Penggunaan Media Audio Visual Vcd Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Berguru Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas Ii Sdi Al Azhaar Kecamatan Kedungwaru Tulungagung Tahun Anutan 2010/2011 (Tp-8)

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi di dunia pendidikan sekolah khususnya ihwal pembelajaran Bahasa Inggris. Banyak kenyataan memperlihatkan bahwa kualitas siswa dalam Bahasa Inggris masih sangat rendah. Hal ini bias dilihat dari perolehan hasil mencar ilmu siswa dalam Bahasa Inggris yang jauh dari harapan. Untuk mengatasi hal ini peneliti memakai suatu media yang dibutuhkan sanggup meningkatkan motivasi dan prestasi mencar ilmu siswa. Media yang peneliti gunakan ialah media audio visual VCD.
Yang menjadi rumusan problem dalam penelitian skripsi ini ialah bagaimana penggunaan media audio visual VCD terhadap peningkatan motivasi dan prestasi mencar ilmu mata pelajaran Bahasa Inggris siswa kelas II SDI Al Azhaar Kecamatan Kedungwaru Tulungagung tahun pedoman 2010/2011. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui penggunaan media audio visual VCD terhadap peningkatan motivasi dan prestasi mencar ilmu mata pelajaran Bahasa Inggris siswa kelas II SDI Al Azhaar Kecamatan Kedungwaru Tulungagung tahun pedoman 2010/2011.
Skripsi ini bermanfaat bagi 1) SDI Al Azhaar diharapkan untuk sanggup lebih meningkatkan motivasi dan  prestasi mencar ilmu siswa dan perlu dicoba untuk diterapkan pada pelajaran lain, 2) Bagi guru untuk menambah pengetahuan pengajar sebab dengan penggunaan media tersebut guru semakin banyak menerima pelajaran ihwal apa yang harus dilakukan untuk mengatasi hambatan kesulitan yang di alami oleh siswa dalam proses mencar ilmu mengajar yang berlangsung, meningkatkan kemampuan mengajar dan sifat profesionalisme. 3) Bagi Siswa, dapat memperlihatkan informasi atau masukan pengetahuan gres bagi siswa untuk memanfaatkan penggunaan media audio visual VCD dalam rangka meningkatkan motivasi dan prestasi belajarnya, siswa semakin aktif dalam mengikuti pelajaran sebab siswa tidak jenuh lagi dengan apa yang disampaikan guru dalam memberikan tidak monoton dengan metode itu-itu saja. 4) Bagi para pembaca sebagai materi masukan atau acuan yang cukup berarti.
Dalam penelitian ini memakai metode tes, observasi dan dokumentasi. Tes dipakai untuk memperoleh data ihwal motivasi dan prestasi mencar ilmu siswa kelas II SDI Al Azhaar. Sedangkan metode observasi dan dokumentasi dipakai untuk menggali data ihwal proses pembelajaran Bahasa Inggris.


Hasil penelitian yaitu : 1) Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti diketahui bahwa pembelajaran bahasa Inggris memakai media audio visual VCDV telah bisa membawa perubahan pada motivasi mencar ilmu siswa kelas II C SDI Al Azhaar Tulungagung. Dapat terlihat dari lembar observasi yang dibentuk mulai dari awal sebelum tindakan hingga simpulan pada siklus II simpulan tindakan. Sebelum tindakan dilakukan taraf keberhasilan motivasi siswa kelas II C SDI Al Azhaar masuk dalam kategori kurang, pada siklus I meningkat menjadi cukup dan pada simpulan tindakan meningkat menjadi baik. Peningkatan motivasi mencar ilmu ini dimungkinkan sebab adanya motivasi gres dalam pembelajaran, yaitu penggunaan VCD yang dikemas semenarik mungkin sehingga menciptakan siswa menjadi lebih gampang mempelajari materi dan siswa menjadi bersemangat untuk belajar. Oleh sebab suasana mencar ilmu yang menyenangkan ini maka siswa akan merasa bahagia dan termotivasi untuk ulet mencar ilmu dan berusaha secara maksimal demi keberhasilan mereka. Intensitas motivasi mencar ilmu seorang siswa akan sangat memilih tingkat pencapaian prestasi belajar. Sehingga kalau motivasi mencar ilmu pada diri siswa baik, maka dibutuhkan hasil belajarnya pun akan meningkat. Kaprikornus sanggup disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual VCD sanggup meningkatkan motivasi mencar ilmu siswa kelas II C SDI Al Azhaar Tulungagung pada mata pelajaran Bahasa Inggris. 2) Penggunaan media audio visual VCD dalam aktivitas pembelajaran sanggup membantu meningkatkan prestasi mencar ilmu siswa pada mata pelajaran bhasa Inggris  kelas II C SDI Al Azhaar kecamatan Kedungwaru Tulungagung. Hal ini terbukti dari hasil post test siklus I dan siklus II yang mengalami peningkatan yang signifikan. Pada hasil tes awal sebelum tindakan (pre test)  rata-rata skor tes awal siswa adalah  58,75.  Setelah pembelajaran memakai media audio visual VCD pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan.

0 Response to "Penggunaan Media Audio Visual Vcd Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Berguru Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas Ii Sdi Al Azhaar Kecamatan Kedungwaru Tulungagung Tahun Anutan 2010/2011 (Tp-8)"