Valentino Rossi Orang Pertama Dukung Teknologi Dasbor



Liputan6.com, Tokyo- Ada hal yang berbeda ketika sirkuit MotoGP menjalani sesi latihan bebas di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jumat (14/10/2016) pagi WIB. Ya, 22 pembalap nantinya akan menjajal teknologi virtual dashboard atau alat komunikasi pembalap dengan tim di paddock. Jauh sebelum wacana itu dirilis, Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso sudah lebih dulu mendukung teknologi anyar tersebut.

Pasca balapan pertama paruh kedua di Grand Prix Austin, Agustus lalu. Rossi dimintai pendapat perihal penggunaan teknologi dasbor. Kala itu, pembalap Movistar Yamaha mengaku sangat mendukung rencana tersebut. Menurutnya, hal ini memungkinkan untuk mengurangi risiko kecelakaan antar pembalap di arena pacuan kuda besi MotoGP.

Seperti yang terjadi di Sachsenring di mana ketika itu ia mirip menciptakan legalisasi dosa soal penampilannya di Jerman. The Doctor dianggap salah menerapkan taktik tim soal pergantian ban, yang jadinya membuatnya kalah dari Marc Marquez.

"Ini bagus, saya suka. Terutama ketika bendera muncul alasannya ialah sanggup membantu. Teknologi ini juga sanggup dijadikan sebagai keselamatan pembalap. Diibaratkan, kalau Anda dihadapkan dengan kecelakaan, melihat bendera, mengalami problem mesin, dan kondisi lintasan licin. Maka dengan adanya wacana ini maka lebih gampang untuk mengirimkan pesan ke tim melalui teknologi dasbor," cetus Rossi, ketika itu.

Rossi memang dikenal sebagai salah satu pembalap yang doyan menyuarakan kritikan terkait keselamatan pembalap. Terakhir, pendengaran pejabat Dorna Sports pernah dibentuk panas karena kritikan pedas terkait kematian pembalap Moto2, Luis Salom, Juni lalu.

Valetino Rossi (AFP/Gabriel Bouys)
Juara dunia sembilan kali itu menilai keamanan untuk pembalap tidak akan pernah terjamin seratus persen. Karenanya ketika muncul wacana perihal teknologi ini Rossi menyambut baik rencana tersebut.

Meskipun ketika itu sempat terjadi pro dan kontra mengenai teknologi ini, tapi Dovizioso mirip berada di belakang Rossi untuk mendukung wacana tersebut. Dia berkata proteksi terhadap teknologi ini lebih didasarkan pada keselamatan pembalap di olahraga balap motor.

"Ada beberapa pesan yang sangat penting untuk meningkatkan keselamatan pembalap. Jika pembalap mengalami kecelakaan di depan Anda, marsekal terkadang bereaksi. Sehingga dengan adanya teknologi ini dan pesan dalam dikirim dengan cepat, maka sangat membantu."
1 dari 2 halaman
Membantu Pembalap


Di bab lain, Direktur Balap MotoGP Mike Webb mengatakan, teknologi ini diyakini bakal membantu pembalap. Tidak hanya mengenai problem kecelakaan di lintasan balap, tapi joki kuda besi juga sanggup mengirimkan pesan singkat berupa isu terkait kode masuk pit atau pemilihan ban yang dilakukan rival.

Ditambahkan, virtual dashboard sejatinya sudah siap digunakan. Asosiasi tim MotoGP (IRTA) tinggal menunggu janji para tim untuk memakai kata apa saja yang akan terpampang di teknologi anyar tersebut.

"Ini berjalan lancar. Dalam poin ini, teknologi sudah siap digunakan. Juga dengan beberapa syarat yang kami minta ke pabrikan dashboard, sesudah kami meminta waktu apa saja yang kami inginkan, tapi secara teknis ini sudah siap," ujar Webb.

Webb juga menyebut, Komite IRTA telah meminta semua tim untuk mengusulkan pesan apa saja yang ingin digunakan. "Kemudian kepada di antara orang-orang teknis di Dorna, ketepatan waktu, yang menjalankan sistem pesan dan Race Direction, telah memangkasnya ke pesan berupa angka kecil yang intinya berlaku secara global," Webb menjelaskan.

(David Permana)

0 Response to "Valentino Rossi Orang Pertama Dukung Teknologi Dasbor"