Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan penerima didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara verbal maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan insan Indonesia.
Download Juga :
Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kualifikasi kemampuan minimal penerima didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan perilaku positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi penerima didik untuk memahami dan merespon situasi lokal, regional, nasional, dan global.
Pengertian Silabus - Menurut Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP, 2006) Silabus merupakan klasifikasi standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, acara pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
Silabus merupakan planning pembelajaran pada suatu dan atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang meliputi standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, acara pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar.
Pengertian RPP - RPP atau kepanjangan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan planning yang menggambarkan mekanisme dan administrasi pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus (Mulyasa, 2006: 184).
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau yang sering disingkat RPP merupakan planning yang menggambarkan mekanisme dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Maka ringkasnya RPP adalah rencana operasional acara pembelajaran setiap atau beberapa KD dalam setiap tatap muka di kelas. Lingkup RPP paling luas meliputi 1 (satu) Komptensi Dasar yang terdiri atas 1 (satu) indikator atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih.
RPP harus berupa kegiatan konkret setapak demi setapak yang dilakukan oleh guru di kelas dalam mendampingi peserta didik. Satu hal yang amat penting dalam penyusunan RPP ialah bahwa kegiatan pembelajaran harus diarahkan agar berfokus pada peserta didik, sedangkan guru berperan sebagai pendamping, fasilitator. Artinya, ketika guru memilih pendekatan, metode, materi, pengalaman belajar, interaksi belajar mengajar harus memungkinkan peserta didik berinteraksi dan aktif, sedang guru memfasilitasi dan mendampinginya.
RPP dan SILABUS Mapel Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7,8,9 KTSP Semester 1 dan 2
Download RPP dan SILABUS Mapel Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7,8,9 KTSP Semester 1 dan 2
Sekian gosip yang sanggup kami berikan wacana ''RPP dan SILABUS Mapel Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7,8,9 KTSP Semester 1 dan 2''. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi pola dan contoh pembuatannya. Jika kurang lengkap silahkan baca artikel lainnya.
Download juga :
RPP dan SILABUS SMA
Download juga :
RPP dan SILABUS SMA
0 Response to "Rpp Dan Silabus Mapel Bahasa Indonesia Smp Kelas 7,8,9 Ktsp Semester 1 Dan 2"