Pola Berpikir Siswa Menurut Teori Bruner Pada Tahapan Simbolik Terkait Bahan Berdiri Ruang Kelas V-A Mi Miftahul Huda Tawarejo Wonodadi Blitar (Pmt-64)


Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh minimnya pengetahuan guru terhadap banyak sekali metode-metode pembelajaran yang bisa diterapkan di kelas terhadap materi yang diajarkan, minat mencar ilmu yang rendah dari para siswa serta monotonnya aktivitas mencar ilmu mengajar, yang mana sering didominasi oleh gurunya sebagai penceramah sehingga siswa hanya berperan sebagai pendengar yang pasif. Fenomena ibarat inilah yang mengatakan bahwa kemampuan dan keadaan siswa masih jauh dari keadaan ideal yang diharapkan. Dalam hal ini peneliti menggali potensi dasar yang dimiliki siswa dengan dengan banyak sekali upaya yang salah satunya dengan  mengaitkannya dengan teori mencar ilmu berdasarkan Jerome Bruner pada tahapan simbolik.

Rumusan persoalan dalam penulisan skripsi ini yaitu : (1) Bagaimana contoh berpikir siswa berdasarkan Teori Bruner pada tahapan simbolik terkait materi berdiri ruang kelas V-A MI Miftahul Huda Tawangrejo Wonodadi Blitar tahun anutan 2011/2012 ? (2) bagaimana analisis pemahaman siswa terhadap materi berdiri ruang terhadap tahapan simbolik mencar ilmu Bruner pada materi berdiri ruang kelas V-A MI Miftahul Huda Tawangrejo Wonodadi Blitar ?
Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan contoh pikir, perilaku dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas profesi sebagai pengajar. Bagi siswa MI Miftahul Huda Tawangrejo Wonodadi Blitar, sebagai derma pemikiran dalam rangka training dan peningkatan mutu pengajaran, baik bagi para guru maupun forum pendidikan. Bagi para pembaca sebagai materi masukan atau acuan yang cukup berarti.
Dalam penelitian ini dipakai metode kualitatif deskriptif, metode wawancara, dan metode angket. Dari metode diatas diperoleh hasil pekerjaan siswa yang mana akhirnya akan dianalisa oleh peneliti hingga sejauh mana pemahaman dan contoh berpikir mereka kalau di hubungkan dengan contoh berpikir berdasarkan Teori Bruner pada tahapan simbolik.
Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu ada 9 siswa MI Miftahul Huda Tawangrejo Wonodadi Blitar Kelas V-A telah sesuai pada contoh berpikir Teori Bruner pada tahapan simbolik, dan 6 siswa contoh berpikirnya belum sesuai dengan contoh berpikir Bruner pada tahapan simbolik artinya mereka belum bisa memanipulasi simbol-simbol secara pribadi dan tidak ada kaitannya dengan objek-objek.

0 Response to "Pola Berpikir Siswa Menurut Teori Bruner Pada Tahapan Simbolik Terkait Bahan Berdiri Ruang Kelas V-A Mi Miftahul Huda Tawarejo Wonodadi Blitar (Pmt-64)"