Akuntansi Manajemen

Berikut ialah pembahasan mengenai Materi Akuntansi Manajemen :

Pengertian akuntasi managemen adalah Penyatuan bagian manajemenyang mencakup, penyajian dan penafsiran gosip yang dipakai untuk perumusan strategi, kegiatan perencanaan dan pengendalian, pembuatan keputusan, optimalisasi penggunaan sumber daya, pengungkapan kepada pemilik dan pihak luar, pengungkapan kepada pekerja, pengamanan asset. sumber: Chartered Institute of Management Accountant (1994:30)

Sedangkan sistem akuntansi management sendiri artinya adalah suatu sistem gosip yang menghasilkan suatu kesimpulan atau output atau gosip yang memakai data yang ada serta proses-proses yang diharapkan dalam memenuhi hasil selesai tertentu dari suatu manajemen. Proses-proses yang dimaksudkan di sini ialah aneka macam kegiatan menyerupai pengumpulan, pengukuran, penyimpanan, analisis, pelaporan, dan pengelolaan informasi. Sedangkan Hasil gosip atau kesimpulan sanggup berupa  laporan khusus, harga pokok produk, biaya pelanggan, anggaran, laporan kinerja, dan komunikasi personal.

Fungsi dari hasil gosip yang sudah ada di dalam manajemen ada beberapa hal yang sanggup di rumuskan yaitu :
  1. Merumuskan strategi.
  2. Proses perencanaan dan pengendalian.
  3. Pengambilan keputusan.
  4. Optimalisasi keputusan.
  5. Pengungkapan pemegang saham dan pihak luar.
  6. Pengungkapan entitas organisasi bagi karyawan.
  7. Perlindungan atas asset organisasi.

Secara umum tujuan dari sistem akuntansi managemen adalah :
  • Memberikan gosip yang dibutuhkan untuk penghitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen
  • Memberikan gosip yang dibutuhkan untuk perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan
  • Memberikan gosip untuk pengambilan keputusan.

Informasi akuntansi manajemen dibagi menjadi 3 jenis berdasarkan hubungannya . yaitu
  • Informasi akuntansi penuh (Full Accounting Information) yang berfungsi untuk penyajian gosip secara penuh misalnya untuk gosip produk, departemen, aktivitas
  • .
  • Informasi akuntansi pertanggungjawaban (Responbility Accounting Information) sebagai misal gosip pertanggungjawaban dari wewenang manajer.

Pengembangan proses akuntansi managemen sanggup memakai metode :
  1. Flatening struktur administrasi merupakan proses penyederhanaan struktur.
  2. Menggunakan cross fungsional team merupakan proses saling isi berdasarkan keahlian dan kekuatan antara tim yang terlibat.

0 Response to "Akuntansi Manajemen"