifat-sifat cahaya dengan penerapan metode eksperimen siswa kelas V MI Darussalam 02 Ariyojeding Rejotangan Tulungagung tahun pedoman 2010/2011.
Dalam penelitian ini dipakai metode pengumpulan data berupa: tes, observasi,wawancara dan catatan lapangan. Dimana tes dipakai untuk mengetahui hasil berguru kognitif siswa sesudah mengalami proses berguru mengajar, observasi dipakai untuk mengamati proses pembelajaran dan untuk mengetahui hasil berguru afektif dan psikomotor, wawancara dipakai untuk mengetahui respon siswa, serta untuk memperoleh informasi-informasi yang dibutuhkan,dan catatan lapangan dipakai untuk melengkapi data yang tidak terekam. Pendekatan yang dipakai ialah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya ialah penelitian tindakan kelas.

Setelah penulis melaksanakan dua siklus dalam penelitian tindakan kelas dan memperoleh data-data yang diharapkan dari fakta-fakta yang ada, maka peneliti sanggup menarik kesimpulan sebagai berikut: Proses pembelajaran IPA pada pokok bahasan sifat-sifat cahaya melalui beberapa tahapan yaitu (1) guru melaksanakan percobaan awal, (2) siswa mengamati percobaan, (3) siswa merumuskan hasil pengamatan sementara, (4) siswa melaksanakan percobaan sendiri, (6) siswa bisa mengaplikasikan dan memberi contoh, (7) guru memperlihatkan evaluasi. Sedangkan hasil berguru siswa pada pembelajaran IPA melalui penerapan metode eksperimen sanggup meningkat dari siklus I ke siklus II. Hasil berguru aspek kognitif meningkat sebanyak 13,9%, sedangkan hasil berguru aspek psikomotor meningkat sebanyak 13,8 %, dan hasil berguru aspek afektif meningkat 10,41%.

0 Response to "Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Mencar Ilmu Ipa Pokok Bahasan Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas V Mi Darussalam 02 Ariyojeding Rejotangan Tahun Pemikiran 2010/2011 (Tp-9)"