Bukti Sejarah Adanya Kerajaan Sriwijaya

BUKTI-BUKTI ADANYA KERAJAAN SRIWIJAYA DI INDONESIA
1. Prasasti kedukan bukit ( 683 M )
            Prasasti ini ditemukan di kedukan bukit di tepi sungai tatang bersahabat Palembang. Isinya menceritakan bahwa pada tahun 683 M ada seorang yang berjulukan Dapunta Hiyam mengadakan perjanjian suci dengan membawa 20.000 tentara, berangkat dari Minanggatamwan denagn naik bahtera sedangkan tentara sebanyak 1312 lewat jalan darat. Datang di Melayu dan risikonya kota Sriwijaya.

            Prasasti ini ditemukan di Talang Tuo bersahabat Palembang. Isinya menyebutkan bahwa atas perintah Dapunta Hiyam telah dibentuk taman yang disebut Sriksetra untuk kemakmuran semua makhluk. Disamping itu juga ada doa-doa yang bersifat Budha Mahayana.

3. Prasasti Palas Pasemah
            Prasasti ini ditemukan di Lampung selatan. Isinya menebutkan bahwa kawasan Lampung selatan dikala ini sudah di duduki Sriwijaya.

4. Prasasti Kota Kapur
            Prasasti ini di temukan di Bangka. Isinya yaitu perihal permohonan kepada tuhan biar menjaga keamanan dan keselamatan bagi kerajaan Sriwijaya. Dalam parasasti ini juga di jelaskan bahwa Sriwijaya berusaha keras memperluas kekuasaanya.

5. Prasasti Rajendracolah
            Prasasti ini menceritakan masa keruntuhan Sriwijaya. Prasasti ini ada di India bab selatan.

6. Prasasti Karang Berahi
            Prasasti ini ditemukan di Jambi. Isinya hampir sama dengan Prasasti Kota Kapur.

Berasal dari berita Cina yang isinya adalah bahwa pada tahun 671 M I-Tsing telah singgah di Sriwijaya dalam perjalanan ke India. Kemudian pada tahun 685 M ia tiba lagi ke Sriwijaya untuk menterjemahkan kitab agama Budha. Makara pada masa ke-7 M Sriwijaya telah menjelma sentra acara agama Budha di Asia Tenggara.

0 Response to "Bukti Sejarah Adanya Kerajaan Sriwijaya"